4196
  2017-07-05       abiummi.com

Siap Meminang dengan Bismillah

Pernikahan adalah persoalan yang aktual dan selalu menarik untuk dibicarakan. Nyatanya hal ini menjadi suatu mimpi atau pencapain setiap makhluk hidup. Dalam fase kehidupan manusia, yaitu pernikahan adalah hal yang bukan hanya semata hajat hidup yang asasi saja, tapi juga menyentuh suatu lembaga yang luhur dan central, yaitu rumah tangga. Meminang adalah langkah awal untuk memulai rumah tangga, seperti apa meminang perempuan dalam Islam?

Triwitaan 114 views

Assalamualaikum Moeslemates

Sejatinya Allah SWT pun menciptakan setiap makhluk-Nya dalam bentuk berpasangan yang saling melengkapi untuk mengingatkan. Hanya Allah Dzat yang satu, Dzat yang memiliki kesempurnaan meraga dan memperoleh bentuknya tanpa cela.

Wa min kulli sya'iin Khalaqna Jaujaini la'allakum tadzakkarun" Artinya
Dan segala sesuatu kami ciptakan berpasang-pasangan agar kamu mengingat kebesaran Allah Qs : Adz-Dzariyat:49
Source: Qs : Adz-Dzariyat:49

Langkah-langkah Meminang

Meminang seorang perempuan dengan Bismillah, yaitu dengan menyebut nama Allah SWT. Berharap Allah meridhai dan memberkahi keduanya menjadi pasangan. Untuk meminang ada Langkah-langkah yang harus diikuti sebagai bentuk etika atau aturan dalam Islam untuk memuliakan perempuan yang di pinang. Seperti apa langkah itu?


ISTIKHARAH

Hal pertama setelah seorang laki-laki mendapatkan perempuan yang sesuai dengan kriteria dan memiliki niat untuk Meminangnya, maka hendaklah melakukan istikharah. Ada riwayat mengatakan, Jabir berkata bahwa dahulu Rasulullah mengajarkan kepada kami Shalat Istikharah dalam semua urusan, sebagaimana beliau mengajarkan sebuah surat dari, Al-Quran.
Barangsiapa hendak melakukan sesuatu, lakukan shalat Istikharah, sebagaimana hadits riwayat Al-Bukhari "Dan dia harus menyebutkan hajatnya"
Hal ini perlu dilakukan agar memiliki kemantapan hati untuk memulai pinangan. Karena apa yang menurut kita sudah baik, belum tentu menurut Allah baik pula. Karena Sesungguhnya Allah maha pembolak balik hati manusia.

Source: Www.slideshare.net

BERTATAP MUKA

Hal kedua adalah melihat wajah calon mempelai perempuan, cukup sekali saja dan ditemani mahram. Untuk melihat hanya dibatasi daerah wajah dan telapak tangan. Kenapa harus melihat wajah dan telapak tangan? Karena wajah adalah gambaran kecantikan tubuh dan telapak tangan menandai kesuburan badan. Sebagaimana dalam riwayat HR. an-Nasa'i, at tirmidzi dan ibnu majah serta dihasankan oleh at-Tirmidzi, bahwa "Lihatlah kepadanya, karena tindakan itu lebih tepat untuk bisa menciptakan keserasian di antara kamu berdua"

TIDAK MENGAMBIL LAMARAN ORANG LAIN

Ketiga tidak dianjurkan melamar wanita yang sudah dilamar orang lain. Hal ini akan meninmbulkan kebencian bagi kaum muslimin, kecuali bila laki-laki tersebut sudah menolak lamarannya. Rasulullah bersabda "janganlah seorang di antara kalian melamar lamaran saudaranya hingga dia menikah atau meninggalkannya." (HR. an-Nasa'i)

LARANGAN BERTUKAR CINCIN

Budaya tukar cincin, tahap ke-4 ini kebiasaan tukar cincin. Padahal tradisi ini jelas menyerupai kebiasaan orang-orang kafir. Oleh sebab itu hendaknya seorang muslim menjauhi tradisi ini. Pernah suatu ketika Rasulullah melihat ditangan seorang laki-laki terdapat cincin emas, maka beliau bersabda "seseorang diantara kalian ada yang sengaja mwngambil bara api dari neraka lantas mengenakannya pada tangannya." (HR. Muslim)

BERMUSYAWARAH

Source: Www.slideshare.net

Selanjutnya adalah bermusyawarah. Langkah ini ditempuh untuk dapat menyetujui hasil lamaran. Karena Allah berfirman "sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarah antara mereka." (Asy-syura:38) dengan begitu dapat saling nasihat menasihati dalam menentukan lamaran. Rasulullah bersabda "Agama adalah nasihat" (HR. Muslim)

MEMBERI HADIAH

Source: www.imgrum.org

Tahap terakhir adalah saling memberi hadiah secara simbolik. Mempelai laki-laki hendak memberi hadiah sebagai ikatan diterimanya sebuah lamaran. Karena demikian itu dapat menumbuhkan kecintaan dan kasih sayang diantaran calon. Saling bertukar hadiahlah kalian agar kalian saling mencintai (HR. Al-Bukhari dalam al-adab al-mufrad)

Triwitaan Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, F...
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, Food Fadism, Student, Medical E...

no comments

Follow Moeslema on SNS