408
  2016-08-05    

Curug Malela, Niagara mungil di Selatan Bandung

Inilah Curug Malela, Surga yang tersembunyi di Selatan Kota Bandung.

Deane Lene 89 views

Assalamualaikum moeslemates.

Beberapa hari lalu saya melakukan perjalanan ke kota Parahyangan, Bandung. Selama saya di Bandung, saya mengunjungi beberapa tempat wisata baik alam, pusat perbelanjaan maupun taman-taman di sekitar wilayah Bandung. Salah satu tempat yang saya kunjugi adalah Curug Malela.
Surga yang tersembunyi di selatan kota bandung. Banyak orang bilang, air terjun tersebut sebagai miniatur Niagara di Ontario, Kanada. Hanya ukuran dan debit air yang menjadi perbedaan diantara kedua air terjun tersebut.
Curug malela yang terletak di desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat sebenarnya terdiri atas 7 air terjun, dengan ketinggian mencapai 60-70 meter. Jika debit air yang berasal dari Gunung Kendeng sedang tinggi, pesona maksimal akan kalian rasakan salah pesona yang ditawarkan adalah adanya pelangi di air terjun tersebut.
Hingga kini Curug Malela memang belum begitu terkenal seperti Curug yang lainnya di kalangan para pelancong baik lokal maupun mancanegara. Hal tersebut dikarenakan wilayah bagian Bandung Barat masih sulit untuk di jangkau dikarenakan kondisi jalan menuju air terjun tersebut rusak dan dari segi keamanannya kurang mendukung sehingga objek wisata ini tidak disarankan untuk wisata keluarga. Namun bagi kalian yang senang dengan tantangan, Curug Malela wajib kalian kunjungi.

Perjalanan Menuju Lokasi

Secara umum, perjalanan menuju Curug Malela dimulai dari Kota Bandung meski bisa juga ditempuh dari arah cianjur (Kecamatan Campakamekar). Tersedia angkutan umum dari berbagai tempat di Kota Bandung dan semua berakhir di Desa Bunijaya, Kecamatan Gununghalu.
Dari terminal Ciroyom (Kota Bandung), terdapat bus kecil jurusan Bunijaya dengan waktu tempuh 3-4 jam.
Jika menggunakan angkutan kota, kalian harus menumpang agkot jurusan Cililin, dilanjutkan dengan angkot Cililin-Gununghalu, lalu menunggu bus kearah Bunijaya.
Jika berkendaraan pribadi, kalian tinggal melintasi jalur Batujajar atau Soreang, Cihampelas, Cililin, Sindangkerta, Gununghalu, dan Bunijaya.
Dari bunijaya, kalian bisa menggunakan jasa ojek menuju desa Cicadas. Selanjutnya, kalian harus menuju Curug Malela dengan berjalan kaki sejauh 3-4 kilometer. Kalian belum tau lokasinya juga? Jangan khawatir, warga setempat siap memandu kalian menuju lokasinya.

Inilah salah satu alasan mengapa Curug Malela belum menjadi salah satu objek wisata keluarga. kondisi jalan yang rusak juga membuat para wisatawan harus melakukan usaha perjalan ekstra untuk sampai ke Curug Malela. Jangan sampai salah membawa tipe kendaraan pribadi jika ingin berwisata kesini.

jika kalian sudah menemukan jalan setapak seperti ini itu artinya kalian sudah hampir mendekati Curug Niagara mini ini.

Tips Selama Perjalanan Menuju Curug Malela

o Bawalah pakaian ganti.
o Bawalah perbekalan (terutama air minum) secukupnya karena di Desa Cicadas, anda tidak akan
menemukan warung nasi.
o Gunakan alas kaki yang nyaman dan tertutup untuk menghindari lecet terkena tanaman berduri.
o Gunakan pakaian yang menyerap keringat dan (bila perlu) lengan panjang.
o Mintalah tukang ojek untuk menunggu anda selama berwisata ke Curug Malela.
o Tidak disarankan menggunakan mobil jenis sedan dan pastikan bahan bakar kendaraan anda cukup untuk
melakukan perjalanan.
o Bawalah perbekalan obat-obatan.

Deane Lene Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: TRAVEL


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS