4039
  2017-06-18       www.cantikitu.com

6 Cara Ampuh Atasi Jerawat Mengganggu

Siapa sih yang gak kesal kalau jerawat tumbuh di wajah? Ini dia tips ampuh atasi jerawat agar tak kesal berkepanjangan.

santi lisnawati 96 views

Assalamu'alaikum, Moeslemates!

Jerawat adalah masalah serius bagi kebanyakan orang, terutama wanita. Ada banyak hal yang mengakibatkan timbulnya jerawat, di antaranya kulit berminyak, alergi makanan atau memang faktor keturunan. Tak sedikit yang bergantung pada dokter kulit untuk menghilangkan jerawat dari wajah. Namun, nyatanya obat dari dokter tersebut belum tentu cocok untuk semua jenis kulit.

Jika ingin jerawat betul-betul lenyap, dibutuhkan lebih dari sekedar obat dari dokter. Berikut tips harian yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat si pengganggu.

1. Perbanyak makan wortel

Source: manfaat.co.id

Sering makan wortel ternyata bisa mencegah timbulnya jerawat. Wortel bisa dimakan langsung setelah direbus, dimasak menjadi sayur sop atau dibuat jus sesuai selera. Vitamin A pada wortel mampu meningkatkan daya tahan kulit untuk mencegah tumbuhnya jerawat, bahkan bisa mengurangi produksi sebum pada wajah juga.

2. Konsumsi kunyit

Source: familinia.com

Selain wortel, bahan alami yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi jerawat adalah kunyit. Kandungan anti-inflammatory, antimicrobial dan antiseptic pada kunyit bisa mengurangi kemerahan pada jerawat yang meradang. Bumbu dapur satu ini bisa dimasukkan ke dalam bahan masakan yang dikonsumsi sehari-hari. Selain itu, kunyit dalam bentuk jamu juga bisa dijadikan alternatif untuk dikonsumsi.

3. Kurangi konsumsi gula

Source: hamburgwoman.de

Daripada terlalu banyak makan makanan manis mengandung gula, lebih baik perbanyak konsumsi buah-buahan. Tapi tak semua buah bisa dimakan ya, sebaiknya terbatas pada melon dan stroberi saja. Gula adalah penyebab utama naiknya insulin yang mengakibatkan perubahan hormon yang bisa menimbulkan jerawat. Batasi konsumsi gula jadi seminggu sekali saja ya, Moeslemates!

4. Rajin berolahraga

Faktanya, olahraga yang mengeluarkan keringat mampu mendetoksifikasi kulit dari debu dan kotoran. Jika kulit sudah bersih, pastinya mengurangi risiko munculnya jerawat, kan? Bahkan olahraga sebanyak 3 kali dalam seminggu sama baiknya dengan mengonsumsi makanan sehat. Jadi jangan lupa rutin berolahraga, ya.

5. Jangan sentuh jerawat

Jangan biasakan memegang jerawat di wajah dengan tangan yang kotor. Kondisi tangan yang belum dicuci dan penuh kuman tentu hanya akan memperbanyak dan memperparah jerawat di wajah. Hentikan kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan agar kulitmu tetap terjaga dari jerawat.

6. Jaga kebersihan barang-barang yang dipakai

Tak lupa, jaga selalu kebersihan barang-barang yang dipakai sehari-hari, seperti layar handphone, kacamata, keyboard laptop hingga sprei kasur dan sarung bantal. Bakteri dan kuman dari barang-barang tersebut seringkali jadi penyebab jerawat yang luput dari perhatian.

Tak hanya dari pola makan, pola hidup sehari-hari yang baik juga turut mengatasi jerawat yang mengganggu. Perbanyaklah konsumsi makanan sehat, berolahraga serta perhatikan kebersihan sekitar jika ingin jauh dari jerawat. Have a good way, then!

santi lisnawati santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


no comments

Follow Moeslema on SNS