4262
  2017-07-13       allevents.in

Hukum Menghadiri Walimatul 'Ursy

Wajibkah kita memenuhi undangan pesta pernikahan?

Lidya O. 937 views

Assalamu'alaikum Moeslemates.

Sudah masuk pertengahan bulan Syawal, sepertinya sudah semakin banyak undangan yang tersebar ya! Kamu sudah dapat berapa undangan? Dan adakah terbesit di benakmu jika undangan tersebut tidak dipenuhi hanya karena malas, bagaimana ya hukumnya dalam syariat Islam? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak yuk ulasannya di bawah ini.

Syarat Wajibnya Undangan Walimah

"Jika salah seorang di antara kalian diundang walimah, maka hadirilah."
Source: HR. Bukhari No. 5173 dan Muslim No. 1429

Jika kita mendapat undangan pesta pernikahan baik itu dari sahabat maupun keluarga, secara garis besar hukumnya adalah wajib. Namun, perlu diperhatikan bahwa ada beberapa hal yang menjadi syarat wajibnya kita untuk menghadiri undangan tersebut.

Source: pixabay.com

Salah satunya adalah tidak diselenggarakannya perbuatan munkar. Contoh: disediakan khamer dan jenis alkohol lainnya, makanan haram, bercampur baur dengan lawan jenis sambil berjoget-joget seperti di bar. Jika dirasa mendatangi undangan dengan tipe seperti ini, maka hukum wajibnya pun menjadi gugur.

Dalam madzhab Syafi’i pun wajib untuk menghadiri undangan walimah. Imam Nawawi rahimahullah berkata, "Menghadiri undangan walimah itu diperintahkan, namun apakah wajib ataukah sunnah, diperselisihkan. Pendapat yang terkuat dalam hal ini dalam madzhab Syafi’i, menghadiri undangan walimah itu fardhu ‘ain bagi setiap yang diundang. Namun undangan tersebut jadi gugur jika ada udzur."
Source: Syarh Shahih Muslim, 9: 208
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shalallahu 'alahi wasallam telah bersabda:

"Barangsiapa tidak menghadiri undangan, sesungguhnya ia telah bermaksiat kepada Allah dan Rasul-Nya."
Source: HR. Bukhari

Lalu bagaimana jika kita ada udzur? Tentunya kita diwajibkan melihat skala prioritas. Jika kasusnya adalah di hari yang bersamaan orangtua kita, atau keluarga kita yang lain sedang jatuh sakit atau kesusahan maka wajib hukumnya mendatangi keluarga terlebih dahulu. Jika masih ada waktu, dibolehkan untuk memenuhi undangan. Tetapi, semua ada baiknya dipertimbangkan dengan matang. Karena Allah tidak akan memberatkan hamba-hamba-Nya untuk melaksanakan sesuatu yang di dalamnya terdapat beban.

Lalu, bagaimana jika alasan tidak menghadiri undangan hanya karena malas? Dilihat-lihat lagi ya, apakah undangan tersebut sudah memenuhi syarat wajibnya untuk dipenuhi atau belum. Jika iya, maka kita harus datang jika tidak ada udzur apapun. Terkecuali, untuk kamu yang benar-benar ada urusan lain yang tidak bisa diganggu, maka diperbolehkan untuk tidak menghadiri undangan tersebut.

Kemudian, bagaimana jika tidak ada kendaraan sedangkan lokasi undangan jauh? Ini juga harus dipertimbangkan baik buruknya. Dan satu lagi yang terpenting, usahakan untuk tidak datang tanpa wali apalagi khususnya muslimah nih. Ajak mahram kita, keluarga maupun teman agar merasa aman saat di perjalanan.


Demikianlah yang bisa saya jelaskan mengenai hukum menghadiri walimatul 'ursy. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi pembelajaran kita semua ya. Wassalamu'alaikum.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS