4161
  2017-06-25       cp.jurnalhajiumroh.com

3 Rahasia Besar Al-Quran yang Wajib Diketahui

Jadikan aku (Al-Quran) sebagai temanmu di dunia maka aku (Al-Quran) akan menjadi temanmu di akhirat kelak. Maha benar Allah atas segala firmannya.

Deane Lene 614 views

Assalamualaikum Moeslemates

Sejatinya manusia diciptakan oleh Allah SWT ditujukan hanya untuk menyembahnya dan hanya kepadanya pula manusia akan kembali dengan membawa amala-amalan semasa hidupnya. Allah SWT memerintahkan kita sebagai umat manusia untuk selalu beribadah, berbuat baik dan selalu mengingat Allah SWT selama hidup kita.

Allah SWT telah menciptakan keragaman keyakinan di dunia ini dan salah satunya islam. Islam mengajarkan bahwa Al-Quran adalah pedoman hidup bagi para penganutnya dan dengan Al-Quran pula kehidupan umat islam didunia tidak akan tersesat dari jalan yang benar karena Al-Quran adalah penuntun jalannya.

Dalam Al-Quran menjelaskan banyak hal dalam kehidupan kita sehari-hari. Al-Quran pula menjelaskan tentang sejarah dan pengetahuan yang selama ini belum terungkap. Moeslemates, ada banyak hal yang kita bisa temukan dalam Al-Quran jika kita membacanya dengan teliti dan dengan sebaik-baiknya. Inilah tiga rahasia besar yang terungkap dalam Al-Quran yang wajib kalian ketahui kebenarannya.

1. Mengungkap masa lalu

Masa lalu menyimpan banyak sekali cerita dan setiap orang akan menceritakannya berdasarkan versi terbaik dari sudut pandangnya. Mereka akan cenderung membesarkan suatu hal yang sangat membanggakan dan mengahpus segala hal yang tidak diinginkan untuk diketahui. Namun ketahuilah bahwa tidak ada hal yang tidak Allah SWT ketahui di dunia ini.

Diawali kisah Allah SWT yang menjelaskan bagaimana bumi itu terbentuk dan bagaimana cara Allah SWT merencanakan sedemikian rupa hingga manusia pertama diciptakan. Allah SWT merancang segala hal dengan sebaik-baiknya dan memperhitungkan segala hal dengan sangat detail hingga tidak ada hal yang tidak mungkin ia tidak ketahui bahkan kehidupan semut didalam tanah sekalipun. Allah SWT pula yang merencanakan peperangan yang terjadi dimasa lampau.

Baru-baru ini telah terungkap kebenaran sejarah peradaban mesir kuno yang menjelaskan tentang jasad raja Firaun di laut merah yang selama ini para sejarahwan tidak mengetahuinya secara pasti maka Allah mengungkapkannya dalam Al-Quran tentang kebenarannya.


فَالْيَوْمَ نُنَجِّيْكَ بِبَدَنِكَ لِتَكُوْنَ لِمَنْ خَلْفَكَ اٰيَةًۗ وَإِنَّ كَثِيْرًا مِّنَ النَّاسِ عَنْ اٰيٰتِنَا لَغٰفِلُوْنَ ؑ٩٢

"Maka pada hari ini kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan Kami." (QS. Yunus: 92)

2. Menjelaskan masa sekarang

Source: www-tc.pbs.org

Dewasa ini kemajuan duia sains dan medis serta teknologi semakin berkembang. Banyak dari para ilmuan yang mulai mencoba mencari kebenaran berdasarkan apa yang telah tertera di dalam Al-Quran. Banyak fakta yang mengejutkan yang telah teruji kebenarannya dan para pakar ilmuan meyakini bahwa Al-Quran adalah pedoman penelitian dimasa yang akan datang.

Para ilmuan baru-baru ini mengungkapkan bahwa terdapat suatu bagian tubuh yang tidak terkena aliran darah dan hanya dengan gerakan sujud lah bagian tersebut aliran darah dapat menyentuhnya, ya pada bagian ujung kepala kita.

Telah lama pula para ilmuan mencoba mengungkapkan tentang proses kehamilan dan sebelum para ilmuan mendapatkan jawabannya, Al-Quran telah menjelaskannya dengan sangat jelas. Begitu pula dengan antariksa. Sebelum para ilmuan mengetahui tentang sistem tata surya, Al-Quran juga telah menjelaskan hal tersebut dengan sangat jelas. Sungguh, maha besar Allah dengan segala firmannya.

Q.S. Al- mu'minun : 12-14

وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ مِنْ سُلَالَةٍ مِنْ طِينٍ
"Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah."(Q.S. Al- mu'minun : 12)

ثُمَّ جَعَلْنَاهُ نُطْفَةً فِي قَرَارٍ مَكِينٍ
"Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim)."(Q.S. Al- mu'minun : 13)

ثُمَّ خَلَقْنَا النُّطْفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقْنَا الْعَلَقَةَ مُضْغَةً فَخَلَقْنَا الْمُضْغَةَ عِظَامًا فَكَسَوْنَا الْعِظَامَ لَحْمًا ثُمَّ أَنْشَأْنَاهُ خَلْقًا آخَرَ ۚ فَتَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ
"Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik."(Q.S. Al- mu'minun : 14)

Beberapa potongan ayat yang menjelaskan mengenai sistem tata surya:


أَوَلَمْ يَرَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنَاهُمَا ۖ وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ ۖ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ

