4023
  2017-06-14       www.instagram.com

6 Hal Yang Membatalkan Puasa Yang Wajib Kamu Ketahui

Kamu pernah nggak merasa ragu saat melakukan ini, melakukan itu, apakah itu membatalkan puasa ya? Untuk menjawabnya, yuk simak artikel berikut ini.

Lidya O. 75 views

Assalamu'alaikum Moeslemates. Bagaimana puasanya hari ini? Semoga tetap diberi kelancaran ya! Ohya, hari ini saya akan sharing tentang hal-hal yang membatalkan puasa. Simak yuk!

1. Berniat Membatalkan Puasa

Baru niatnya saja lho, bisa langsung membatalkan puasa. Jadi, kalian harus hati-hati nih. Karena Allah mengetahui segala isi hati termasuk niat kita. Hilangkan segala pikiran-pikiran jelek termasuk pikiran ingin melakukan hal-hal yang membatalkan puasa dengan sengaja.

2. Makan Dan Minum Dengan Sengaja

“Dan tidak ada dosa atasmu terhadap apa yang kalian khilaf padanya tetapi yang ada dosa apa yang disengaja oleh hatimu.”
Source: QS. Al-Ahzab: 5

Sudah jelas makan dan minum dengan sengaja adalah perbuatan yang termasuk pembatal puasa. Menyuntikkan diri dengan zat-zat makanan sebagai pengganti makanan untuk menguatkan tubuh juga bisa membatalkan puasa. Namun berbeda kasus jika kamu lupa kalau sedang berpuasa. Nah, begitu ingat, lanjutkan saja puasanya. Karena makan dan minum saat lupa tidak membatalkan puasa.

3. Muntah Dengan Sengaja

Source: www.vemale.com

Kemudian yang selanjutnya adalah muntah dengan sengaja. Kalau muntahnya tidak disengaja bagaimana? Tentu tidak membatalkan puasa. Namun harus dipastikan ya Moeslemates, apakah benar-benar muntah karena sakit atau tidak. Jika sekiranya sakit, tidak masalah dibatalkan dan boleh diqadha di lain waktu.

4. Bersetubuh Dengan Sengaja

Source: www.ammboi.com

“Ketika berpuasa ia meninggalkan makan, minum dan syahwat karena-Ku.”
Source: HR. Bukhari No. 1894

Pasangan yang sudah menikah tentunya kegiatan bersetubuh menjadi berkah bagi keduanya. Tapi, harus ingat waktu juga dong. Kalau sedang puasa tentunya harus dihindari. Tapi bukan berarti tidak boleh melakukannya sama sekali di bulan Ramadhan lho. Tidak masalah asal bisa membagi waktu dan tidak menganggu waktu beribadah. Nah, kalau kasusnya seseorang mengeluarkan air mani karena bersentuhan, bersetubuh bahkan bermasturbasi dengan disengaja, puasanya jelas menjadi batal. Namun jika keluarnya air mani tanpa bersentuhan atau yang disebut juga mimpi basah dengan catatan ia benar-benar tidak mengetahui dan tidak merencanakan untuk itu, maka puasanya boleh dilanjutkan alias tidak batal.

5. Haid Dan Nifas

Ibnu Taimiyah mengatakan,

“Keluarnya darah haid dan nifas membatalkan puasa berdasarkan kesepakatan ulama.”

“Kami (kaum perempuan), diperintahkan untuk mengganti puasa yang ditinggalkan, tetapi tidak diperintahkan untuk mengganti shalat yang ditinggalkan.”
Source: HR. Muslim No. 508

Alasan yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita para muslimah. Darah kotor yang keluar sudah pasti menjadi penghalang kita untuk shalat dan berpuasa. Jadi, kalau tetap dikerjakan berdosa dan jika ditinggalkan mendapat pahala.

6. Merokok

Dalam bahasa Arab, menghisap rokok disebut juga syariba ad dukhon. Jadi, sama dengan melakukan aktivitas minum. Dan satu lagi, segala sesuatu yang masuk ke dalam perut dapat menyebabkan batalnya puasa. Merokok adalah aktivitas yang tidak diragukan lagi asapnya masuk ke dalam perut atau tubuh. Ini yang menyebabkan saat berpuasa kita dilarang untuk merokok.

Informasi ini dilansir dari Hijab Alila.


Semoga bermanfaat ya Moeslemates!

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS