410
  2016-08-05    

Mejelajahi Taman Tematik di Bandung

sebuah inovasi yang membanggakan

Deane Lene 98 views

Assalamualaikum Moeslemates…

Kali ini saya masih berada di sekitar wilayah Bandung. Banyak tempat di Bandung yang bisa saya kunjungi selain udara yang masih sejuk, transportasi dari satu tempat ketempat lainnya juga tidak sulit. Hal tersebut yang membuat saya senang untuk menjelajahi sudut-sudut kota bandung.
Seperti yang kalian ketahui juga bahwa saat ini, kota Bandung secara terus menerus melakukan renovasi beberapa fasilitas umum. Salah satunya adalah taman. Kota bandung memiliki 36 taman yang dulunya tidak dikelola dengan baik tapi sekarang sudah lebih dari 23 taman kota yang di renovasi menjadi taman tematik. Taman musik, taman film, taman superhero, taman jomblo, taman binatang piaraan dan masih banyak lagi taman tematik di Kota Bandung yang disesuaikan dengan fungsi dan kegiatannya.
Tak dapat dipungkiri bahwa hadirnya taman tematik ini menjadi magnet baru. Tidak hanya warga setempat, tetapi para wisatawan lokal maupun asing juga tertarik untuk mendatangi taman-taman tersebut. salah satu tempat yang tidak pernah sepi pengunjung adalah taman alun-alun Kota Bandung yang kini menjadi tujuan favorit dan tidak pernah sepi pengunjung, sepanjang hari, sepanjang pekan.

Alun-Alun Kota Bandung

Ditaman ini, biasanya hal yang pertamakali dilakukan oleh para pengunjung adalah berfoto ria, baik selfie maupun groupie. Selain itu, berbagai aktivitas dilakukan, mulai dari duduk-duduk (dihamparan rumput sintetis ataupun bangku-bangku taman), makan bersama, bahkan bermain bola. Jangan kahawatir bagi kalian yang membawa anak-anak, taman ini menyediakan arena bermain bagi anak-anak di sayap utara taman.
Merasa bosan dengan taman? Kalian pun bisa berkunjung ke Museum Konfrensi Asia Afrika, menyusuri (dan berfoto) di sepanjang jalan Asia Afrika, atau berbelanja di sejumlah pusat perbelanjaa yang tidak jauh dari taman tersebut.

Taman Jomblo

Taman jomblo adalah salah satu tempat yang juga ramai pengunjung. Berlokasi di bawah jalan layang Pasupati ini sesungguhnya memiliki nama resmi, yakni taman Pasupati. Akan tetapi, semenjak selesai direnovasi masyarakat Bandung lebih senang menyebutnya dengan taman jomblo. Hal itu disebabkan karena bangku-bangku taman yang disediakan berukuran kecil dan hanya muat untuk satu orang saja. Disamping itu, disediakan juga tempat untuk bermain skateboard yang digadang-gadang bertaraf Internasional.

Taman Film

Tidak jauh dari taman jomblo terdapat pula taman film. Sebagaimana namannya, taman itu merupakan bioskop terbuka. Di sana terdapat layar berukuran sangat besar serta lantai yang berundak dan hamparan rumput sintetis sebagai tempat duduk penonton. Acara nonton bareng sudah sering digelar ditempat itu dan pengunjungnya selalu membeludak.

Taman Music Centrum

Jika kalian menggemari musik, anda perlu mengunjungi taman musik centrum. Terletak di jalan Belitung, tepat di samping SMA Negeri 3 Bandung. Semula taman ini digunakan oleh para siswa SMA untuk berolah raga. Namun beberapa waktu belakangan ini, taman tersebut dijadikan tempat anak-anak untuk menyalurkan hobi bermusik. Siapa pun diberikan hak untuk tampil disana. Diteduhi oleh pepohonan rindang, taman itu juga dilengkapi dengan fasilitas seperti wifi gratis, tempat charge handphone dan lampu penerangan. Semua itu dimaksudkan untuk membuat pengunjung betah berlama-lama disana.

Teras Cikapundung

Source: cdn.tmpo.co

Ruang terbuka yang saat ini sedang happening adalah teras Cikapundung yang terletak di jalan Babakan Siliwangi, tidak jauh dari Sasana Budaya Ghanesa (SABUGA). Mengusung konsep urban dan ekologi itu dibangun di tepi aliran sungai Cikapundung. Sejak resmi dibuka untuk umum pada awal tahun 2016, tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

masih banyak lagi taman-taman di sekitaran Bandung yang wajib kalian datangi. selain tempatnya bagus dan tidak membutuhkan biaya besar, taman-taman ini juga bisa menjadi salah satu tempat penyalur hobi para moeslemates semua sekaligus alternatif bagi kalian yang ingin berlibur atau sekedar mengisi waktu luang.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: TRAVEL


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS