4063
  2017-06-26       www.instagram.com

Kisah Kecerdasan Otak Abu Hurairah

Kepintaran Abu Hurairah menjadi gudang perbendaharaan pada masa wahyu Rasulullah. Simak yuk kisah lengkapnya!

Lidya O. 137 views

Assalamu'alaikum Moeslemates. Kira-kira ada yang tahu tidak siapa sahabat Rasulullah yang daya ingatnya luar biasa hingga ke manapun Rasulullah pergi, ia mampu menghafal dan mengingat apa yang beliau katakan sebagai periwayat?

Ingatan Abu Hurairah

Abu Hurairah adalah salah satu sahabat yang senang sekali berada di dekat Rasulullah. Jangan tanya bagaimana kecerdasan otaknya. Dengan kemampuan daya ingatannya yang sangat tajam, beliau pernah diuji oleh beberapa orang terkait ketajaman ingatannya akan hadist-hadist lho.

Suatu hari ada seseorang yang mendatangi Abu Hurairah dan mengaku ingin belajar hadist-hadist Rasulullah. Beliau pun menyampaikan beberapa hadist dan orang tersebut mencatat semua yang dikatakan beliau. Hingga sampailah pada beberapa tahun kemudian, orang itu datang kembali ke Abu Hurairah dan menanyakan pertanyaan yang sama seperti yang dicatat waktu itu. Hasilnya, apa yang disampaikan beliau sama persis dengan catatan orang tersebut. Sejak saat itulah, Abu Hurairah dikenal memiliki kemampuan mengingat yang luar biasa.

Setelah Rasulullah wafat, beliau terus-menerus menyampaikan hadist Rasulullah. Bahkan sampai sebagian sahabat terheran-heran dari mana datangnya hadist-hadist tersebut dan kapan didengarnya, bagaimana beliau mengendapnya dan bagaimana beliau menghafalkannya? Allah telah menciptakan otak Abu Hurairah sedemikian hebat. Dan dari situlah beliau mendapatkan gelar otak perbendaharaan pada masa wahyu karena sesungguhnya Allah yang telah menciptakan akal yang mudah untuk menghafal dan mengingat kepada Abu Hurairah.

Abu Hurairah Si Bapak Kucing

Selain sebagai gudang perbendaharaan pada masa wahyu Rasulullah dalam kemampuannya mengingat hadist-hadist, beliau juga amat mencintai kucing lho Moeslemates.

Nama Abu Hurairah ternyata didapatkan oleh beliau karena beliau memiliki seekor kucing yang selalu beliau gendong dan elus-elus ke mana pun beliau pergi. Selain itu, beliau juga senang memandikan, membersihkan dan tentunya memberikan makanan yang layak untuk kucing-kucingnya. Kesukaannya kepada hewan lucu tersebut merupakan inspirasi yang beliau dapatkan dari Rasulullah yang juga mencintai kucing. Masih ingat tidak Moeslemates siapa nama kucing peliharaan Rasulullah? Ya, Muezza adalah seekor kucing yang penurut dan amat menyayangi Rasulullah. Nah, dari kecintaannya itulah Abu Hurairah mendapatkan julukan Si Bapak Kucing. Masya Allah.


Masya Allah, ternyata selain memiliki kecerdasan otak yang jarang dimiliki orang lain pada umumnya, Abu Hurairah pun amat menyayangi kucing ya. Sungguh banyak terdapat hikmah-hikmah pada kisah para sahabat yang wajib kita pelajari. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di kisah-kisah para sahabat lainnya ya. Wassalamu'alaikum.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS