4148
  2017-06-22       www.google.co.id

Amalan-amalan Sunnah di Hari Raya Idul Fitri

Idul Fitri sebentar lagi, sebentar lagi Lebaran. Biasanya saat Idul Fitri kita akan melaksanakan solat Ied ya moeslemates. Tapi apakah hanya solat ied saja ibadah spesial kita di hari raya? Yuk intip amalan-amalan sunnah yang bisa kalian lakukan saat lebaran.

Alin Rizkiana 124 views

Mempersiapkan Diri untuk Solat Ied

Bangunlah lebih pagi, persiapkan dirimu untuk solat Idul Fitri. Mandi lalu memakai pakaian rapi dan bersih. Sambil menunggu pelaksanaan solat, moeslemates bisa melakukan bersih-bersih rumah sebentar.

Makan dan Minum Sebelum Solat Ied

Makan dan minum secukupnya sebelum solat. Moeslemates bisa memakan kurma dalam jumlah ganji; dan air putih. Berbeda halnya saat Lebaran Haji, sebaliknya kita harus berpuasa dulu sampai solat Idul Adha selesai.

Jalan Kaki Menuju Masjid

Bila jarak masjid cukup jauh, moeslemates bisa berjalan kaki kesana. Anggap saja sebagai olahraga pagi yang menyehatkan. Namun moeslemates, kita harus berangkat lebih awal agar kebagian tempat ya. Selain sehat, berjalan kaki menuju masjid juga mendapatkan pahala.

Mengucapkan Kalimat Takbir

Mengucapkan takbir biasanya dimulai saat penentuan Hari Raya Idul Fitri telah ditentukan hingga Hari Raya Idul Fitri. Moeslemates juga bisa mengucap takbir saat berjalan menuju masjid.

Solat Ied Berjamaah

Wanita memang dianjurkan untuk solat dirumah untuk menghindari fitnah. Namun saat Hari Raya Idul fitri, kita disunnahkan untuk ikut solat berjamaah di masjid. Untuk muslimah biasanya solat diluar masjid sambil menggelar tikar beramai-ramai dilapangan.

Pulang dengan Arah yang Berbeda

Ketika selesai solat Ied biasanya kita langsung bersalaman dengan orang-orang yang ada disekitar kita. Nah saat pulang usahakan kita menggunakan jalur yang berbeda saat kita pergi solat tadi. Kita bisa lebih banyak bersilahturrahim dengan orang lain.

Alin Rizkiana
Alin Rizkiana
Love travelling, culinary, and cat
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Alin Rizkiana
Alin Rizkiana
Love travelling, culinary, and cat

no comments

Follow Moeslema on SNS