4025
  2017-06-17       rukun-islam.com

6 Tips Menahan Marah Saat Puasa

Puasa Puasa Puasa itu menyehatkan. Pernah mendengar lirik lagu ini? Dari kutipan lagu itu kita tahu kalau puasa itu menyehatkan. Bukan hanya untuk raga tapi jiwa kita juga moeslemates. Salah satunya adalah kita terlindungi dari rasa marah yang merugikan. Sebenarnya bukan saat puasa saja kita harus menahan marah, tetapi juga dalam keseharian kita. Namun saat puasa, kita bisa menjadikan momen ini sebagai momen latihan diri kita. Nah, apa saja sih tips untuk menahan marah saat berpuasa?

Alin Rizkiana 56 views

1. Menahan Marah dengan Diam

Source: serubareng.net

Salah satu cara untuk menahan marah adalah diam. Daripada menanggapi marah dengan kemarahan lagi, lebih baik kita berdiam diri. Selain dengan diam, sebaiknya saat kita puasa kita menjaga omongan kita. Karena bukan hanya kita yang harus menahan marah, tetapi juga orang lain.

2. Menahan marah dengan duduk hingga berbaring

Saat kita marah biasanya emosi kita tidak terkendali. Cobalah untuk merubah posisi tubuh kalian moeslemates. Jika kalian sedang berdiri cobalah untuk duduk, dan kalau dengan duduk masih belum reda juga cobalah untuk berbaring. Seperti dalam hadits berikut :

إِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ وَهُوَ قَائِمٌ فَلْيَجْلِسْ فَإِنْ ذَهَبَ عَنْهُ الْغَضَبُ وَإِلَّا فَلْيَضْطَجِعْ

Jika salah seorang dari kalian marah dalam keadaan berdiri hendaknya ia duduk. Jika dengan itu kemarahan menjadi hilang (itulah yang diharapkan). Jika masih belum hilang, hendaknya berbaring
Source: H.R Abu Dawud

3. Ucapkan Ta'awudz dan Istighfar

Bila hendak marah, maka ucapkanlah ta'awudz dan segeralah untuk mengucapkan istighfar. Dengan mengucapkan istighfar berarti kita sudah berusaha untuk mengingat Allah dan juga minta perlindungan Allah dari setan yang ingin mencelakakan kita dengan rasa marah.

4. Berwudhu

Kalau kita sangat-sangat marah, cobalah untuk berwudhu. Air yang kita gunakan saat berwudhu akan membuat tubuh kita rileks dan membuat hati kita menjadi tenang. Marah itu datangnya setan, setan terbuat dari api maka kita bisa memadamkan api tersebut dengan air.

5. Membaca Al Quran

Source: muslim.or.id

Agar hati kita menjadi tenang, moeslemates bisa coba membaca Al Quran. Tak hanya pahala yang kita dapat namun juga ketenangan hati. Karena Al Quran dapat menjadi obat hati kita. Dengan membaca dan meresapi makna dari kandungan ayat Al Quran, maka kita akan mendapat ilmu dan juga ketenangan hati.

6. Mengingat Manfaat Menahan Marah

Menahan marah memang sulit dilakukan. Namun kalau kita mengetahui manfaat menahan marah maka kita akan berusaha sebaik mungkin untuk menahannya. Menahan marah dapat membuat kita semakin dicintai Allah. Allah berfirman :

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

“Orang-orang yang bertakwa adalah mereka yang menafkahkan (harta mereka) baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya serta memaafkan (kesalahan) orang lain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan”
Source: Q.S : Ali Imran : 134

Latihan latihan dan latihan ya moeslemates. Jangan bosan untuk belajar. Selamat berpuasa moeslemates ! Jangan lupa like dan share yaa...

Alin Rizkiana Alin Rizkiana
Love travelling, culinary, and cat
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Related Tags
Curator Introduction
Alin Rizkiana
Alin Rizkiana
Love travelling, culinary, and cat

no comments

Follow Moeslema on SNS