4051
  2017-06-17       www.instagram.com

Pengen Ngabuburit yang Nggak Biasa? #wisatakemasjid aja!

Kegiatan apa yang biasa Moeslemates lakukan sembari menunggu buka puasa? Ke salon? Ke Mall? Atau bahkan hanya tidur saja? hihihi yuk dicoba ngabuburit yang 'gak biasa' ini!

Woro Ninditarini 28 views

Assalamualaikum Moeslemates

Tak terasa bulan Ramadhan sudah berlalu separuh jalan, bagaimana puasanya Moeslemates? Semoga lancar dan tetap bersemangat dalam beribadah ya! Bulan Ramadhan identik dengan ngabuburit, yakni kegiatan sembari menunggu waktu berbuka puasa. Nah, kegiatan apa saja yang biasa kalian lakukan untuk ngabuburit nih? Ke mall? Baca buku? Pergi ke salon?
Nah, berikut rekomendasi kegiatan ngabuburit anti mainstream yang dapat kalian lakukan. Kegiatan apakah itu, Moeslemates? Yap, Wisata ke Masjid! Walaupun bulan puasa, bukan berarti tidak bisa berwisata kan hihi wisata ini bisa menambah wawasan kalian tentang agama islam loh! Silahkan kalian coba ya!
Dalam rangka bulan Ramadhan ini, @jktgoodguide bersama @wisatasekolah menyelanggarakan sebuah trip yang bernama #wisatakemasjid.

Museum Bayt Al Quran

Bayt Al Quran adalah salah satu museum di wilayah Taman Mini Indonesia Indah yang pas banget kalian kunjungi di momen bulan Ramadhan ini. Museum ini menampilkan berbagai macam mushaf, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Disini ditampilkan Al Quran terbesar dan terkecil di Indonesia, Al Quran Braille untuk umat muslim tunanetra dan juga Al Quran dalam bentuk software yang sangat interaktif sehingga mudah diakses melalui smartphone atau komputer lainnya. Tujuan utama dari didirikannya museum ini adalah untuk mengumpulkan, menyimpan, memelihara, dan memamerkan mushaf Al Qur’an yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara.

Masjid Ramlie Musofa

Nah ini dia masjid yang usianya masih belia dibanding masjid terkenal lain di wilayah Jakarta. Yap, masjid Ramlie Musofa ini mulai dibangun pada tahun 2011 dan baru diresmikan pada tanggal 15 Mei 2016 kemarin. Walaupun tergolong baru, namun masjid ini mampu menarik perhatian wisatawan khususnya umat muslim karena desain arsitekturnya yang sangat indah. Desain masjid ini menyerupai bangunan Taj Mahal di India. Desain masjid ini memadukan unsur Tionghoa, karena ternyata masjid ini didirikan oleh seorang mualaf Tionghoa. Nah bagi Moeslemates yang ingin berkunjung ke masjid ini, silahkan berkunjung ke daerah Danau Sunter ya!

Masjid Luar Batang

Masjid Keramat Luar Batang atau yang lebih dikenal dengan Masjid Luar Batang adalah salah satu bangunan masjid tertua di Jakarta. Terletak di daerah Penjaringan, Jakarta Utara, masjid ini didirikan pada abad ke-18, tepatnya pada tahun 1756. Di masjid ini terdapat makam Habib Husein bin Abubakar bin Abdillah Alaydrus (Habib Husein'), beliau adalah seorang ulama dari Yaman yang hijrah ke Pulau Jawa melalui pelabuhan Sunda Kelapa.

Masjid Angke

Masjid ini sudah ada sejak jaman pemerintahan Belanda. Terletak di daerah Pangeran Tubagus Angke dan berdekatan dengan Kali Angke, masjid yang bernama lain Masjid Jami Al-Anwar Angke ini lebih dikenal dengan nama Masjid Angke. Desain arsitektur masjid ini merupakan percampuran antara arsitektur Jawa, Cina dan Eropa, sehingga menambah keunikan tersendiri pada masjid ini. Masjid ini didirikan pada jaman VOC oleh seorang warga keturunan tionghoa, dulunya masjid ini sering menjadi area pembantaian etnis tionghoa oleh VOC pada tahun 1740. Maka dari itu, sejak saat itu tempat ini diberi nama Angke. 'Ang' yang berarti merah atau darah, sedangkan 'Ke' berarti bangkai. Dibalik cerita masjid ini jaman dulu, ketika berkunjung ke masjid ini sangat terasa nuansa nyaman dan sejuk.

Masjid Istiqlal

Siapa yang tidak tahu Masjid Istiqlal? Pastinya warga Jakarta dan bahkan masyarakat Indonesia sudah paham betul betapa megahnya masjid ini. Maka, pada saat bulan Ramadhan seperti sekarang, masjid ini sangat banyak didatangi oleh kaum muslim untuk beribadah. Masjid yang merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara ini dibangun pada tahun 1951 atas prakarsa presiden RI saat itu, Ir. Soekarno. Selain letaknya yang berdekatan dengan Gereja Katedral, Masjid Istiqlal juga ternyata dibangun oleh Frederich Silaban yang merupakan seorang beragama Kristen Protestan. Jangan lupa tambahkan Istiqlal di list tempat yang wajib kalian kunjungi ya, Moeselmates!

Semoga #wisatakemasjid ini bisa menjadi salah satu opsi kalian untuk ngabuburit ya Moeslemates! Selain berwisata kalian juga bisa belajar tentang agama islam lebih mendalam hihi Semangat puasanya Moeslemates!

Woro Ninditarini
Woro Ninditarini
Things that I love the most : travelling, writing, captur...
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Woro Ninditarini
Woro Ninditarini
Things that I love the most : travelling, writing, capturing moments and any kind of so...

no comments

Follow Moeslema on SNS