4216
  2017-07-05       health.liputan6.com

6 Tips Praktis Menghilangkan Bau Badan

Buat kamu yang punya masalah seputar bau badan, ikuti yuk tipsnya di bawah ini.

Lidya O. 98 views

Assalamu'alaikum Moeslemates. Pernah nggak sih Moeslemates dekat-dekat dengan orang yang bau badannya semerbak? Misalnya saat sedang berhimpitan di dalam bus. Pada jam sibuk, biasanya bus-bus di Jakarta termasuk TransJakarta mengalami yang namanya rush hour. Walaupun kita masuk di bagian zona wanita, terkadang pengalaman seperti ini masih sempat dialami sebagian dari kita 'kan? Saya pun pernah mengalaminya sebagai orang yang dirugikan akibat menahan bau tak sedap. Apalagi kalau kita habis panas-panasan, jilbabnya pun ikutan bau, rambut lepek dan belum lagi keringat yang mengucur deras di gamis. Nah lho, caranya gimana ya biar nggak bau badan seperti itu? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

1. Mandi

Sederhananya, keringat berlebih yang menyebabkan ketiak basah maupun bau badan sebenarnya dipicu juga dari bagaimana kamu mandi. Kalau mandinya terlalu terburu-buru dan tidak bersih, bisa jadi ini yang membuatmu bau badan. Kalau kamu tipikal orang yang gampang keringetan berarti kamu musti rajin-rajin mandi nih Moeslemates.

2. Gunakan Sabun Antibakteri

Penggunaan sabun antibakteri atau antiseptik tidak masalah jika dilakukan sesekali. Atau kamu bisa juga pakai scrub seminggu sekali untuk membersihkan tubuhmu lebih maksimal. Selain membuat tubuh lebih segar, kamu akan wangi seharian setelah mandi.

3. Keringkan Badan Dengan Benar

Source: www.pubinfo.id

Setelah mandi, perhatikanlah bagaimana kamu mengeringkan tubuhmu dengan handuk. Jangan juga cepat-cepat ya mengeringkannya. Kalau masih ada yang basah dan dibiarkan begitu saja langsung pakai baju bisa menyebabkan lembab. Ayo, hindari terlalu terburu-buru setelah mandi ya!

4. Pakai Deodoran

Setelah mengeringkan tubuh, kamu juga boleh menggunakan deodoran yang sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu setiap hari jika dirasa tidak bau. Tapi ingat, bagi muslimah pilihlah deodoran yang wanginya tidak menyengat karena jika dipakai sama saja hukumnya seperti memakai parfum.

5. Ganti Pakaian

Gantilah pakaian jika ketiak sudah basah dan bau. Perhatikan juga bagaimana pakaian itu kering. Karena ada beberapa kasus pakaian yang tidak kering akan berbau aneh dan pasti akan buat kamu tambah tidak percaya diri deh. Oleh karena itu, keringkan benar-benar pakaian yang sudah dicuci ya. Lebih bagus lagi pakailah pelembut supaya wanginya bisa bertahan lama dan kamu tidak perlu lagi deh pakai parfum. Karena pelembut yang dipakai di pakaian tidak akan semerbak wangi parfum.

6. Hindari Makanan Yang Akan Menyebabkan Bau Badan

Makanan yang bisa menyebabkan bau badan antara lain adalah yang mengandung kafein, bawang-bawangan, kubis, minuman beralkohol, soda dan satu lagi ini: rokok. Ya, walaupun rokok bukan makanan, jenis benda yang dihisap ini tidak hanya bisa menyebabkan bau mulut tapi juga bau badan. Ayo, buat saudara-saudaranya yang cowok diingatkan lagi yuk untuk stop merokok karena bisa berpengaruh di bau badan.


Kelima cara menghilangkan bau badan maupun ketiak basah di atas adalah tips sederhana yang bisa saya bagikan kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat dan mari kita biasakan untuk hidup bersih dan sehat yuk Moeslemates!

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Related Tags
Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS