4038
  2017-06-21       id.pinterest.com

6 Fakta Tentang Masjidil Al-Aqsa yang Harus Kamu Ketahui

Masjid yang menjadi perebutan antara Palestine dan Israel ini ternyata memiliki 5 fakta yang wajib kamu ketahui.

Syanin Ss 99 views

Assalamu Alaikum Moeslemates,

Masjid yang kini tengah menjadi perebutan antara negeri Palestine dan Israel ini memiliki banyak fakta yang mungkin selama ini belum betul-betul kamu sadari. Padahal masjidil aqsa ini teramat agung, lho!

Fakta #1 : Menjadi Arah Kiblat Umat Islam yang Pertama

Jauh sebelum ditunjuknya Ka’bah sebagai kiblat umat Islam sedunia, masjid Al-Aqsa merupakan kiblat pertama umat muslim selama 16 hingga 17 bulan setelah perpindahan dari Madinnah pada tahun 624.

Fakta #2 : Menjadi Perebutan Antara 3 Agama

Tidak hanya umat Islam saja yang menganggap masjidil Al-Aqsa sebagai tempat suci, tetapi juga ada 2 agama lain yang menganggap masjid ini sebagai tempat suci. Yaitu agama Abrahamik, dan juga Kristen.

Fakta #3 : Didirikan Pertama Kali oleh Umar

Masjid Al-Aqsa awalnya hanyalah sebuah masjid kecil biasa yang dibangun oleh Umar bin Khattab. Kemudian pada masa Bani Umayah dibawah kepemimpinan Abd Al-Malik terjadi perombakan masjid Al-Aqsa secara besar-besaran, perombakan terus berlangsung hingga masa kepemimpinan Al-Walid yang merupakan anak dari Abd Al-Malik.

Fakta #4 : Tempat Pembantaian Umat Islam

Umat Islam yang kala itu kalah melawan tentara salib, menemukan banyak orang Islam yang mengelilingi masji Al-Aqsa. Melihat hal tersebut tentara salib pun mengeksekusi puluhan ribu umat islam.

Fakta #5 : Dibakar oleh Turis Perancis

Pada tahun 1969, Masjid Al-Aqsa sempat mengalami kebakaran hebat hingga meluruh lantakkan seluruh peninggalan bersejarah di dalamnya. Warga Palestine dan Israel pun saling tuding siapa yang membakar, belakangan diketahui bahwa pelakunya bukan diantara kedua negara tersebut melainkan turis Perancis yang didiagnosis mengalami masalah kejiwaan.

Fakta #6 : Dikelilingi oleh Banyak Masjid

Nyatanya Masjidil Aqsa sebenarnya bukanlah satu-satunya masjid yang terletak disana. Saat kamu mengunjungi wilayah disana, kamu akan menemukan bukan hanya satu dua masjid, ada juga masjid Masjid Qibla, Masjid Al Sakhra alias Dome of the Rock, Masjid Buraq, Masjid Marwani, dan berbagai masjid lainnya. Dan untuk mencegah kebingungan turis yang datang, wilayah tersebut diberi nama Al Haram Asyarif.

Nah Moeslemates, itu tadi 5 fakta menarik tentang masjidil Al-Aqsa yang wajib kamu ketahui.

Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤

no comments

Follow Moeslema on SNS