4027
  2017-06-15       fthmb.tqn.com

Apakah Penggunaan Inhaller Dapat Membatalkan Puasa?

Penyakit asthma aku kambuh saat berpuasa. Batal tidak ya saat menggunakan inhaller? Yuk simak penjelasannya Moeslemates.

Deane Lene 36 views

Assalamualaikum Moesemates

Bagi kalian yang memiliki gangguan pernapasan, terutama kalian yang memilki gangguan asthma dalam suatu waktu kalian mengalami kesulitan bernafas yang mengharuskan kalian menggunakan alat bantu seperti inhaller atau obat lainnya yang sejenis agar pernapasan kalian kembali dalam keadaan normal, bukan?

Akan menjadi sebuah dilema jika pada saat kalian berpuasa, napas terasa sesak dan sangat membutuhkan bantual inhaller untuk meredakannya. Akan timbul keraguan dalam diri kalian, apakah inhaller akan membatalkan puasa atau tidak? Bagaimana jika puasa selama satu hari penuh akan gugur ketika kalian menggunakan inhaller untuk membantu meredakan gangguan kalian? Apakah harus bertahan dengan kondisi yang tidak nyaman ini?


Simak penjelasannya dibawah ini yuk Moeslemates.

Apakah Inhaller membatalkan puasa?

Berdasarkan studi pustaka mengenai hal ini dan berdasarkan wawancara singkat pada ahlinya menjelaskan bahwa:

Penggunaan inhaller tidak membatalkan puasa sebab obat yang terkandung dalam inhaller secara langsung menuju paru-paru untuk meredakan gangguan pernapasan seseorang.

Kandungan dalam inhaller juga tidak menimbulkan rasa kenyang karena kandungan obat pada inhaller tidak menyentuh permukaan lambung. Jadi, bagi kalian para penderita asthma bisa tetap menjalankan ibadah puasa seperti biasa dan tidak ada alasan untuk kalian agar tidak berpuasa hanya karena hal ini ya.

Meskipun tidak ada dalil yang menjelaskan secara jelas tentang segala hal yang masuk kedalam tubuh seseorang dapat membatalkan puasa, maka menguatkan pendapat dalam studi pustaka bahwa penggunaan obat jenis inhaller ini tidak termasuk salah satu hal yang dapat membatalkan puasa. Allahu a’lam.

Deane Lene Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS