4115
  2017-06-24       www.instagram.com

5 Macam Takdir Dalam Islam

Adakah dari kalian yang mengetahui bahwa takdir-takdir Allah ternyata banyak macamnya lho. Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Lidya O. 1,313 views

Assalamu'alaikum Moeslemates. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang macam-macam takdir. Eits, tunggu dulu. "Allah mengubah takdir sesuai dengan usaha hamba-Nya" betul 'kan? Ya, betul. Buat kamu yang masih ragu dengan pernyataan tadi, silakan kaji dan baca Al-Qur'annya lebih dalam. Karena sesungguhnya Allah masih memberikan ketetapan yang bisa diubah sesuai bagaimana kita bertindak dan apa-apa saja yang kita usahakan sebelumnya.

1. Takdir Azali

Allah telah menulis (menentukan) takdir seluruh makhluk sebelum menciptakan langit dan bumi 50.000 tahun.
Source: HR. Muslim

Yang pertama adalah Takdir Azali, yaitu ketetapan Allah sebelum penciptaan langit dan bumi selama kurun waktu 50.000 tahun lamanya. Di saat itu Allah memerintahkan pena untuk menulis segala sesuatu yang terjadi dan belum terjadi sampai pada Hari Kiamat.

2. Takdir Kitaabah

Yang kedua adalah Takdir Kitaabah, yaitu pencatatan perjanjian ketika manusia ditanya oleh Allah seperti ayat di bawah ini:

“Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): 'Bukankah Aku ini Tuhanmu?' Mereka menjawab: 'Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi.' (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengata-kan: 'Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan).' atau agar kamu tidak mengatakan: 'Sesungguhnya orang-orang tua kami telah mempersekutukan Tuhan sejak dahulu, sedang kami ini adalah anak-anak keturunan yang (datang) sesudah mereka. Maka apakah Engkau akan membinasakan kami karena perbuatan orang-orang yang sesat dahulu?'"
Source: QS. Al-A’raaf: 172-173

3. Takdir 'Umri

“Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (adapula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah.”
Source: QS. Al Hajj: 5

Yang ketiga adalah Takdir ‘Umri yaitu ketetapan Allah ketika penciptaan nutfah di dalam rahim. Sebelum kita ada di dunia ini, Allah telah menentukan mulai dari jenis kelamin kita, ajal kita, amal kita, susah dan senangnya kita, dan juga rezekinya.

4. Takdir Hauli

“Haa miim. Demi Kitab (Al-Qur’an) yang menjelaskan, sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutus rasul-rasul.”
Source: QS. Ad Dukhaan: 1-5

Yang keempat adalah Takdir Hauli yaitu ketetapan Allah yang terjadi dalam jangka waktu satu tahun yang dicatat pada malam Lailatul Qadr setiap tahunnya. Ahli tafsir menyebutkan bahwa pada malam tersebut dicatat dan ditulis semua peristiwa yang akan terjadi selama setahun. Baik itu berupa kebaikan, keburukan, ajal, rezeki dan lain-lainnya. Hal ini sebelumnya telah dicatat pada Lauh Mahfudz.

5. Takdir Yaumi

Source: santaisaja.net

Allah berfirman, “Semua yang ada di langit dan bumi selalu meminta kepada-Nya. Setiap waktu Dia dalam kesibukan.“
Source: QS. Ar-Rahmaan: 29
Ibnu Jarir meriwayatkan dari Munib bin Abdillah bin Munib Al Azdiy dari bapaknya berkata:

“Rasulullah membaca firman Allah 'Setiap waktu Dia dalam kesibukan', maka kami bertanya: 'Wahai Rasulullah apakah kesibukan yang dimaksud?' Rasulullah bersabda: 'Allah mengampuni dosa, menghilangkan kesusahan, dan meninggikan suara serta merendahkan suara yang lain.'"
Source: Hijab Alila

Yang terakhir adalah Takdir Yaumi yaitu penentuan terjadinya takdir pada waktu yang telah ditakdirkan sebelumnya. Takdir ini sebenarnya adalah rincian dari takdir hauli. Kemudian, takdir hauli adalah rincian dari takdir 'umri. Setelah itu, takdir 'umri merupakan rincian dari penciptaan pertama pada hari perjanjian yang terdapat di takdir azali.


Nah kira-kira seperti itu macam-macam takdir dalam Islam yang wajib kita pelajari bersama. Semoga bermanfaat untuk menambah ilmu kita dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya ya! Wassalamu'alaikum.

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Related Tags
Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS