4173
  2017-06-28       play.google.com

7 Keistimewaan Bahasa Arab

Moeslemates pernah belajar bahasa Arab? Sharing pengalaman yuk! Dan temukan keistimewaan-keistimewaan bahasa Arab yang mungkin jarang kita ketahui!

Lidya O. 466 views

Assalamu'alaikum Moeslemates. Di artikel kali ini saya akan membahas tentang berbagai keistimewaan bahasa Arab. Buat kamu yang sudah pernah belajar atau ikut kursusnya, yuk sharing pengalaman di sini!

Bahasa Arab menjadi sarana yang sangat efektif untuk mentransfer berbagai macam ilmu yang digunakan untuk memahami Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan gaya bahasa yang ringkas, mudah dipahami, dan bahkan mudah dihafal.

1. Bahasa Arab Bagian Dari Agama Islam

Source: muslim.or.id

“Kami tidak mengutus seorang rasul pun, melainkan dengan bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka. Maka Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Dialah Tuhan Yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana.”
Source: QS. Ibrahim: 4

Pernah ada seorang teman dari Jepang yang bertanya kepada saya tentang Al-Qur'an.

"Saya heran mengapa kitab sucinya orang Islam (Al-Qur'an), di mana pun negara asalnya, siapapun yang memeluknya, pasti dibacanya dengan bahasa Arab. Sebegitu istimewanya bahasa Arab sampai-sampai dijadikan bahasa yang menyatukan orang-orang Islamkah?"

Ya, bahasa Arab merupakan bagian dari agama Islam dan dipergunakan pada Al-Qur'an. Masya Allah, bahkan Allah menjadikan bahasa Arab ini sebagai bahasa yang paling utama dari seluruh bahasa yang ada. Allah juga menjadikannya sebagai bahasa shalat, dzikir, haji dan ibadah yang lainnya.

2. Bahasa Arab Adalah Bahasa Generasi Terbaik

Dilansir dari artikel muslim.or.id bahwa selain itu bahasa Arab merupakan bahasa generasi terbaik sesudah para sahabat yaitu tabi'in dan tabi'ut. Demikian pula bahasa ini menjadi bahasa para imam Ahlus Sunnah wal Jamaah yang jenius dan brilian seperti imam-imam madzhab: Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi'i dan Imam Ahmad bin Hanbal.

3. Bahasa Terbaik Dalam Memahami Islam

Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu 'anhu pernah mengatakan,

"Pelajarilah bahasa Arab, karena sesungguhnya bahasa Arab itu termasuk bagian dari agama kalian."
Source: Masbuqudz Dzahab Hal. 9 dan Idhahul Waqf wal Ibtida'

Di saat kita memulai mempelajari bahasa Arab, maka yang terbayang-bayang di otak kita adalah bahasanya Al-Qur'an. Jika kita mengetahui beberapa kosakata saja dalam bahasa Arab, begitu kita membuka Al-Qur'an, betapa senangnya hati kita tanpa melihat terjemahan kita sudah mampu memahami artinya, masya Allah.

Namun sebenarnya waktu kecil pun kita pernah mengikuti pengajian anak-anak dan mempelajari Iqra. Betul tidak? Nah, ini artinya kita sudah mendapatkan basic dari bahasa Arab itu. Tinggal dilanjutkan lagi deh. Kemudian, jika ingin dipelajari lebih dalam maka kita pasti tidak akan bisa lepas dari kitab-kitab para ulama yang berbahasa Arab. Misalnya pada tafsir-tafsir seperti Tafsir Ath-Thabari, Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al-Qurthubi.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah menjelaskan,

“Bahasa Arab itu termasuk bagian agama (Islam), dan mengetahuinya hukumnya wajib, karena sesungguhnya memahami Al-Kitab dan As-Sunnah itu adalah perkara yang wajib, dan tidaklah dapat dipahami kecuali dengan memahami bahasa Arab, dan suatu kewajiban tidak bisa terlaksana kecuali dengan sarana tertentu, maka sarana tertentu tersebut hukumnya juga wajib.

Di antara (hukum mempelajari) bahasa Arab itu ada yang fardhu 'ain, dan ada pula yang fardhu kifayah."
Source: Iqtidha' Ash-Shirath Al-Mustaqim: 1/527
As-Suyuthi rahimahullah menegaskan,

"Tiada keraguan sedikit pun bahwa ilmu bahasa Arab termasuk bagian dari agama Islam, karena mempelajarinya termasuk fardhu kifayah, dan dengannya dapat diketahui makna lafal-lafal Al-Qur'an dan As-Sunnah."
Source: Al-Muzhir, Hal. 302

4. Bahasa Arab Adalah Bahasa Yang Sempurna Dan Universal

“Dan sesungguhnya Al-Qur'an ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril), ke dalam hatimu (Nabi Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan, dengan bahasa Arab yang jelas.”
Source: QS. Asy-Syu’ara: 192-195

Ibnu Katsir rahimahullah dalam kitab tafsirnya mengatakan,

"Maksudnya bahwa Al-Qur'an ini adalah (wahyu) yang Kami turunkan kepadamu dengan lisan (bahasa)mu (yaitu) bahasa Arab yang fasih, sempurna, universal agar Al-Qur'an menjadi jelas, terang, lagi gamblang, memutuskan udzur, menegakkan hujjah dan sebagai dalil yang menunjukkan kepada tujuan yang dimaksud.”

"Ketika Allah Ta’ala memilih bahasa Arab untuk menjelaskan (firman-Nya), menunjukkan bahwa bahasa-bahasa yang lainnya, kemampuan, dan tingkatannya di bawah bahasa Arab."
Source: As-Shahibi fi Fiqh al-Lughah, 1/4

5. Bahasa Arab Adalah Bahasa Yang Paling Efektif Untuk Menyampaikan Gagasan

Source: mahadumar.id

“Sesungguhnya Kami menurunkan Al-Qur'an berupa kitab yang berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.”
Source: QS. Yusuf: 2

Dalam artikelnya di muslim.or.id disebutkan bahwa pakar tafsir yang terkenal, Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan rahasia di balik penurunan Al-Qur'an dengan berbahasa Arab:

"Hal yang demikian itu dikarenakan bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, paling jelas, paling luas (kosakatanya), serta paling efektif dalam menyampaikan sebuah makna."
Source: Tafsir Ibnu Katsir

6. Bahasa Arab Adalah Bahasa Yang Paling Mulia

Ibnu Katsir rahimahullah saat menafsirkan Surat Yusuf ayat 2 di atas juga menyatakan bahwa dikarenakan karakteristik bahasa Arab yang sedemikian sempurna dan istimewa, maka pantaslah jika Allah turunkan Kitabullah dalam bahasa yang paling agung.

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Related Tags
Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS