4107
  2017-06-16       www.instagram.com

3 Pendapat Tentang Diturunkannya Al-Qur'an

Hayo ada yang tahu tidak bagaimana Al-Qur'an diturunkan? Apakah berangsur-angsur atau secara sekaligus di bulan Ramadhan?

Lidya O. 510 views

Assalamu'alaikum Moeslemates. Bagaimana puasanya hari ini? Semoga dilancarkan Allah ya. Nah, berhubung sudah mulai masuk malam-malam terakhir Ramadhan, yuk simak 3 pendapat tentang bagaimana diturunkannya Al-Qur'an. Pasti masih banyak di antara kita yang belum benar-benar paham tentang proses Al-Qur'an diturunkan, ya? Untuk itu, simak yuk penjelasannya di bawah ini.

1. Diturunkan Secara Sekaligus Di Malam Lailatul Qadr

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an.”
Source: QS. Al-Baqarah: 185
"Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan.”
Source: QS. Al-Qadr: 1
“Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam yang diberkahi.”
Source: QS. Ad-Dukhon: 3

Semua ayat-ayat di atas menjelaskan bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan diturunkannya Al-Qur'an pertama kali yaitu tepatnya di malam Lailatul Qadr.

Diriwayatkan oleh Asy-Sya'bi, mereka mengatakan bahwa yang dimaksud dengan turunnya Al-Qur’an adalah permulaan turunnya Al-Qur’an kepada Rasulullah SAW. Kemudian, permulaan turunnya Al-Qur’an itu di mulai pada malam Lailatul Qadr di bulan Ramadhan, yang merupakan malam yang diberkahi. (Eramuslim).

2. Diturunkan Secara Berangsur-angsur

Pendapat yang kedua mengatakan bahwa Al-Qur’an diturunkan secara berangsur-angsur pada bulan ramadhan selama 23 tahun; 13 tahun di Mekah dan 10 tahun di Madinah. Kemudian, ayat yang menjelaskan tentang turunnya Al-Qur'an secara berangsuran seperti firman Allah di bawah ini:

"Dan Al-Qur’an itu telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan Kami menurunkannya bagian demi bagian."
Source: QS. Al-Isra: 106

3. Diturunkan Sekaligus Di Malam Lailatul Qadr Kemudian Diturunkan Berangsur Pada Nabi

Ibn Abas r.a. berkata, "Al-Qur’an diturunkan pada malam Lailatul Qadr, pada bulan Ramahan ke langit dunia sekaligus; lalu ia diturunkan secara berangsur-angsur."

Moeslemates tentu masih ingat bukan ayat pertama yang diturunkan? Ya, betul sekali ayat tersebut dimulai dengan "Iqra!" dan ini berdasarkan pendapat yang kuat dari para ulama dan masuk dalam riwayat yang dikeluarkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim dalam kitab Shahih keduanya dari Aisyah radhiyallahu 'anha istri Rasulullah SAW.

Source: muslim.or.id

Dilansir dari Hijab Alila bahwa pendapat yang terakhir inilah yang dipegang oleh Jumhur Ulama yang merupakan pendapat paling kuat, yaitu Al-Qur'an diturunkan sekaligus ke dunia pada malam Lailatul Qadr kemudian diturunkan secara berangsur-angsur sepanjang kehidupan Rasulullah SAW setelah beliau diangkat menjadi Nabi di Mekah hingga berhijrah ke Madinah sampai beliau wafat.

Didasari dari suatu riwayat yang dikeluarkan oleh Imam Hakim dalam Al-Mustadrak dengan sanad yang shahih, dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma, beliau mengatakan bahwa Al-Qur'an turun sekaligus ke langit dunia pada malam Lailatul Qadr kemudian diturunkan berangsuran selama 20 tahun, kemudian ia membaca Surah Al-Furqan ayat 33:

"Tidaklah orang-orang kafir itu datang kepadamu (membawa) sesuatu yang ganjil, melainkan datangkan kepadamu suatu yang benar dan yang paling baik."


Source: www.bintang.com

Untuk mengkaji suatu hadist maupun hal-hal yang memiliki banyak pendapat yang berbeda wajib dicaritahu terlebih dahulu. Maka dari itu, kita harus berhati-hati dalam menyampaikan informasi tentang agama. Pastikan sumbernya shahih dan dapat dipercaya. Jika dirasa ragu, sebaiknya tinggalkan. Dan tentunya, jika kita membahas bagaimana proses permulaan diturunkannya Al-Qur'an yang juga banyak diriwayatkan oleh para ulama yang berbeda-beda, kita wajib menuntut ilmunya kepada murabbi atau orang-orang yang lebih dulu paham di bidangnya. Semakin dalam kita mempelajari agama, akan banyak hal-hal menarik yang kita temukan lho Moeslemates. Dan sebagai penutup, saya akan memberikan simpulan berupa faedah-faedah yang bisa dipetik dari penjelasan ketiga pendapat di atas.

1. Al-Quran diturunkan pada malam Lailatul Qadr.
2. Lailatul Qadr terjadi pada sepuluh malam terakhir yang ganjil di bulan Ramadhan.
3. Rasulullah SAW menghidupkan malam Lailatul Qadr dengan banyak beribadah malam, qiyamul lail dan memperbanyak doa.
4. Untuk mendapatkan malam Lailatul Qadr, perbanyaklah mendekatkan diri dengan Allah di malam-malam terakhir Ramadhan karena waktu tersebut adalah waktu yang paling mulia untuk mencari keberkahan.

Wallahu'alam bisshawab.

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS