4214
  2017-07-03       www.instagram.com

Akhir Gema Ramadhan 2017 Bersama RICMA

Ramadhan sudah berlalu, tapi jangan sampai amalan di bulan Ramadhan kita ikut berlalu ya! Yuk simak akhir Gema Ramadhan 2017 bersama RICMA di sini!

Official Moeslema Team 17 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Ramadhan sudah berlalu, apa saja yang sudah Kamu dapatkan di bulan Ramadhan kemarin?
Ada banyak kegiatan bermanfaat di bulan Ramadhan yang lalu, salah satunya kegiatan yang diselenggarakan oleh RICMA (Remaja Islam Cut Meutia) dalam acara Gema Ramadhan 1438 H. Di akhir rangkaian kegiatan Gema Ramdhan 1438 H oleh RICMA, diisi dengan kegiatan dialog kebangsaan dan RICMA Camp. Moeslemates, apa Kamu jadi salah seorang yang mengikuti kegiatan tersebut? Yuk simak keseruan apa saja yang terjadi di akhir acara Gema Ramadhan!

Dialog Kebangsaan

RICMA dengan bangga menggelar kegiatan talkshow yang diberi nama "Dialog kebangsaan" pada hari Jum'at, 09 Juni 2017 yang lalu di Masjid Cut Meutia, Menteng Jakarta Pusat. Dengan mengusung tema “Peran Pemuda Muslim dalam Menyikapi Isu SARA(Suku, Agama, Ras, dan Budaya) yang Mempengaruhi Sistem Pemerintahan di Negara Indonesia" RICMA ingin memberikan pemahaman tentang perbedaan suku, agama, rasa, dan budaya di kalangan pemuda muslim, memicu para pemuda agar terlibat dalam upaya pencegahan perselisihan antar suku, agama, rasa, dan budaya yang dapat mengakibatkan perpecahan, memotivasi umat Islam di Indonesia khususnya Jakarta dengan tujuan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT sekaligus menambah jiwa patriotisme dan nasionalisme untuk Indonesia, dan sebagai langkah awal RICMA untuk menyebarluaskan pemahaman perbedaan antar suku, agama, rasa, dan budaya kepada Remaja Masjid lainnya.

Pada acara "Dialog Kebangsaan" RICMA menghadirkan narasumber dengan berbeda latar belakang untuk membahas sejarah Islam di Indonesia dan memberikan motivasi kepada pemuda-pemuda khususnya pemuda Islam. Diantaranya DR. H. M Hidayat Nur Wahid, MA selaku Wakil Ketua MPR Indonesia periode 2014-2019. Acara ini berlangsung dari pukul 14.00 sampai dengan selesai.

RICMA Camp

Akhir dari acara Gema Ramadhan 1438 H adalah dengan diadakannya RICMA Camp. RICMA Camp merupakan salah satu kegiatan pembentukan karakter, leadership dan ilmu agama untuk mereka yang ingin bergabung menjadi anggota RICMA. Dalam acara ini digelar diskusi-diskusi yang berhubungan dengan ilmu Islam dan kepemimpinan dengan beberapa materi diantaranya, Tauhid (lebih mengenal Allah), Rukun Iman & Islam, Sejarah Panglima Islam “Muhammad Al-Fatih, Pemuda dan Perubahan Sosial, dan How to be “Muslim Negarawan” (Leadership). Tema acara Ricma Camp tahun 2017 ini, adalah “Membangun Calon Negarawan Berakhlaqul Qarimah”.

RICMA Camp 2017 ini merupakan anggota RICMA angkatan 34 yang diikuti oleh kurang lebih 70 orang remaja kisaran usia 16-22 tahun. Tujuan dari acara ini adalah memperkokoh keyakinan muslim terhadap agama Islam dan mengetahui peran Remaja Masjid dalam membentuk karakter generasi penerus bangsa yang berpedoman pada Al-Quran dan As-Sunah serta dapat memelihara silaturahmi dengan saling menginspirasi. Sebagaimana tag line RICMA sendiri yang berbunyi “The Next Leader”, RICMA berusaha semampu mungkin untuk membentuk pemimpin-pemimpin idaman. Maka dari itu, RICMA bertekad mencetak pemimpin yang berahlak mulia, cerdas secara intelektual dan spiritual yang berguna untuk bangsa dan negara. Dan menciptakan tempat atau wadah untuk menyalurkan aspirasi dan mengembangkan kreativitasnya.


Alhamdulillah, seluruh kegiatan RICMA di bulan Ramadhan kemarin, mendapat banyak dukungan dan diikuti oleh banyak orang dari berbagai golongan, jika Moeslemates belum sempat untuk mengikuti rangakaian acara Gema Ramadhan 2017, tunggu acaranya tahun depan yaaa! Dan buat Kamu yang sudah mengikuti kegiatan Gema Ramadhan oleh RICMA, semoga menjadi amalan baik, yang memberikan banyak manfaat aamiin. Sampai jumpa di acara Gema Ramadhan tahun depan!

Official Moeslema Team Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: NEWS&EVENT


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS