4159
  2017-06-25       i.ytimg.com

3 Buah Besar yang Sangat Manis Dari Kesabaran

Sudahkah kalian sabar dengan menggunakan arti yang sesungguhnya? Atau kesabaran kalian masih memiliki batasan? Benarkah sabar kalian adalah sabar yang sesungguhnya?

Deane Lene 4,779 views

Assalamualaikum Moeslemates

Sesuai dengan judul pada artikel kali ini, aku akan membahas tentang kesabaran dan buah hasil kesabaran itu sendiri.

Sering kali kita dihadapkan dengan berbagai macam masalah dalam kehidupan dan tak jarang pula kita dihadapkan pada dua pilihan yang tentunya memiliki konsekuensi masing-masing. Sering kali kita beranggapan bahwa semakin seringnya kita diuji, kita menganggap Allah SWT marah dan tidak lagi sayang kepada kita.

Tidak jarang bahwa sebuah kalimat "kesabaran itu ada batasannya dan sekarang batas kesabaran tersebut telah habis". Ingatlah Moeslemates, bahwa sebenarnya kesabaran tidak memiliki batas. Kalian menciptakan batasan tersebut hanya karna kalian merasa diri kalian terancam entah itu perasaan kalian yang hampir terlukai atau menepis perasaan kecewa sejak awal mulainya ujian berupa masalah.

Tahukah kalian bahwa ada banyak buah manis yang bisa kalian petik dari kesabaran yang selama ini kalian pupuk? Tidakkah kalian menginginkan buah manis tersebut? Dari sekian banyak buah manis yang berasal dari pohon kesabaran, inilah tiga buah yang besar dan manis dari pohon kesabaran tersebut.

1. Mendapatkan hal yang lebih baik

Ketika kalian bersabar dalam suatu situasi dan kondisi baik sedang mencoba menyelesaikan suatu permasalahan atau berharap sesuatu hal, kalian sedang menyenangkan hati Allah SWT karena perilaku sabar tersebut sehingga Allah SWT tidak segan-segan untuk merencanakan hal yang lebih baik setelah situasi dan kondisi yang kalian hadapi saat itu. Percayalah bahwa ada hal baik setelah kalian bersabar. Entah itu cepat atau lambat, bisa dirasakan langsung atau tidak, dan dengan mengguanakan cara apapun, hal baik tersebut akan tetap menghapiri kalian atas izin Allah SWT. Yakinlah bahwa Allah SWT mencintai orang-orang yang bersabar. Ketika cinta Allah SWT pada umatnya maka Allah SWT akan memberikan hal lebih banyak dari apa yang kalian inginkan dan kalian harapkan.

2. Menjadi pribadi yang lebih bijak

Bersabar juga membantu kita dalam mengasah proses pendewasaan diri dan belajar untuk memahami permasalahan yang ada didepan mata lebih baik lagi. Ketika kalian bersabar, secara tidak langsung otak akan bekerja secara maksimal untuk menyusun, mempertimbangkan, hingga memutuskan sebuah solusi bagi suatu permasalahan dalam kehidupan. Selain itu kesabaran juga membuat kalian lebih matang dalam berpikir, membuka batasan toleransi yang lebih luas lagi dari sebelumnya, menjadikan kalian lebih bijak dalam segala hal dan menjadikan diri kalian lebih bernilai.

3. Dicintai oleh Allah SWT

Siapa yang tidak ingin dicintai oleh Allah SWT? Siapa yang tidak ingin dimuliakan dan diangkat derajatnya?

Moeslemates, menjadi pribadi yang sabar adalah salah satu hal yang sangat dicintai Allah SWT. Alah sangat bangga pada umatnya yang bersabar. Allah SWT janjikan segala hal kebaikan baik didunia maupun diakhirat karena kita bersabar ketika sedang di hadapkan pada sebuah masalah, cobaan dan sebuah musibah. Bersabarlah atas segala hal yang terjadi pada kehidupan kalian karena sesungguhnya Allah SWT tidak akan menguji hambanya diluar batas kesanggupanya. Ketika kalian mengharapkan sesuatu hal namun hingga saat ini belum juga terwujud, jangan khawatir dan jangan merasa kecewa. Allah SWT pasti akan memberikan yang lebih baik jika kita terus bersabar.

Al-Quran mengabarkan bahwa orang yang sabar mendapatkan shalawat dari Allah, rahmat dan hidayah, Allah berfirman:

وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ * الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ * أُولَئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ

Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, “Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun” Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. [Al-Baqarah: 155-157]
Source: salafartikel.wordpress.com
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS