4096
  2017-06-16       id.pinterest.com

Hal-Hal yang Membuat Seorang Muslim Wajib Mandi Besar

Mandi besar atau mandi wajib merupakan suatu mandi yang wajib dilaksanakan agar ibadah kamu bisa sah di mata Allah.

Syanin Ss 129 views

Assalamu Alaikum Moeslemates,

Mandi besar atau biasa disebut mandi junub, merupakan mandi yang dilakukan untuk mensucikan diri dari hadats besar. Inilah hal-hal yang membuat kamu wajib mandi junub menurut ringkasan fiqih praktis bagi wanita keluaran Syaamil Qur'an.

Hal yang Membuat Seorang Muslim Wajib Mandi Besar #1 : Selesai Haid dan Nifas

Selama masa haid ataupun nifas, maka tubuh kamu akan mengeluarkan darah kotor. Darah kotor inilah yang membuat para wanita dilarang melakukan solat ataupun beribadah karena dianggap tidak suci. Setelah darah haid atau pun nifas sudah bersih dan berhenti keluar, maka kamu wajib mandi junub dan mulai melakukan shalat dan ibadah-ibadah lainnya.

Dalil tentang haid :

Al-Baqarah ayat 222

وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ ۖ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ ۖ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىٰ يَطْهُرْنَ ۖ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

Artinya : Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: "Haidh itu adalah suatu kotoran". Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.

Hal yang Membuat Seorang Muslim Wajib Mandi Besar #2: Keluarnya Air Mani

Ciri-ciri air mani: [1] baunya khas seperti bau adonan roti ketika basah dan seperti bau telur ketika kering, [2] keluarnya memancar, [3] keluarnya terasa nikmat dan mengakibatkan futur (lemas).
Source: www.muslim.or.id

Dalil bahwa keluarnya air mani diwajibkan mandi junub:

وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا

Artinya: "Dan jika kamu junub maka mandilah.” (QS. Al Maidah: 6)



يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَى حَتَّى تَعْلَمُوا مَا تَقُولُونَ وَلَا جُنُبًا إِلَّا عَابِرِي سَبِيلٍ حَتَّى تَغْتَسِلُوا

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri mesjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi.” (QS. An Nisa’: 43)

Hal yang Membuat Seorang Muslim Wajib Mandi Besar #3: Meninggal

Dalil seorang Muslim yang telah meninggal wajib dimandikan:

عن ابن عباس رضى الله عنه, أن النبى صلى الله عليه وسلم قال : في الذي سقط عن راحلته فمات اغسلوه بماء وسدر {رواه البخاري ومسلم}
Artinya : Dari Ibn Abbas, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda tentang orang yang jatuh dari kendaraannya lalu mati, “ mandikanlah ia dengan air dan daun bidara” ( HR Bukhari 1186 dan Muslim 2092 )

Meskipun hal ini ditujukan bagi muslim yang masih hidup tetapi hukumnya memadikan seorang muslim yang sudah meninggal merupakan wajib khifayah, kecuali orang tersebut meninggal dalam keadaan syahid. Sedangkan untuk bayi yang meninggal, jika bayi tersebut belum ada rohnya maka tidak wajib dimandikan, tetapi jika sudah terdapat roh maka wajib dimandikan.

Hal yang Membuat Seorang Muslim Wajib Mandi Besar #4: Mualaf

Qais ibnu ‘Ashim menuturkan:

أتيت النبي صلى الله عليه وسلم أريد الإسلام فأمرني أن أغتسل بماء وسدر

“Aku mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Aku ingin masuk Islam. Lantas beliau memerintahkan aku mandi dengan air dan bidara".

Dari dalil diatas dapat disimpulkan bahwa seorang mualaf diwajibkan untuk mandi wajib untuk mensucikan diri.

Nah Moeslemates, itu tadi 4 hal yang membuat setiap muslim wajib mandi. Semoga menambah ilmu yah!

Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤

no comments

Follow Moeslema on SNS