4138
  2017-06-22       cdn2.tstatic.net

6 Tips Memilih Daging Segar untuk Santapan Lebaran

Wah ga nyangka lebaran sebentar lagi datang menghampiri kita nih moeslemates. Kalau lebaran biasanya kita membuat sajian khas lebaran. Nah salah satunya adalah makanan berbahan dasar daging. Baik itu daging ayam atau daging sapi tetap harus diperhatikan kehalalan dan kesegarannya. Kita harus tetap smart dan bijak dalam memilih apa yang kita makan ya moeslemates. Simak tips berikut agar tetap bisa memasak masakan berbahan dasar daging yang enak, segar dan halal !

Alin Rizkiana 28 views

1. Warna

Warna adalah komponen penting dalam memilih daging yang segar. Karena dari warna kita bisa mengetahui tingkat kesegaran dari daging. Pilih daging yang berwarna merah segar ya moeslemates.

2. Bau

Bau juga merupakan komponen penting. Saat memilih kita bisa coba untuk menghirup aroma daging yang akan kita beli. Jika aroma daging mengeluarkan bau yang khas misalkan itu bau sapi maka daging tersebut masih segar. Jangan pilih daging yang baunya sudah tidak segar bahkan mulai berbau tidak sedap/busuk.

3. Tidak Berair

Pilihlah daging yang tidak berair. Airnya terlihat seperti darah segar. Sebenarnya itu adalah sari dari daging tersebut. Daging yang berair menjadi salah satu indikator daging sudah tidak segar lagi. Entah itu sudah terkena kuman karena sering dipegang pengunjung atau daging tersebut adalah daging gelonggongan. Carilah daging yang digantung saat dijual karena kita bisa melihat apakah daging tersebut banyak mengeluarkan sari daging atau tidak.

4. Tekstur

Tekstur daging biasanya kenyal. Kalau daging sudah tidak kenyal maka hampir bisa dipastikan daging tersebut sudah tidak segar. Sebelum membeli daging, tekan dulu daging yang akan kita beli ya moeslemates supaya kita tahu daging tersebut masih memiliki tekstur yang bagus.

5. Harga

Harga yang murah memang menjadi banyak incaran ibu-ibu yang berbelanja. Tapi kita juga harus waspada dengan harga tersebut. Bisa jadi harga tersebut untuk menarik pembeli agar daging yang tidak segar yang mereka jual habis dibeli oleh konsumen.

6. Kemasan

Bila moeslemates membeli daging dalam kemasan, perhatikan kemasannya. Cari kemasan yang telah memiliki sertifikat halalnya ya. Supaya kita yakin dengan daging yang kita pilih.


Itulah 6 tips yang bisa moeslemates terapkan untuk memilih daging yang segar. Like dan share bila artikel ini bermanfaat

Alin Rizkiana Alin Rizkiana
Love travelling, culinary, and cat
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Related Tags
Curator Introduction
Alin Rizkiana
Alin Rizkiana
Love travelling, culinary, and cat

no comments

Follow Moeslema on SNS