Artinya :
Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman? (Surat Al-Anbiyâ´ ayat 30)
وَهُوَ الَّذِي خَلَقَ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ ۖ كُلٌّ فِي فَلَكٍ يَسْبَحُونَ

Artinya :
Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya. (Surat Al-Anbiyâ´ ayat 30)

اللَّهُ الَّذِي رَفَعَ السَّمَاوَاتِ بِغَيْرِ عَمَدٍ تَرَوْنَهَا ۖ ثُمَّ اسْتَوَىٰ عَلَى الْعَرْشِ ۖ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ ۖ كُلٌّ يَجْرِي لِأَجَلٍ مُسَمًّى ۚ يُدَبِّرُ الْأَمْرَ يُفَصِّلُ الْآيَاتِ لَعَلَّكُمْ بِلِقَاءِ رَبِّكُمْ تُوقِنُونَ

Artinya :
Allah-lah Yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas ´Arasy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan(mu) dengan Tuhanmu.(QS: Ar-Ra'd Ayat: 2)

3. Menuntun masa depan

Tidak hanya mengungkap masa lalu dan menjadi pedoman para pakar penelit untuk mengungkap segala hal tentang kehidupan saat ini. Di dalam Al-Quran pula telah dijelaskan mengenai masa depan. Al-Quran menjelaskan balasan-balasan amalan selam a kehidupan, tentang sakaratul maut hingga bagaimana proses hari kiamat itu terjadi.

Dalilnya, hadits Al Bara` bin ‘Azib Radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata tentang proses kematian seorang mukmin:

إِنَّ الْعَبْدَ الْمُؤْمِنَ إِذَا كَانَ فِي انْقِطَاعٍ مِنْ الدُّنْيَا وَإِقْبَالٍ مِنْ الْآخِرَةِ نَزَلَ إِلَيْهِ مَلَائِكَةٌ مِنْ السَّمَاءِ بِيضُ الْوُجُوهِ كَأَنَّ وُجُوهَهُمْ الشَّمْسُ مَعَهُمْ كَفَنٌ مِنْ أَكْفَانِ الْجَنَّةِ وَحَنُوطٌ مِنْ حَنُوطِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسُوا مِنْهُ مَدَّ الْبَصَرِ ثُمَّ يَجِيءُ مَلَكُ الْمَوْتِ عَلَيْهِ السَّلَام حَتَّى يَجْلِسَ عِنْدَ رَأْسِهِ فَيَقُولُ أَيَّتُهَا النَّفْسُ الطَّيِّبَةُ اخْرُجِي إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ اللَّهِ وَرِضْوَانٍ قَالَ فَتَخْرُجُ تَسِيلُ كَمَا تَسِيلُ الْقَطْرَةُ مِنْ فِي السِّقَاءِ فَيَأْخُذُهَا فَإِذَا أَخَذَهَا لَمْ يَدَعُوهَا فِي يَدِهِ طَرْفَةَ عَيْنٍ حَتَّى يَأْخُذُوهَا فَيَجْعَلُوهَا فِي ذَلِكَ الْكَفَنِ وَفِي ذَلِكَ الْحَنُوطِ وَيَخْرُجُ مِنْهَا كَأَطْيَبِ نَفْحَةِ مِسْكٍ وُجِدَتْ عَلَى وَجْهِ الْأَرْضِ

“Seorang hamba mukmin, jika telah berpisah dengan dunia, menyongsong akhirat, maka malaikat akan mendatanginya dari langit, dengan wajah yang putih. Rona muka mereka layaknya sinar matahari. Mereka membawa kafan dari syurga, serta hanuth (wewangian) dari syurga. Mereka duduk di sampingnya sejauh mata memandang. Berikutnya, malaikat maut hadir dan duduk di dekat kepalanya sembari berkata: “Wahai jiwa yang baik –dalam riwayat- jiwa yang tenang keluarlah menuju ampunan Allah dan keridhaannya”. Ruhnya keluar bagaikan aliran cucuran air dari mulut kantong kulit. Setelah keluar ruhnya, maka setiap malaikat maut mengambilnya. Jika telah diambil, para malaikat lainnya tidak membiarkannya di tangannya (malaikat maut) sejenak saja, untuk mereka ambil dan diletakkan di kafan dan hanuth tadi. Dari jenazah, semerbak aroma misk terwangi yang ada di bumi..”[al hadits].
Source: 2570-sakaratul-maut-detik-detik-yang-menegangkan-dan-menyakitkan.html
Dalam Surah Al-Qori’ah ayat 1-5 menyatakan tentang hari kiamat yaitu suatu hari yang mampu melenyapkan segala isi bumi termasuk manusia. Surah ini artinya:

الْقَارِعَةُ (1) مَا الْقَارِعَةُ (2) وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْقَارِعَةُ (3) يَوْمَ يَكُونُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوثِ (4) وَتَكُونُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوشِ (5)

“Hari Kiamat” (1)
“Apakah hari Kiamat itu?” (2)
“Tahukah kamu apakah hari kiamat itu?” (3)
“Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang bertebaran” (4)
“Dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan” (5)

Maha benar Allah atas segala firmannya. Semoga kita menjadi bagian dari yang termasuk dalam golongan dicintai Allah dan diselamatkan dari segala bahaya dan ancaman dunia maupun akhirat. Aamiin.

Mari terus mempertebal keimanan kita yuk, Moeslemates. Semakin dekat dengan Allah SWT maka semakin tenang hati kita dalam menjalani kehidupan ini.

Deane Lene Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS