4171
  2017-07-02       www.youthmanual.com

5 Hal Positif di Balik Sebuah Kegagalan

Siapa bilang kegagalan selalu bermakna negatif? Mari kita lihat dari perspektif yang berbeda dan mungkin sisi ini lah yang sering kali terlupakan oleh kalian.

Deane Lene 236 views

Tidak ada satupun manusia di dunia ini yang tidak pernah mengalami kegagalan. Kegagalan kecil maupun besar akan memiliki dampak yang sama pada diri kalian pada mulanya. Akan timbul perasaan tidak berdaya, hilang semangat bahkan depresi akan kegagalan tersebut.

Moeslemates, ternyata ada hal baik dibalik sebuah kegagalan yang selama ini tidak kalian sadari akibat selama ini kalian hanya terfokus pada bagian yang tidak menyenangkannya saja sehingga kalian lupa ada banyak hal positif yang mampu membuat diri kalian bisa lebih memaknai setiap detik kehidupan yang kalian jalani.

1. Timbulnya motivasi lebih besar

Memang pada mulanya, kalian akan merasa kecewa akan sebuah kegagalan yang sedang kalian alami. Perasaan kecewa itu wajar karena kalian telah berusaha semaksimal mungkin dan mengorbankan segala hal untuk mendapatkan hasil sesuai dengan yang kalian harapkan namun ternyata kenyataan berkata lain.

Ketika kalian menocba untuk bangkit dari perasaan kecewa atas sebuah kegagalan, maka secara tidak langsung kalian sedang membangun motivasi yang lebih besar daripada sebelumnya. Dalam motivasi yang besar, terdapat harapan-harapan yang besar juga untuk masa yang akan datang dan tentunya kalian akan merasa lebih semangat untuk meraihnya karena kalian telah megalami sebuah fase kegagalan sebelumnya.

2. Berusaha lebih keras

Kalian juga akan berusaha lebih giat untuk mencapai apa yang kalian harapkan dimasa yang akan datang. Kalian tidak akan merasa takut untuk terus mencoba ketika kegagalan kembali datang dan terus menguji seberapa besar pengorbanan dan usaha kalian dalam bersungguh-sungguh mendapatkan apa yang kalian harapkan.

Semakin banyak dan semakin sering kalian menerima kegagalan dan menerima penolakan maka semakin yakin bahwa apa yang sedang kalian perjuangkan adalah suatu hal yang sangat berarti dalam hidup kalian.

3. Terus memupuk kepercayaan

Seberapa sering kalian menghadapi kegagalan?
Seberapa sering kalian berusaha untuk mencobanya lagi?
Adakah hasil yang kalian dapatkan ketika telah mencobanya lagi?

Percayalah bahawa ada banyak hal yang sedang menanti kalian untuk diperjuangkan. Hanya saja, seringkali kita berhenti mempercayakan hal tersebut bisa diraih pada pertengahan jalan saat memperjuangkannya. '

Moeselemates, sadarlah bahwa Allah SWT sedang mencoba untuk mendekatkan diri dengan kita dengan cara memberikan cobaan sebuah kegagalan dan dibalik itu semua, Allah SWT sedang mempersiapkan hal yang lebih indah dan lebih baik daripada apa yang kalian rencanakan. Tidak perlu takut usaha yang kalian lakukan semuana berakihir sia-sia karena Allah SWT sedang menguji kalian seberapa besar kalian percaya dengan-Nya dan seberapa besar kalian percaya akan rencana-Nya.

4. Tangguh

Semakin sering kalian mengalami kegagalan dan penolakan, maka akan semakin kuat diri kalian menghadapi segala hal dengan hati yang lebih ikhlas. Kalian tidak akan lagi merasa cemas akan kegagalan dan kalian juga mampu mengatasi kegagalan tanpa harus merasa stress atau depresi karenannya. Dengan pemikiran yang matang, solusi akan hadir tepat dengan sasaran dan kalian mampu mengatasi kegagalan dengan cara yang tepat dan tenang.

Perlu kalian ketahui bahwa ketika kalian sering mengalami kegagalan dan penolakan, secara tidak langsung orang-orang disekitar kalian sedang mempersiapkan diri kalian menjadi lebih tangguh dan menjadi pribadi yang lebih baik, pribadi yang lebih matang dan pribadi yang siap menghadapi segala hal secara bijak. Bersyukurlah.

5. Sadar akan pentingnya hubungan yang dekat dengan tuhannya

Kita akan semakin sadar bahwa tidak ada hal yang terjadi di dunia ini tanpa seizin Allah SWT. Dengan demikian kalian akan mulai lebih mendekatkan diri pada Allah SWT agar dipermudah segala kebutuhan, harapan, masalah dan segala hal yang terjadi dalam kehidupan kita.

Ketika kita sudah merasa lebih dekat dengan Allah SWT dari waktu sebelumnya, maka secara tidak langsung kita akan merasa lebih tenang dan lebih ikhlas dalam menjalani segala hal di kemudian hari. Langkah kaki akan terasa lebih ringan dan hati akan menjadi terasa lebih tenang. Hal demikian kalian alami karena kalian telah menyadari bahwa Allah SWT lah dibalik setiap kesuksesan dan kegagalan dalam hidup. Dengan kesuksesan dan kegagalan itu sendiri Allah menyisipkan sebuah cobaan dibalik hal tersebut.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS