4235
  2017-07-07       id.aliexpress.com

8 Manfaat Minyak Lavender

Kenalan yuk dengan minyak lavender yang punya banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan ini!

Lidya O. 185 views

Assalamu'alaikum Moeslemates.

Kamu pernah mencium aroma lavender? Aroma yang dihasilkan dari ekstrak tanaman lavender ini ternyata sudah lama digunakan sebagai pengobatan dan kosmetik. Salah satunya adalah minyak lavender. Senyawa utama minyak ini adalah linalool sebanyak 51%, linalyl asetat sebanyak 35% dan kandungan lainnya seperti alfa pinene, limonene, 1.8 cineole, cis-trans-ocimene, 3 octanone, kamper, caryophyllene terpinen-4-ol dan lavendulyl asetat. Minyak lavender ini sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan lho Moeslemates. Simak yuk apa saja manfaat dari minyak ini!

1. Mengurangi Rasa Gelisah

Penggunaan minyak lavender sangat baik sebagai obat tradisional untuk mengurangi rasa cemas. Hal ini dibuktikan dari sebuah studi yang dilakukan oleh National Institute for Environmental Studies di Jepang. Senyawa yang ditemukan di dalam minyak lavender (linalool) ternyata mampu memberikan ketenangan sehingga bisa mengurasi rasa cemas dan gelisah.

2. Mengobati Luka

Source: ibudanmama.com

Tidak hanya digunakan sebagai wewangian saja, minyak lavender juga bisa dijadikan obat untuk mengobati luka seperti luka bakar, memar, dan luka ringan lainnya. Tapi pastikan Moeslemates membeli minyak lavender yang asli supaya hasilnya efektif ya. Dan untuk memastikan minyak ini cocok di kulit, coba oleskan sedikit pada kulit lengan dan tunggu reaksinya selama minimal 24 jam. Jika tidak ada reaksi apa-apa, maka minyak lavender aman digunakan untuk mengobati luka.

3. Menyehatkan Kulit

Source: nova.grid.id

Senyawa linalool ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit selain menjadi obat anti cemas. Misalnya, untuk membersihkan jerawat yang hampir pecah. Namun jangan mengoleskan ke seluruh wajah ya. Minyak lavender murni yang memiliki konsentrasi tinggi mungkin saja tidak cocok untuk semua jenis kulit. Ada baiknya tambahkan beberapa tetes minyak ini ke dalam bath tub dan gunakanlah untuk berendam selama 15 menit.

4. Mengobati Insomnia

Insomnia menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita anak muda. Terlebih lagi untuk mereka yang punya banyak masalah, pekerjaan dan yang lainnya. Banyak sekali faktor penyebab insomnia ini. Tapi kita tidak akan membahasnya sekarang melainkan bagaimana caranya untuk mengobati penyakit ini. Minyak lavender adalah jawabannya. Selain bisa digunakan untuk anti cemas, minyak ini bisa juga menjadi aromaterapi untuk membantu meringankan insomnia.

5. Aromanya Cocok Untuk Memijat

Source: www.merdeka.com

Kandungan dalam minyak lavender sangat baik dan bermanfaat untuk mengendurkan otot dan meredakan ketegangan. Salah satu senyawanya adalah ester yaitu senyawa yang membantu mencegah kram otot.

6. Meningkatkan Mood

Source: skinnyms.com

Selain bermanfaat sebagai minyak pijat, senyawa ester dalam minyak lavender juga bisa membantu meningkatkan mood atau suasana hati yang baik. Buat kamu yang moodnya sering turun, boleh nih dicoba.

7. Meringankan Migrain

Satu lagi manfaat dari minyak lavender yaitu bisa digunakan untuk obat migrain. Minyak ini dikenal sebagai analgesik yang efektif sehingga mampu menembus titik-titik yang menyebabkan rasa sakit. Caranya adalah kamu bisa menambahkan 2-3 tetes minyak lavender murni di atas bantal sebelum tidur atau pada diffuser sehingga aromanya bisa menyebar ke semua ruangan.

8. Mencegah Rambut Rontok

Source: aylacream.com

Manfaat lainnya dari minyak lavender adalah sebagai minyak rambut untuk mengurangi dan mencegah rambut rontok. Kandungan minyak di dalamnya efektif membantu kerontokan dengan cara mengurangi kelebihan minyak. Caranya adalah dengan mencampur 15 tetes minyak lavender ini dengan 2 sendok makan minyak almond atau zaitun. Lalu bisa diaplikasikan ke rambut secara perlahan-lahan.


Semoga artikel ini bermanfaat ya Moeslemates. Wassalamu'alaikum.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS