4193
  2017-08-12       www.dreamers.id

5 Efek Samping Tidak Terduga Ketika Marah Menguasa Diri

Tidak ada seorangpun yang terhindar dari emosi yang satu ini selama masa hidupnya. Tahukah kalian jika marah memiliki efek samping? Simak pembahasannya berikut ini yuk.

Deane Lene 82 views

Selama kita di masih hidup, tidak akan pernah lepas dari berbagai macam kejadian. Dimulai dari hal yang menyenangkan hingga hal yang sangat menyakitkan dan tentunya kita sebagai manusia secara alamiah akan merespon hal-hal tersebut dengan suatu bentuk emosi.

Pada dasarnya emosi terbagi dalam lima jenis marah, senang, sedih, jijik, dan takut. Mengekspresikan suatu keadaan dengan emosi tertentu memang tidak ada salahnya tetapi jika dilakukan secara berlebihan itulah yang menjadi permasalahannya. Terlebih jika emosi yang berlebihan itu adalah emosi marah.

Marah adalah suatu reaksi emosional yang timbul akibat situasi yang tidak menyenangkan, mengancam keamanan diri, kecewa, frustrasi, dan hal-hal yang tidak menyenangkan lainnya. Tidak menutup kemungkinan bahwa marah yang berlebihan juga bisa menjadi bibit-bibit unggul timbulnya dendam. Selain dendam, adapula hl-hal lain yang timbul akibat emosi marah, diataranya adalah:

1. Tidak bahagia

Seseorang yang selama hidupnya dihabiskan untuk mengekspresikan emosi marah, bisa dipastikan ia tidak pernah merasakan arti dan makna kehidupan yang sebenarnya. Hal ini disebabkan karena menumpuknya emosi negatif dalam diri membuat ia semakin sulit untuk menerima dan merasakan kebahagiaan. Secara tidak langsung, marah akan mempersempit pola pikir dan sudut pandang seseorang sehingga ia akan semakin merasa bahwa hanya ada satu sudut pandang dalam hidupnya, sisi negatif. Semakin sering ia mengekspresikan kemarahannya maka akan semakin sulit pula merasakan kebahagiaan.

2. Mudah membuat kesalahan

Source: susie-moore.com

Nasihat bijak mengatakan bahwa :

jauhkan kamu dari tempat yang menjadi penyebab kemarahanmu dan pergilah ketempat yang lebih tenang. Minumlah seteguk air sejuk dan tariklah napas lebih dalam kemudian embuskan secara perlahan hingga kamu merasa lebih tenang

Mengapa hal tersebut diperlukan? Moeselemates, tahukah kalian ketika kita sedang marah, kemungkinan besar kita akan melakukan kesalahan. Mengapa? Ketika kita dalam kondisi tersebut, pikiran tidak akan mampu memutuskan suatu hal secara objektif dan hal inilah yang menyebabkan timbulnya keputusan yang salah atau tidak tepat sehingga diri kita sendirilah yang akan merasakan dampaknya dikemudian hari.

3. Stress

Ini masih berkaitan dengan point kedua. Jika kalian merasa bahwa situasi semakin memburuk karena keputusan yang kalian buat tidak tepat, maka timbullah perasaan tertekan, kecewa, semakin merasa bersalah, dan hal lainnya yang berkaitan dengan rasa percaya diri. Kondisi inilah yang memungkinkan kalian mengalami fase stress dan tidak menutup kemungkinan stress yang berkepanjangan dan tidak terselesaikan dengan tuntas akan memicu timbulnya kondisi depresi.

Ketika seseorang sudah sampai pada tahap stress, ada baiknya segera dibawa pada para ahli yang menangani bagian kejiwaan (psikolog atau pskiater) agar kondisi tersebut dapat segera teratasi karena ketika fase stress ini telah berlalu dan kemudian masuk pada tahap depresi, penanganannya pun akan jauh lebih sulit.

4. Penyesalan

Source: cdn.klimg.com

Pengambilan keputusan yang salah, melakukan hal yang tidak tepat hingga merasa bahwa apa yang telah diucapkannya salah tentunya berakhir dengan sebuah penyesalan. Memang penyesalan tidak pernah datang diawal permasalahan karena pada dasarnya penyesalan menjadi sebuah fase akhir dari sebuah kesalahan dan berfungsi untuk mengingatkan kita bahwa apa yang kita lakukan tidak tepat. Jadi jika kalian merasa bahwa setiap kali melakukan suatu hal yang kurang tepat, dan kemudian menyesal setelahnya, bersyukurlah. Karena ada hal baik dibalik sebuah penyesalan.

5. Memicu penyakit fisik

Siapa bilang marah hanya akan menimbulkan dampak psikis saja?

Perlu kalian ketahui bahwa marah memiliki andil yang cukup besar terjadinya malfungsi organ tubuh sehingga tidak menutup kemungkinan akan timbul penyakit serius di kemudian hari seperti penyakit jantung, stroke, darah tinggi, sakit kepala dan sebagainya. Mengapa demikian? Karena pada saat kita marah, akan terjadi reaksi kimia pada tubuh, selain itu tekanan darah akan meningkat tajam dan ada bagian tubuh yang mengalami penyumbatan. Pada saat marah juga, proses respirasi tidak akan terkontrol dengan baik sehingga tidak menutup kemungkinan pada bagian paru-paru pun akan mengalami malfungsi.


Nah moeslemates, itulah lima dampak dari emosi marah yang tidak dapat diekspresikan secara bijak. Marah secara berlebihan tidak akan membawa hal baik untuk diri kalian terlebih pada lingkungan. Justru sebaliknya, kalian akan semakin sulit untuk menemukan lingkungan sosial yang cocok dengan diri kalian dan semakin sulit pula kalian mendapatkan hal-hal yang kalian inginkan, kalian butuhkan dan kalian harapkan. Semakin sering kalian marah maka hati akan semakin merasa tidak tenang. Ada baiknya ketika kalian sedang marah dan sadar akan hal tersebut, segeralah beristigfar dan berudhu agar hati kembali tenang.

Deane Lene Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS