4215
  2017-07-05       selingkaran.com

6 Cara Mudah Agar Jerawat Tidak Mudah Muncul

Lakukan keenam cara di bawah ini untuk mencegah jerawat muncul di permukaan wajah yuk!

Lidya O. 221 views

Assalamu'alaikum Moeslemates.

Bagaimana mudiknya? Masih ingin jalan-jalan di kampung halaman atau kembali ke aktivitas biasanya? Kalau saya sih masih ingin berlibur lebih lama dengan keluarga. Tapi biarpun lagi liburan, bukan berarti merawat wajah agar tetap sehat ikutan libur ya. Sebagai muslimah, kita wajib menjaga kesehatan kulit terutama wajah. Nah, kali ini saya akan membahas mengenai tips agar jerawat tidak mudah muncul di wajah nih Moeslemates. Terutama buat kamu yang baru pulang dari kampung setelah asyik bermain di pantai maupun jalan-jalan ke tempat wisata yang membuat wajah berdebu dan menyumbat pori-pori sehingga mulai muncul jerawat satu per satu.

1. Membersihkan Wajah

Terkadang kita terlalu lelah dan malas untuk membersihkan wajah ketika rasa kantuk sudah datang. Jangan jadikan momen berlibur kita sebagai satu hal yang membuat kita lupa merawat diri, terutama wajah. Setidaknya, cucilah wajah kita dengan facial wash sebelum mengakhiri aktivitas di malam hari. Keadaan wajah yang kotor akibat terkena polusi udara dan debu sangat berbahaya bagi kulit. Apalagi jika kulit kita termasuk kulit yang sensitif. Memang ada beberapa orang yang tidak bermasalah jika wajahnya tidak dicuci sekalipun. Tapi sebagai muslimah, tentunya kita harus paham cara-cara membersihkan diri mulai dari wajah hingga ujung kaki. Yuk mulai biasakan diri untuk membersihkan muka yang kotor setelah seharian beraktivitas!

2. Istirahat Cukup

Penting bagi muslimah untuk menjaga pola tidur sehari-hari karena ini juga bisa berpengaruh pada kesehatan kulit wajah. Kalau sering begadang dan jam tidur yang mulai tidak teratur, pasti bukan hanya kesehatan saja yang terganggu, waktu untuk shalat pun jadi mulai tertinggal sedikit demi sedikit. Untuk itu, mulai biasakan tidur teratur agar kondisi tubuh dan kulit tidak menjadi korbannya.

3. Kurangi Makanan Manis

Source: hellosehat.com

Siapa di antara kalian yang suka dengan makanan manis? Permen, donat, kue, es krim, cokelat dan berbagai makanan yang mengandung banyak gula ini bisa menyebabkan jerawat lho. Hal ini dikarenakan kandungan glukosa yang dapat memicu insulin penyebab jerawat. Sebenarnya tidak dilarang untuk makan makanan manis, hanya saja porsinya mulai dikurang-kurangi ya Moeslemates. Kalau berlebihan yang akan bermasalah bukan hanya di kulit wajah saja, tapi juga merambat ke penyakit kencing manis. Betul tidak?

4. Gunakan Sunscreen

Source: www.daherba.com

Senang bermain di pantai, berlama-lama di luar dalam keadaan panas terik dan beraktivitas outdoor sangat mudah membuat wajah kita belang dan terpapar sinar UV yang bisa menyebabkan wajah tidak sehat dan berjerawat. Untuk itu, buat kamu yang suka melakukan banyak aktivitas di luar, jangan lupa ya untuk selalu menggunakan sunscreen. Ingat, pemilihan sunscreen juga wajib berhati-hati untuk menghindari produk yang tidak halal. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter kepercayaanmu karena ia akan memberikan referensi sunscreen mana yang cocok dengan kondisi kulitmu.

5. Konsumsi Makanan Berserat

Makanan berserat tinggi seperti bayam, wortel, sawi, jeruk dan brokoli dapat membantu meningkatkan kinerja pencernaan dan mengatur gerakan usus yang bisa mencegah timbulnya jerawat lho. Karena salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah adanya gangguan pada sistem pencernaan. Jadi, buat Moeslemates yang jarang makan sayur dan buah wajar saja kalau di usia 20-an sudah mulai muncul jerawat di wajah. Nah, mulai perbaiki pola makan dari sekarang yuk!

6. Banyak Minum Air Putih

Source: pemutihwajah.id

Kurang minum air minum memberikan banyak mudharat lho Moeslemates. Berbagai macam penyakit pun akan berdatangan buat kamu yang jarang minum air putih. Kulit kering, berjerawat dan beberapa masalah kulit lainnya pun ternyata dipicu dari hal sederhana yaitu kurangnya cairan dalam tubuh alias dehidrasi. Seperti yang kita ketahui, tubuh kita didominasi oleh air dan jika kekurangan cairan artinya sel-sel di tubuh kita akan mati terutama pada wajah. Ditambah lagi cuaca ekstrim yang membuat kulit wajah bertambah kering.


Bagaimana Moeslemates? Semoga bermanfaat ya! Dan sampai bertemu di artikel-artikel berikutnya. Wassalamu'alaikum.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Related Tags
Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS