411
  2016-08-05    

Festival Cisadane 2016, Indahnya Sungai Kita

Kata "Sungai" di Indonesia sudah tidak terdengar asing lagi di telinga kita. Dalam image orang Indonesai, sungai terkenal dengan air kecoklatan yang sudah tercemar dan gak ada gunanya. Namun, di kota yang satu ini sungai bisa membuat muda-mudi punya kreasi, lho.

Hima Kudo 14 views

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Hallo, Sobat Muslim. Apakah di antara kalian masih ada yang suka buang sampah sembarangan ke sungai? Kalau masih ada, tolong berubah, ya. Sungai bukanlah tempat sampah raksasa yang bisa menampung milyaran sampah, lho. Sungai harus dijaga kebersihan dan kelestariannya karena sungai dapat mendatangkan banyak manfaat untuk kehidupan kita, misalnya PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) dan mata pencaharian untuk sebagian sahabat muslim kita. Oleh karena itu, jangan lagi-lagi deh buang sampah ke sungai. Oke?

Sobat Muslim, tahu gak sih? Pada 30 Juli 2016, Kota Tangerang, Banten, telah menyulap sungai di kotanya menjadi ajang kreasi masyarakat. Yups, pemerintah Kota Tangerang menyulapnya menjadi Festival Cisadane. Cisadane adalah nama sungainya, sobat. Festival ini adalah bentuk dari himbauan kepada warga untuk menjaga kebersihan sungai Cisadane agar tidak tercemar dari berbagai jenis sampah dan limbah pabrik. Selain itu, festival ini juga sekaligus menjadi pesta rakyat untuk melestarikan akulturasi seni budaya lokal dan Tionghoa.

Festival ini diadakan hingga 6 Agustus 2016, dengan beberapa rangkaian acara unik dan menarik, seperti lomba perahu naga, kayak, tari kreasi tradisional, pentas komunitas Bujug Buneng, stand up comedy, barongsai, dan culinary night Pasar Lama. Namun, acara yang menarik perhatian turis untuk ikut berpartisipasi adalah lomba perahu naga. Lomba perahu naga ini diikuti oleh peserta domestik dan mancanegara. Selain itu, panggung untuk pertunjukkan ini berada di tengah-tengah sungai alias panggung mengapung, lho. Panggung mengapung ini di buat agar seluruh masyarakat yang melintasi jalan, mengelilingi Cisadane, dapat melihatnya dari berbagai sisi.

Lalu, biasanya setelah acara banyak sampah berserakan, lho. Oh, tentu saja ini tidak dibiarkan terjadi karena di setiap lima langkah sudah disediakan tempat sampah dan selalu ada petugas kebersihan yang memantau sepanjang tempat acara. Jika Sobat Muslim ingin menikmati acara ini, tidak perlu khawatir tentang tiket masuk ke acara ini. Acara ini GRATIS, lho. Yuk, sama-sama kita jaga dan lestarikan sungai-sungai yang ada di seluruh Indonesia. Jangan hanya pas ada acara saja sungai kita menjadi bersih, tapi harus setiap saat. Kebersihan itu sebagian dari iman, lho.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Source: anshora.com

Panggung Mengapung

Source: rimanews.com

Lomba Perahu Naga

Hima Kudo
Hima Kudo
ヒマと申します。日本語学科の学生です。旅行と名探偵コナンが大好き。
Like our facebook page if you like this article!
Category: NEWS&EVENT


Curator Introduction
Hima Kudo
Hima Kudo
ヒマと申します。日本語学科の学生です。旅行と名探偵コナンが大好き。

no comments

Follow Moeslema on SNS