4169
  2017-06-28       instagram.com

4 Keutamaan Silaturrahim

Idul Fitri baru saja kita klewati. Berkumpul bersama keluarga menjadi momen yang rutin dilakukan setiap tahunnya. Namun tahukah kamu bahwa menyambung silaturrahim memiliki keutamaan-keutamaan istimewa?

Lidya O. 461 views

Assalamu'alaikum Moeslemates. Sering kita sebutkan bahwa di Hari Raya Idul Fitri adalah harinya kita untuk menyambung silaturrahim antar keluarga. Di artikel kali ini saya akan menjabarkan keutamaan-keutamaan silaturrahim. Tapi sebelum itu, kita pelajari dulu yuk makna kata per katanya.

Dilansir dari artikel yang ditulis oleh Hijab Alila, silaturrahim terdiri dari dua kata yaitu "shilah" dan "ar rahim". Penjelasan artinya akan dijelaskan di bawah ini.

Dalam Mu'jam Lughatil Fuqaha disebutkan:

"Shilah adalah isim mashdar. 'Washala asy syai'u bisy sya'i' artinya: 'Menggabungkan ini dengan itu dan mengumpulkannya bersama.'"
Source: Dinukil dari Shilatul Arham 5
Sedangkan "ar rahim" yang dimaksud di sini adalah rahim wanita; yang merupakan konotasi untuk menyebutkan karib-kerabat.

Ar Raghib Al Asfahani mengatakan:

"Ar rahim yang dimaksud adalah rahim wanita, yaitu tempat di mana janin berkembang dan terlindungi (dalam perut wanita). Dan istilah ar rahim dapat digunakan untuk menyebutkan karib-kerabat karena mereka berasal dari satu rahim."
Source: Dinukil dari Ruhul Ma'ani, 9/42

Nah, jadi bisa disimpulkan bahwa menyambung silaturrahim terutama di suasana Idul Fitri seperti ini maknanya adalah menyambung hubungan dengan para kerabat yang serahim (sedarah) yaitu keluarga. Misalnya keluarga tante, om, adik dan kakaknya ibu atau bapak kita, sepupu-sepupu, kakek-nenek, dan keluarga lainnya yang masih terikat darah. Namun, jika ingin menyambung kekerabatan dengan orang-orang yang tidak memiliki hubungan darah dinamakan "Menjalin Ukhuwah". Sering dengar 'kan Moeslemates?
Jangan salah kaprah ya tentang kedua hal ini.

Tetapi ada hal yang perlu ditekankan di sini bahwa kita tidak perlu memaksakan diri untuk menyambung tali ukhuwah kepada orang yang semisalnya, dia adalah bekas mantan pacar dulu; yang konotasinya sudah tidak ada hubungan apa-apa lagi. Dahulukanlah keluarga dan sahabat-sahabat dekat yang masih berhubungan baik. Jangan sampai alih-alih sambung ukhuwah tahu-tahunya modus ingin dekat lagi dengan sang mantan. Kecuali jika sudah berani mendatangi wali untuk menikah.

Lanjut yuk Moeslemates. Kita bahas tentang keutamaan-keutamaannya.

1. Bentuk Ketaatan Kepada Allah

"Dan orang-orang yang menghubungkan apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan, dan mereka takut kepada Rabb-nya dan takut kepada hisab yang buruk."
Source: QS. Ar-Rad: 21

Menyambung tali silaturrahim adalah salah satu hal yang diperintahkan Allah maka dengan kita menjalankannya kita taat kepada-Nya. Hal ini juga termasuk salah satu cara untuk meningkatkan akhlak terpuji.

2. Dipanjangkan Umur

Pernah dengar nggak Moeslemates bahwa dengan menyambung tali silaturrahim bisa memanjangkan umur? Ya, betul sekali. Orang-orang yang senang mengunjungi sanak saudaranya bukan hanya karena Idul Fitri, akan dipanjangkan umurnya sebagaimana hadist Rasulullah berikut ini.

Siapa yang bertakwa kepada Rabb-nya dan menyambung silaturrahmi niscaya umurnya akan diperpanjang dan hartanya akan diperbanyak serta keluarganya akan mencintainya.
Source: Diriwayatkan oleh Bukhari dalam Adabul Mufrod No. 58

3. Diluaskan Rezeki

Source: islamidia.com

Saya pernah mendengar cerita dari salah seorang sahabat nih Moeslemates. Saat itu mereka sedang kesusahan finansial setelah menikah. Karena yakin bahwa bersilaturrahim akan mendatangkan rezeki, maka mereka pun hendak menyambungkannya kembali dengan saudara serahim dari pihak laki-laki. Benar saja, dibukalah pintu-pintu rezeki yang tidak diduga-duga. Merindinglah keduanya, menangislah keduanya, bersyukurlah keduanya. Saya pun ikutan merinding dan terharu. Masya Allah. Beruntunglah bagi kalian yang masih memiliki banyak sanak saudara. Syukurilah keluarga yang kita miliki sekarang ya Moeslemates dan perbaikilah hubungan di antara keduanya.

Barangsiapa yang senang bersilaturrahim, maka akan diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya. Maka hendaklah ia menyambung tali silaturrahim.
Source: HR. Bukhari No. 5985 dan Muslim No. 2557

4. Terhubung Dengan Allah

Allah ’azza wa jalla berfirman:

Aku adalah Ar Rahman. Aku menciptakan rahim dan Aku mengambilnya dari nama-Ku. Siapa yang menyambungnya, niscaya Aku akan menjaga haknya. Dan siapa yang memutusnya, niscaya Aku akan memutus dirinya.
Source: HR. Ahmad 1/194

Menyambung tali silaturrahim sama juga dengan menyambung hubungan kita dengan Allah lho. Ingat kan hablum minnallah dan hablum minnanas? Kalau hubungan dengan manusia juga bisa diperbaiki maka hubungan dengan Allah pun otomatis akan terhubungkan. Jadi kalian tahu kan betapa dosanya orang yang memutuskan ikatan sedarah termasuk hubungan anak dan orangtua.

Sesungguhnya rahmat itu tidak diturunkan kepada kaum yang di dalamnya ada seorang pemutus keluarga.
Source: HR. Bukhari

Masya Allah, semoga kita bisa mengambil hikmah dari pelajaran kali ini ya Moeslemates. Yuk perkuat tali silaturrahim keluarga dan jalinkan hubungan ukhuwah kepada sahabat-sahabat shalih di sekitar kita.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS