4174
  2017-06-28       ayo-bagikan.blogspot.com

10 Cara Berdandan Haram Bagi Muslimah

Buat kamu muslimah yang senang berdandan, simak apa-apa saja yang diharamkan dalam Islam.

Lidya O. 3,752 views

"Wahai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menyediakan pakaian untuk menutup auratmu dan untuk perhiasan bagimu, tetapi takwa itulah yang lebih baik. Demikianlah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat."
Source: QS. Al-A'raf: 26

Assalamu'alaikum Moeslemates.

Pada umumnya, wanita yang sudah masuk ke fase remaja dan dewasa mulai butuh untuk merias diri. Baik itu hanya sekadar memakai lip gloss ataupun bedak. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan kita sebagai muslimah. Karena tidak semua cara berdandan halal dan sesuai dengan syariat Islam. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mempercantik Diri Dengan Membuka Aurat

Asma binti Abu Bakar pernah menemui Rasulullah dengan memakai pakaian yang tipis. Maka Rasulullah pun berpaling darinya dan bersabda: "Wahai Asma, sesungguhnya seorang wanita itu jika sudah haid (baliq), tidak boleh terlihat dari dirinya kecuali ini dan ini." Rasulullah menunjuk wajahnya dan kedua telapak tangannya.
Source: HR. Abu Daud

Aurat wanita adalah yang selain dua, yaitu telapak tangan dan wajah. Selebihnya adalah aurat. Maka sudah jelas, kita wajib memakai kaos kaki dan tidak menampakkan lengan. Hijab juga diulur panjang menutupi dada, bukan yang memperlihatkan lekuk tubuh dan telinga. Karena sedikit saja membuka aurat seperti menunjukkan leher yang indah atau telinga yang dipakai anting adalah haram hukumnya.

2. Menyerupai Laki-Laki

"Dilarang memakai pakaian lawan jenis, termasuk di antaranya menyerupai/meniru gaya bicaranya, geraknya, cara berjalannya, pakaiannya dna sebagainya."
Source: dalam buku Halal dan Haram dalam Islam oleh Syekh Yusuf Al-Qardhawi (Bina Ilmu, 1993)

Pernahkah Moeslemates melihat gaya pakaian muslimah yang boyish? Mereka adalah wanita-wanita yang sudah berhijab namun dulunya memiliki style tomboy. Jadi begitu berhijab, sikap tomboynya tidak langsung hilang begitu saja. Dengan mengenakan celana jeans dan t-shirt yang ditambahkan manset panjang sudah jelas menyerupai laki-laki. Pembedanya hanyalah bentuk tubuh dan jilbab saja. Nah, buat kamu yang masih punya banyak koleksi celana jeans apalagi yang ukurannya ketat yuk mulai diganti dengan rok atau gamis yang anggun. Kamu pasti akan jauh terlihat manis dengan tampilan pakaian muslimah yang sesuai dengan apa yang diperintahkan Allah.

3. Berdandan Yang Mengundang Syahwat Lelaki Lain

Wanita yang berpakaian tetapi telanjang, yang berjalan melenggak-lenggok guna membuat manusia memandangnya, mereka tidak akan masuk surga dan tidak akan mendapati aromanya. Padahal aroma surga bisa dicium dari jarak 500 tahun.
Source: HR. Muslim

Salah satu contoh dari kasus ini adalah muslimah yang memakai pakain tertutup namun transparan. Jadi terlihat jelas pakaian dalamnya. Ini yang berbahaya lho Moeslemates. Selain itu, perhatikan juga pakaian yang bisa menjadikan tubuh kita seperti lontong alias menjiplak. Bentuk tubuh yang seksi wajib ditutup serapat-rapatnya dan jangan diperlihatkan kepada satu pun yang bukan mahram kita. Jadi, kalau sedang pilih-pilih pakaian, hindari yang berbahan gampang menjiplak badan ya Moeslemates.

Dan satu lagi nih, hindari juga menggunakan lipstik yang membuat bibir tambah terlihat seksi. Namun jika ditujukan hanya kepada suami di rumah tentunya tidak masalah.

4. Menyambung Rambut

Diriwayatkan dari Jabir radhiyallahu 'anhu, beliau berkata:

"Nabi Muhammad SAW melarang seorang perempuan menyambung rambut kepala apapun."
Source: HR. Muslim
Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda:

"Allah melaknat wanita yang menyambung rambut dan wanita yang minta disambung rambutnya."
Source: HR. Bukhari

Menyambung rambut tujuannya apa sih? Hanya untuk mendapatkan rambut yang indah? Tapi sayangnya rambut tersebut kan bukan original rambut kita. Apa tidak sayang seperti itu? Jika dilihat-lihat, biaya menyambung rambut di salon cukup mahal lho Moeslemates. Jauh lebih baik jika uangnya digunakan untuk kepentingan lain yang lebih berguna. Betul tidak, Moeslemates?

5. Membuat Tatto

Source: www.merdeka.com

Dari Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhu berkata bahwa Allah melaknat perempuan-perempuan yang menato dan ditato, dan yang mencabut atau mencukur rambut dan yang mengikir gigi untuk memperindah.
Source: HR. Bukhari dan Muslim

Tatto baik wanita dan pria hukumnya haram. Hendaknya orang-orang yang menggunakan tatto segera dihapus dan bertaubat kepada Allah. Namun, jika saat menghapusnya terjadi iritasi dan kesakitan yang berlebihan, tidak masalah tidak dihapus. Bertaubat saja sudah cukup.

6. Menggunakan Parfum Di Luar Rumah

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS