419
  2016-08-10       4.bp.blogspot.com

Kebiasaan Begadang Mempengaruhi Kualitas Ibadah

buat para moeslemates yang sering begadang, wajib baca ini.

Deane Lene 66 views

Assalamualaikum moeslemates.

Beberapa diantara kalian memilih begadang sebagai salah satu solusi yang tepat untuk menyelesaikan suatu hal. Namun dampak yang dirasakan setelahnya adalah penurunan fungsi motorik seperti kalian akan merasa begtiu lamban dalam bergerak dan melakukan sesuatu hingga timbulnya penyakit yang disebabkan karenannya. Alasan tersebut yang melarang islam untuk membiarkan para umatnya begadang. Begadang boleh saja dilakukan namun jika sangat mendesak dan sangat butuh untuk dilakukan.

Selain itu, begadang memiliki kerugian lain yang berkaitan dengan kualitas ibadah kita sebagai kewajiban utama seorang umat islam. Diantaranya sebagai berikut:

1. Shalat telah menghapus dosanya

Source: Source: www.masjidrayabintarojaya.or.id

Ketika kalian melaksanakan shalat isya, maka malaikat akan menutup catatan amal kalian selama satu hari dengan catatan baik. Namun catatan itu akan sia-sia jika kalian begadang. Mengapa? Karena dengan kalian begadang, beberapa hal yang seharusnya tidak perlu dilakukan menjadi dilakukan. Jika yang dilakukan tidak menimbulkan dosa baru tidak mengapa namun apa yang terjadi jika kalian melakukan hal-hal yang menimbulkan dosa baru? Sungguh sia-sia. Maka beristirahatlah.

2. Begadang melewatkan kesempatan shalat malam dan subuh

Source: Source: images.detik.com

Semalaman suntuk kalian tidak memejamkan mata akan membuat kalian merasa lelah menjelang fajar karena tubuh manusia tidak didisain untuk tetap terjaga selama 24 jam non stop. Kelelahan mata akibat begadang akan mendorong kalian untuk memejakan mata sejenak dikala menjelang fajar. Tanpa kalian sadari, kalian tertidur pulas dan terbangung ketika siang menjelang. Sungguh merugi meninggalkan shalat subuh bukan?

3. Allah menjadikan malam sebagai tempat istirahat

Dalilnya sesuai dengan firman allah dalam QS. Al-Furqan ayat 47, “dan dialah yang menjadikan malam untukmu (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan dia menjadikan siang untuk bangkit dan berusaha.”

Jadi gunakan waktu tersebut sesuai dengan fungsinya dan sebaik-baiknya. Jangan sampai kalian membalikkan fungsi waktu yang telah di tetapkan oleh Allah SWT.

Itulah mengapa dalam islam begadang dilarang. Ternyata, itu juga berpengaruh besar terhadap kualitas ibadah kita. Jika kita selalu begadang dan tidur menjelang fajar, maka sangat disayangkan, waktu kita untuk beribadah di pagi hari menjadi terhambat akibat kondisi tubuh yang sudah mulai lelah.

Sedangkan kita tahu bahwa rahmat allah SWT turun pada waktu sepertiga malam dan seharusnya, kita sudah terbangun dari tidur pada saat itu. Oleh sebab itu, jika begadang bisa kita hindari, maka berusahalah untuk tidak melakukannya lagi. Cari solusi untuk menghindari kebiasaan begadang. Pasti akan selalu ada jalan jika kalian mau berusaha dengan kesungguhan hati. Berdoalah pada Allah SWT agar Allah memudahkan langkah terbaik kita.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS