4119
  2017-07-04       www.alodokter.com

Kontrol Gula Darahmu Setelah lebaran

Diantara banyaknya jenis penyakit yang bermunculan setelah lebaran adalah diabetes. Yuk kontrol gula darahmu setelah lebaran di sini!

Official Moeslema Team 35 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Selamat hari raya idul fitri Moeslemates! Makanan apa aja sih yang jadi menu andalan Kamu saat lebaran kemarin? Ketupat sayur, rendang, gule, dan mungkin masih banyak lagi. Apapun itu, jangan sampai gula darahmu gak terkontrol yaa!

Gula darah adalah bahan bakar tubuh yang dibutuhkan untuk kerja otak, sistem saraf, dan jaringan tubuh yang lain. Gula darah yang terdapat di dalam tubuh dihasilkan oleh makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak.

Memasuki bulan syawal, banyak penyakit mulai bermunculan diantaranya diare, kolestrol tinggi, diabetes dan lain-lain. Penyebabnya tidak lain karena mengkonsumsi makanan yang tidak sehat atau konsumsi secara berlebihan. Moeslemates, moment lebaran memang jadi moment perayaan bagi seluruh umat muslim di dunia, perayaan ini juga diiringi dengan silaturahmi dan makan-makan. Tanpa kita sadari, kita mengkonsumsi terlalu banyak makanan hingga gula darah tidak terkontrol, akibatnya muncul penyakit diabetes atau tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Duuhh dari pada tambah parah. yuk mulai kontrol gula darah! Simak ulasan berikut ini yaa!

1. Konsumsi Buah-buahan yang Membantu Menurunkan Gula Darah

Langkah pertama yang bisa Kamu lakukan untuk mengontrol gula darahmu adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan. Ada beberapa buah-buahan yang dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah, diantaranya ceri, alpukat, cuka sari apel, buah kiwi, jeruk bali dan blueberry. Selain dari buah-buahan, ada beberapa makanan dan minuman lainnya yang mampu membantu menurunkan gula darah diantaranya, pare, bayam, kayu manis, bawang putih, ketan hitam, ginseng dan teh hijau. Jadi bagi Kamu yang memiliki riwayat diabetes, atau mendekati diabetes alangkah baiknya untuk mengontrolnya dengan bahan-bahan alami seperti yang disebutkan di atas.

2. Bijak dalam Memilih Makanan

Moeslemates, sebagai seseorang yang memiliki penyakit diabetes, atau memiliki riwayat keturunan diabetes, alangkah lebih baik agar mulai dari hari ini, mulai dari sekarang untuk lebih bijak dalam memilih makanan yang mengandung gula dan karbohidrat tinggi. Karena resiko penyakit diabetes sangat tinggi bagi orang Indonesia yang setiap hari doyan minum teh manis. Menjaga lebih baik daripada mengobati kan?! Terutama bagi Kamu yang sudah terkena penyakit diabetes, mengontrol makanan adalah hal yang penting.

Yuk mulai ganti gula mu dengan gula yang baik. Ada berbagai macam gula yang kini dapat menurunkan resiko diabetes, dan aman bagi Kamu yang sudah memiliki penyakit diabetes. Kamu bisa mendapatkannya di berbagai supermarket, atau toko-toko makanan lainnya. Kamu juga bisa cek di sini!

3. Memeriksa Makanan yang Aman Dikonsumsi

Moeslemates, bagi Kamu yang ingin mengontrol gula darah, mulai periksa makanan yang akan Kamu konsumsi. Hindari makanan yang mengandung gula dan karbohidrat tinggi. Kamu bisa mengganti nasi putih menjadi nasi merah yang lebih baik dan aman bagi Kamu yang ingin menurunkan gula darah, atau memiliki penyakit diabetes. Alternatif lainnya selain nasi merah, Kamu bisa mengkonsumsi ubi dan pasta dari biji-bijian utuh. Kamu bisa mengecek komposisi dari makanan yang hendak Kamu beli di supermarket, dan Kamu juga harus sudah tahu apa yang boleh dimakan dan mesti dihindari. Dengan memeriksa dan mengatur makanan yang dikonsumsi, gula darahmu akan lebih terkontrol dan terhindar dari penyakit diabetes.

4. Mulai Terapkan Pola Hidup Sehat

Mengontrol gula darah sama artinya dengan menerapkan pola hidup sehat. Setelah mengatur dengan bijak makanan yang bisa dikonsumsi, mulailah pola hidup sehat dengan rutin berolahraga. Usahakan untuk selalu berolahraga paling sedikit 2,5 jam perminggu. Jika tubuh sudah dipasok dengan makanan yang sehat, namun tidak dibantu dengan olahraga, maka usahamu untuk mengontrol gula darah belum optimal. Olahraga dapat membantu mengolah pasokan gula yang terdapat dalam tubuh, namun tetap harus dilakukan dengan tepat, karena jika berlebihan yang ada Kamu bisa kekurangan gula darah atau hipoglikemia.


Moeslemaetes, itu dia cara mengontrol gula darah setelah lebaran, yuk mulai kontrol gula darahmu! Jangan sampai menyesal di akhir, karena sehat itu sesungguhnya murah, namun jadi mahal ketika Kamu sakit. Karena itu yuk mulai hidup sehat dari sekarang! Semoga bermanfaat!

Official Moeslema Team Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS