406
  2016-12-12       www.wikihow.com

Tips Menghilangkan Noda pada Baju

Ada yang bajunya pernah tertumpah lilin? Dulu saya pernah dan saat itu langsung panik. Mencoba tenang, akhirnya saya menemukan cara yang berhasil menghilangkan noda lilin yang menempel di baju. Silahkan disimak...

pigeonidn 48 views

Jadi, ceritanya dulu saya pernah heboh gara-gara baju kesayangan ketumpahan lilin. Baju yang kebetulan belum lama beli. Awalnya sempet bingung dan nyerah karena lilinya sudah menyebar dan meresap ke kain. Tapi alhamdulillah akhirnya menemukan solusi yang berhasil menghilangkan si noda lilin.

Waktu itu saya menemukan caranya di website WikiHow. Cukup simple dan sangat mudah dipraktekkan.

Alat dan bahan yang dibutuhkan

1. penggaris besi/pisau tumpul
2. tisu
3. setrika
4. pemutih baju

Langkah 1 – Memastikan lilin yang tumpah sudah kering

Ketika baju kita terkena tumpahan lilin, jangan terburu-buru mengusap noda lilinnya. Karena dengan mengusapnya, justru akan membuat lilin semakin meresap ke dalam serat kain. Langkah yang benar adalah kita menunggu sampai lilinnya kering. Caranya bisa kita diamkan atau kita masukin ke dalam kulkas/freezer.

Langkah 2 – Mencongkel lilin dengan pisau tumpul/penggaris besi

Source: www.wikihow.com

Jangan dengan pisau yang tajam. Karena ada kemungkinan bisa merobek baju ketika kita sedang membersihkan noda lilin. Nah kalau beruntung, pada tahap ini noda lilin bisa langsung terangkat. Tapi biasanya masih ada sisa-sisa lilin yang tertinggal.

Langkah 3 – Menyetrika noda lilin dengan dilapisi tisu

Source: www.wikihow.com

Source: www.wikihow.com

Untuk membersihkan sisa lilin yang masih tertinggal, letakkan tisu di atas noda lilin. Kemudian setrika. Dan voila! Kamu akan mendapati lilin mencair dan meresap ke dalam tisu. Penggunaan tisu bisa diganti dengan paper bag warna coklat atau kertas apa saja yang mudah menyerap minyak.

Langkah 4 – Mencuci dengan cairan penghilang noda

Langkah terakhir ini bisa kita lakukan jika ternyata bekas noda lilin meninggalkan noda warna pada baju. Tinggal rendam baju selama 20-30 menit dengan cairan penghilang noda, seperti pemutih baju, kemudian cuci bersih seperti biasa. Jika bajumu berwarna, kamu bisa menggunakan Vanish.

pigeonidn pigeonidn
📫 kritik & saran: pigeon.idn@gmail.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
pigeonidn
pigeonidn
📫 kritik & saran: pigeon.idn@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS