4154
  2017-06-25       www.stylecraze.com

5 Cara Atasi Kulit Wajah Dengan Minyak Berlebih

Sering jerawatan atau wajah tampak mengkilap karena kulit wajah terlalu berminyak? Ini dia tips ampuh atasi kulit wajah dengan minyak berlebih.

santi lisnawati 423 views

Assalamu'alaikum, Moeslemates!

Tak ada yang salah dengan minyak pada wajah. Justru, cairan minyak yang dikeluarkan dari kulit wajah ini memberikan banyak manfaat, lho. Minyak pada wajah berfungsi untuk mencegah debu polusi masuk ke pori-pori, menangkal serangan radikal bebas sekaligus menjaga kelembaban alami kulit.

Yang jadi masalah adalah jika minyak pada kulit wajah ini dikeluarkan lebih banyak dari yang dibutuhkan. Minyak berlebih pada wajah ini bisa membuat wajah tampak mengkilap bahkan menimbulkan jerawat. Kamu pasti gak rela kan kalau wajahmu ditumbuhi dengan jerawat?

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, yuk ketahui langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah timbulnya minyak berlebih pada wajah.

1. Rajin membersihkan wajah

Setiap harinya dianjurkan mencuci muka sebanyak dua kali. Cuci muka akan membantu menghilangkan kotoran, serta mengurangi kadar minyak pada wajah. Pori-pori wajah yang tersumbat minyak dan kotoran pun jadi bersih sehingga bisa mencegah timbulnya jerawat.

Jangan lupa pilih sabun muka yang cocok untuk kulit berminyak ya. Sabun muka yang mengandung anti bakteria, serta mampu mengangkat minyak sekaligus menjaga kelembaban kulit adalah pilihan yang tepat.

2. Jangan lupa bersihkan make-up sebelum tidur

Sebelum tidur di malam hari, jangan lupa membersihkan sisa make-up pada wajah, ya. Langkah ini juga ampuh untuk mencegah produksi minyak berlebih pada wajah.

Sebetulnya membersihkan make-up sebelum tidur ini penting tak hanya untuk mencegah minyak berlebih di wajah saja. Jika kamu terbiasa langsung tidur dengan sisa make-up di wajah, ini dia nih 5 akibat buruk yang akan terjadi pada wajahmu.

3. Konsumsi makanan sehat

Perbanyak makan makanan sehat seperti buah dan sayuran. Makanan berprotein seperti telur dan ikan juga bisa membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah. Eits, tapi makanannya jangan digoreng, ya. Kurangi konsumsi makanan berminyak jika tak ingin produksi minyak pada wajah meningkat pesat.



Kurangi juga konsumsi cokelat serta makanan manis yang banyak mengandung gula lainnya. Sekali-sekali sih boleh, tapi jangan dimakan tiap hari, ya!

4. Hindari penggunaan skin care yang berlebihan

Terlalu sering mencuci muka sama tidak baiknya dengan terlalu banyak melakukan eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati pada wajah. Terlalu sering menggosok kulit wajah, serta terlalu banyak penggunaan skin care justru akan membuat produksi minyak pada wajah makin meningkat.

5. Jangan gampang stres

Ternyata stres juga jadi pemicu minyak berlebih pada wajah, lho. Saat stres, tubuh akan lebih banyak memproduksi hormon androgen. Hormon inilah yang akan membuat minyak pada wajah keluar lebih banyak. Jadi, selalu jaga pikiran tetap tenang dan jauh dari stres ya, Moeslemates!

Tak hanya dengan menjaga kebersihan wajah, menjaga menu makanan serta menjauhkan pikiran dari stres dapat membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah. Kulit bebas minyak berlebih, artinya jauh dari kulit mengkilap dan jerawat. Yeay, happy!

santi lisnawati santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS