4101
  2017-06-16       www.instagram.com

3 Cara Mendapatkan Lailatul Qadar

Ada yang special nih menjelang akhir Ramadhan yakni lailatul qadar. Lailatul qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Yuk simak 3 cara mendapatkan lailatul qadar!

Official Moeslema Team 121 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Sudah masuk di hari terakhir Ramadhan nih. Moeslemates, apa saja yang sudah dilakukan di bulan Ramadhan ini? Jangan sampai bulan Ramadhan yang semestinya jadi bulan ibadah ini tidak kita manfaatkan sebagai moment beribadah yang lebih baik dan lebih banyak dari bulan-bulan yang lain yaaa! Yang special di bulan Ramadhan adalah terdapatnya malam lailatul qadar. Apa sih malam lailatul qadar itu? Kata Lailatul Qadar sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya malam kemuliaan. Moeslemates, ingin mendapatkan malam lailatul qadar? Yuk simak ulasan berikut ini!

Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam kemulian. Dan tahukan kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. (QS. Al-Qadr: 1-5)

Cara Menjemput Lailatul Qadar

1. Teguhkan Niat

Moeslemates, untuk mendapatkan lailatul qadar, hal pertama yang mesti Kamu lakukan adalah mengukuhkan niat. Niat di sini adalah niat semata-mata hanya karena Allah SWT, dan niat sungguh-sungguh untuk mendapatkan lailatul qadar. Alangkah lebih baik bila segala sesuatu dimulai dengan niat dan keimanan yang kuat. Karena tanpa niat dan keimanan yang kuat, kita tidak akan benar-benar mau dan mampu mengejar lailatul qadar.

2. Perbanyak Ibadah

Moeslemates, tentu saja untuk mendapatkan lailatul qadar, kita mesti lebih banyak melakukan ibadah. Yuk hidupkan malammu dengan melakukan berbagai ibadah. Ibadah yang bisa Kamu lakukan adalah shalat sunnah, tadarus dan berdzikir. Selain mendapatkan pahala yang berlimpah di bulan Ramadhan, peluang untuk mendapatkan lailatul qadar pun menjadi lebih banyak. Untuk menjemput lailatul qadar juga bisa dengan beri'tikaf yaa, i'tikaf tidak hanya untuk laki-laki saja kok, sekarang banyak Mesjid yang menyediakan tempat i'tikaf untuk perempuan juga loh.

Barang siapa melaksanakan ibadah pada malam Lailatul Qadar dengan didasari keimanan dan harapan untuk mendapatkan keridhaan Allah, maka dosa-dosanya yang lalu akan diampuni. (HR Bukhari Muslim).

3. Berdo'a

Meraih lailatul qadar tidak hanya dengan melakukan ibadah, melainkan diiringi do'a. Moeslemates, jangan lupa iringi d0'a di sepertiga malammu ya. Sesungguhnya Allah SWT Maha Mengetahui, Kamu bisa berdo'a apa saja, dengan bahasa apa saja, karena Ia Maha Mendengar, namun alangkah lebih baik jika do'a yang Kamu panjatkan adalah do'a yang disunnahkan oleh Rasulullah.

"Wahai Rasulullah,” tanya Aisyah, “Bagaimana menurutmu andai aku mendapatkan Lailatul Qadar? Doa apa saja yang harus aku baca?” Beliau bersabda, “Ucapkanlah, Ya Allah! Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, Maha Mulia, dan Engkau menyukai ampunan. Maka ampunilah aku,” (HR Tirmidzi).

Moeslemates, itu dia 3 cara mendapatkan lailatul qadar yang bisa Kamu amalkan. Memang tidak ada keterangan pasti mengenai kapan sebenarnya lailatul qadar itu, namun sebagaimana kita ketahui, bahwa lailatul qadar itu terdapat pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, di tanggal-tanggal ganjil, dan waktunya ialah pada malam hari sampai terbit fajar. Moeslemates, semoga kita bisa mendapatkan lailatul qadar yaaa! Yuk perbanyak ibadah! Selamat menunaikan ibadah puasa, semangat berlomba-lomba dalam kebaikan ^^

Official Moeslema Team Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS