4095
  2017-06-19       id.pinterest.com

5 Amalan Ramadhan yang Bisa Kamu Terapkan Saat Sedang Haid

Sedang haid tapi tetap ingin mendapatkan pahala? Ikuti saja amalan-amalan Ramadhan berikut ini.

Syanin_ 23 views

Assalamu Alaikum Moeslemates,

Sebagai wanita, mungkin banyak Moeslemates yang sedih tidak bisa melaksanakan amalan Ramadhan sebulan penuh karena mendapatkan kewajiban lainnya. Tapi tidak usah sedih Moeslemates, kamu tetap bisa kok melakukan amalan dengan cara berikut ini.

Amalan #1: Membaca Al-Qur'an

Meskipun masih menjadi perdebatan dikalangan ulama apakah membaca Al-Quran merupakan suatu hal yang dilarang atau diperbolehkan, Moeslemates tetap bisa mengikuti mazhab yang masing-masing dianut oleh tiap pribadi. Jika kamu penganut mazhab yang memperbolehkan membaca al-qur'an maka ini adalah waktunya membaca al-quran sesering mungkin. Tetapi jika Moeslemates merupakan penganut mazhab yang tidak memperbolehkan membaca al-qur'an, maka ini adalah waktunya bermurotal dan mengulang-ngulang hafalan kamu.

Amalan #2: Mencuci Mukena di Masjid

Jika uang kamu tidak mencukupi untuk membeli mukena baru bagi masjid, tidak usah berkecil hati. Kamu bisa kok tetap mendapatkan pahala dengan mencucikan mukena-mukena yang disediakan di masjid. Cukup minta izin dengan pengurus masjid, lalu mencucikan mukena-mukena tersebut. Dengan begitu kamu tetap bisa ikut menjaga dan membersihkan masjid meskipun hanya dengan satu langkah kecil seperti mencucikan mukena masjid.

Dalil tentang keutamaan menjaga dan membersihkan masjid.

Amalan #3: Menyiapkan Makanan Sahur dan Berbuka

أَحَبُّ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ مَسَاجِدُهَا، وَأَبْغَضُ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ أَسْوَاقُهَا

Artinya : “Tempat yang paling dicintai oleh Allah adalah masjid, dan tempat yang paling dibenci Allah adalah pasar” (HR. Muslim)
Source: muslim.or.id


Pernah dengan hadits tentang betapa besarnya pahala orang yang menyiapkan makanan bagi orang yang berpuasa?

Janji pahala yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebutkan saat memberi makanan orang berbuka puasa:

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”

Nah, dengan menyiapkan makanan sahur ataupun berbuka maka kamu tetap akan mendapatkan pahala sebanyak orang yang berpuasa, lho!

Amalan #4: Berdzikir


Kalau berdzikir, bisa dilakukan dimana saja dan kapan pun kok Moeslemates. Jangan biarkan pikiranmu kosong, atau sekadar memikirkan hal-hal negatif dan tidak baik. Kamu bisa menghilangkan hal-hal negatif tersebut dengan terus mengingat Allah.

Dalil tentang beribadah di saat puasa:

Al-Ahzab:35

إِنَّ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْقَانِتِينَ وَالْقَانِتَاتِ وَالصَّادِقِينَ وَالصَّادِقَاتِ وَالصَّابِرِينَ وَالصَّابِرَاتِ وَالْخَاشِعِينَ وَالْخَاشِعَاتِ وَالْمُتَصَدِّقِينَ وَالْمُتَصَدِّقَاتِ وَالصَّائِمِينَ وَالصَّائِمَاتِ وَالْحَافِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَالْحَافِظَاتِ وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

Artinya :Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu', laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.


Nah Moeslemates, itu tadi 4 amalan yang bisa kamu lakukan meskipun tengah berhalangan. Semoga bermanfaat yah!

Syanin_ Syanin_
Neverland❤
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


no comments

Follow Moeslema on SNS