4086
  2017-06-21       images.shape.mdpcdn.com

4 Cara Ampuh Mencegah Dehidrasi Selama Berpuasa

Bila bibir kalian kering, itu adalah salah satu tanda bahwa tubuh mengalami dehidrasi. Cegah dehidrasi saat berpuasa dengan empat cara ini yuk Moeslemates.

Deane Lene 41 views

Saat berpuasa, asupan air dalam tubuh akan berkurang. Selama kurang lebih 14 jam kita berpuasa, asupan air tentunya akan di hentikan terlebih kalian yang memiliki kesibukan padat setiap harinya tentunya akan lebih cepat terkena dehidrasi apabila tidak memperhatikan asupan air dalam tubuh selama waktu berbuka hingga sahur.

Berikut ini terdapat empat tips yang bisa kalian coba untuk mencegah kemungkinan terjadinya dehidrasi saat berpuasa.

1. Air mineral

Ini adalah asupan utama bagi kalian semua. Mengkonsumsi air mineral wajib hukumnya karena 80% tubuh membutuhkan air sebagai sumber utama bahan bakar untuk menjaga kestabilan fungsi dalam tubuh. Jika para pakar terdahulu memiliki batasan minimal dalam mengkonsumsi air mineral, dewasa ini para pakar kesehatan telah memahami bahwa kebutuhan mengkonsumsi air mineral setiap individu berbeda-beda sehingga para pakar kesehatan hanya menganjurkan jangan sampai melewatkan mengkonsumsi air mineral setiap harinya.

Saat berpuasa, kalian hanya memiliki waktu dari saat berbuka puasa hingga sahur untuk mengkonsumsi air mineral sebanyak mungkin dan tentunya sesuai dengan kebutuhan kalian. Pada dasarnya mengkonsumsi air mineral itu mengenyangkan sehingga kalian harus membaginya dalam beberapa tahapan agar menjaga kestabilan asupan nutrisi dalam tubuh.

Makan makanan manis saat berbuka tentunya akan mengurangi keingian kalian untuk mengkonsumsi air mineral sehingga disarankan sesaat setelah berbuka, ada baiknya kalian mengkonsumsi satu atau dua gelas air mineral sebelum mengkonsumsi makanan lainnya. Setelah itu kalian bisa megkonsumsi air mineral seperti biasa, saat kalian membutuhkannya ataupun saat kalian merasa haus. Perlu kalian perhatikan, pada saat sahur adalah batas kalian bisa mengkonsumsi segala hal termasuk air mineral sebelum berpuasa. Jadi, ada baiknya dipenghujung waktu saat sahur kalian mengkonsumsi air mineral lebih banyak dan jangan lupa saat kalian bangun tidur juga harus mengkonsumsi air mineral.

Adapula minuman yang harus kalian hidari saat selama berpuasa, yaitu minuman yang mengandung kafein sebab kandungan kafein akan menyerap lebih banyak air yang terkandung dalam tubuh sehingga secara tidak langsung kalian merasakan dehidrasi dipertengahan waktu saat berpuasa. Mengkonsumsi kafein tentunya menjadi awal yang sangat buruk selama berpuasa.

2. Sayur yang direbus

Sayur-sayuran memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan loh Moeslemates. Meskipun sebagian besar diantara kalian menganggap sayur adalah makanan yang tidak enak tetapi ketahuilah bahwa sayur berperan cukup penting dalam mencegah dehidrasi.

Sayur-sayuran yang dimasak dengan cara direbus lebih baik dibandingan sayur-sayuran yang ditumis hal ini disebabkan sayur-sayuran yang dimasak dengan cara ditumis telah terkontaminasi dengan minyak sehingga hal ini akan memicu timbulnya dehidrasi.

Memasak sayur secara direbus tentunya mengoptimalkan kandungan zat dan vitamin dalam sayuran itu sendiri. Sebaiknya masak dengan takaran dan waktu yang tepat karena jika kalian memasaknya terlalu matang maka hilang sudah kandungan zat dan vitamin yang baik untuk tubuh kita.

Disarankan untuk menghindari penggunaan santan dalam mengolah sayuran. Meskipun santan tersebut berakhir menjadi kuah sayur, tetap saja kuah yang mengandung santan akan memicu rasa haus karena santan itu sendiri memiliki rasa gurih dan rasa gurih itu yang memicu kekeringan dalam rongga mulut sehingga secara tidak langsung kalian akan mengalami dehidrasi ringan.

3. Buah-buahan

Source: www.playcast.ru

Tidak hanya saat berpuasa saja kalian disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan. Para pakar kesehatan menganjurkan kalian untuk mengkonsumsi buah-buahan rutin setiap harinya. Kandungan zat aktif dan vitamin dalam buah baik untuk kesehatan dan tentunya juga memberikan dampak pada kecantikan kulit loh Moeslemates.

Setiap buah memiliki kandungan air yang beragam. Kandungan air yang terdapat dalam buah ternyata terbukti ampuh untuk mengindari dehidrasi saat tubuh kekurangan asupan air mineral. Meskipun hanya buah, jangan sepelekan khasiatnya ya Moeslemates. Buah akan bertahan cukup lama dalam menyeimbangkan kebutuhan air pada tubuh sebab buah akan melalui proses ekstrasi dalam tubuh. Proses ekstrasi tersebut tentunya akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan sejalan dengan proses ekstrasi tersebut, buah-buahan yang kalian konsumsi akan menyeimbangkan segala kebutuhan dalam tubuh.
Jadi, jangan lewatkan mengkonsumsi buah-buahan saat sahur maupun berbuka puasa ya Moeslemates.

4. Susu

Berdasarkan jurnal kesehatan, mengungkapkan bahwa zat yang terkandung dalam susu sangat ampuh untuk mencegah dehidrasi. Hal ini disebabkan oleh kandungan protein, karbohidrat, kalsium dan elektrolit dan zat kompleks lainnya yang sangat membantu menjaga keseimbangan kebutuhan air dalam tubuh selama waktu berpuasa. Dengan kata lain, kalian terhindari dari dehidrasi selama berpuasa meskipun kalian dalam kesibukan padat sekalipun. Jadi, jangan lewatkan minum susu saat sahur ya Moeslemates.

Nah itu dia empat tips yang bisa mencegah dehidrasi saat berpuasa. Semoga puasa kalian lancar hingga hari kemenangan tiba ya Moeslemates.

Selamat mencoba dan selamat berpuasa....

Deane Lene Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS