418
  2016-08-09       asianwiki.com

Review Drama Korea "W"

Moeslemates tertarik dengan dunia webtoon? Bagaimana jika tokoh dalam webtoon benar-benar muncul di dunia nyata ya? Drama Korea berjudul "W" ini wajib Moeslemates tonton karena ceritanya bikin penasaran!

Lidya O. 670 views

Sinopsis

Drama ini mengisahkan tentang dua tokoh yang hidup di dunia yang berbeda. Oh Yeon Joo (Han Hyo Joo) adalah seorang dokter spesialis jantung yang bekerja di salah satu Rumah Sakit Myongsei di Seoul. Ayahnya yang bernama Oh Sung Moo (Kim Eui Sung) adalah komikus ternama yang menciptakan webtoon berjudul "W". Karakter utama dari cerita tersebut adalah Kang Chul (Lee Jong Seok). Dia adalah seorang atlet penembak terkenal yang depresi karena kehilangan seluruh anggota keluarganya. Dan sejak saat itulah, Kang Chul berusaha untuk mencaritahu siapa pembunuh keluarganya. Akan tetapi, suatu ketika ayah Yeon Joo berniat untuk mengakhiri cerita serial "W" dengan membunuh karakter utamanya. Di saat itulah, Kang Chul dari dunia webtoon menarik Yeon Joo masuk ke dunianya agar bisa membantu menyelamatkan nyawanya. Walaupun awalnya Yeon Joo tidak percaya bahwa Kang Chul benar-benar muncul di hadapannya sebagai sosok manusia, kenyataan yang terus-menerus mendesak untuk mempercayainya akhirnya membuat Yeon Joo jatuh cinta padanya. Begitupun sebaliknya, Yeon Joo yang selalu datang untuk menyelamatkan Kang Chul, membuat pria yang hidup tanpa keluarga ini merasa menemukan kunci dalam hidupnya.

Konsep "Story in a Story" Menjadi Ciri Khas Drama "W"

Pertama kali saya menonton drama ini, saya berharap menemukan sesuatu yang berbeda yang biasa saya dapatkan pada saat menonton K-Drama. Dan mereka berhasil membuat saya jatuh cinta pada episode pertama. Salah satu konsep yang dijadikan penulis "W" adalah masuknya cerita dalam cerita di waktu yang bersamaan. Misalnya pada saat adegan Kang Chul hampir meninggal. Ia menarik Yeon Joo untuk masuk ke dunianya. Yeon Joo yang kala itu dalam posisi terbaring tidak memahami apa yang sedang terjadi pada dirinya. Ia pun bangun dan melihat Kang Chul sekarat. Yeon Joo kaget karena ia melihat sosok yang mirip dengan tokoh kartun buatan ayahnya, tapi ia tidak pedulikan dan ia hanya berusaha menyelamatkannya. Dengan hanya bermodalkan pulpen, ia memberanikan diri menusuk ke bagian dada Kang Chul agar ia bisa tetap bernapas.

Kemudian, ketika Yeon Joo berhasil menyelamatkan nyawa Kang Chul, ia melihat ada tulisan "bersambung" seolah-olah ia benar-benar masuk ke dalam cerita webtoon dan ia menjadi penutup di episode tersebut. Yeon Joo kembali ke dunia nyata dengan perasaan yang aneh. Semua kru yang menjadi bawahan ayahnya gembira melihat episode baru bahwa Kang Chul masih hidup berkat pertolongan dari dokter misterius bernama Oh Yeon Joo. Sedangkan apa yang baru saja dialaminya adalah kenyataan. Yeon Joo benar-benar masuk ke dimensi lain untuk menyelamatkan nyawa Kang Chul dan semua adegan di dalam webtoon terekam secara otomatis yang diketahui oleh orang-orang di dunia nyata.

Sementara itu, di dunia webtoon, Kang Chul terus mempertanyakan di mana Oh Yeon Joo yang menyelamatkan dirinya berada? Ia hanya mendapati kartu nama milik Yeon Joo yang berlumuran darah bekas dirinya. Kang Chul heran kenapa dokter itu pergi setelah berhasil menolongnya?

Rating "W"

Di tengah keramaian penggemar drama, beberapa judul seperti "Doctors" dan "Uncontrollably Fond" yang dibintangi aktor dan aktris terbaik Korea seperti Park Shin Hye dan Kim Woo Bin muncul bersaing saling merebut rating. Namun di pertengahan episode kedua drama tersebut, "W" hadir seolah-olah seperti memberikan "napas baru" untuk para penonton yang haus akan cerita ala webtoon. Drama ini dikabarkan telah sukses mengalahkan popularitas rating "Doctors" yang ceritanya dinilai mulai membosankan dan "Uncontrollaby Fond" yang terus memperlihatkan karakter utamanya dalam keadaan tidak sehat. Saat ini, "W" sudah mulai berada di puncak dan memikat penonton untuk beralih ke drama ini saja.

Dikabarkan dari Nielsen Korea, episode kelima serial drama "W" berhasil meraih 13,5% yang terhitung lebih tinggi 0,6% dari episode sebelumnya yaitu 12,9%. Sebaliknya, rating "Uncontrollably Fond" turun di episode 9 yang hanya meraup rating 8,2% saja setelah sebelumnya memperoleh 8,9%. Selain itu poin CPI (Costumer Price Index) yang dicapai "W" hingga saat ini menyentuh angka 273,3. Sedangkan "Uncontrollaby Fond" hanya mampu mendapatkan poin 242,2 saja.

Simpulan

Sebagai penonton, saya memiliki ekspektasi yang tinggi pada drama-drama yang tidak biasa. Jika biasanya saya mendapatkan drama atau kisah yang menceritakan dua sejoli yang saling jatuh cinta, mungkin drama "W" ini tidak sebanding dengan drama-drama tersebut. Oleh karena itu, wajar jika netter banyak yang mulai beralih dan penasaran dengan cerita "W" ini. Saya optimis drama ini cukup mampu bertahan sampai di episode akhir karena kualitas akting dari para aktor dan aktris yang tidak perlu ditanyakan lagi. Belum lagi alur cerita yang terkadang maju-mundur, membuat penonton harus benar-benar konsentrasi di setiap perpindahan adegan. Kemudian, pemilihan judul drama yang begitu singkat menjadikan drama ini lebih hidup dan penuh dengan teka-teki.

Bagaimana? Apakah Moeslemates penasaran dengan cerita drama "W" ini? Moeslemates tidak perlu khawatir karena saya akan memberikan rekomendasi web yang bagus untuk streaming K-Drama. Moeslemates bisa langsung klik link di bawah ini.

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Related Tags
Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS