4007
  2017-06-16       m.viva.co.id

8 Tips Tidak Haus Saat Puasa

Puasa adalah momen spesial bagi orang islam. Untuk itu, kita harus menjaga momen ini dengan baik. Saat puasa cairan tubuh pasti akan berkurang dan akan membuat kita haus. Tetapi yang namanya puasa itu harus menahan lapar dan haus, jadi memang sudah keharusan kalau kita tetap menahanna selama 1 hari. Karena itu, disini akan bagi-bagi tips agar moeslemates tidak haus saat berpuasa. Simak yaa...

Alin Rizkiana 60 views

1. Minum air putih yang cukup

Source: m.brilio.net

Saat sahur, kita usahakan untuk minum air putih yang cukup. Bukan hanya menghindari haus saat berpuasa, tetapi untuk menghindari dehidrasi yang akan mengakibatkan beberapa fungsi tubuh tidak berjalan dengan baik. Minumlah minimal 2 gelas air putih saat sahur.

2. Makan buah-buahan yang mengandung kadar air tinggi

Source: manfaat.co.id

Solusi lain selain minum air putih yang cukup adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung kadar air tinggi. Kadar air yang tinggi dari buah-buahan yang kita konsumsi dapat menggantikan cairan tubuh yang tidak kita dapat dari air putih biasa saat kita berpuasa.

3. Melakukan Aktivitas dengan Optimal

Source: aqieb.com

Sebisa mungkin saat melakukan aktivitas sehari-hari dilakukan dengan optimal. Apabila ada kegiatan yang bisa membuang tenaga lebih banyak, usahakan untuk meminimalisir kegiatan tersebut. Dengan mengurangi aktivitas berat, tubuh juga akan menyimpan cadangan energi secara optimal.

4. Memilih Makanan yang Sehat

Tidak memakan makanan yang pedas saat sahur juga termasuk hal yang penting loh moeslemates. Karena makanan pedas dapat menimbulkan haus lebih cepat saat puasa. Selain itu, sebaiknya kita memilih makanan yang sehat agar tubuh tetap fit dan juga tidak haus saat berpuasa.

5. Istirahat yang Cukup

Source: www.merdeka.com

Istirahat yang cukup pun menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga tubuh kita. Dengan istirahat yang cukup, tubuh kita bisa menyimpan energi dengan baik. Tidur saat puasa memang mendapat pahala, tapi bukan berarti dijadikan alasan untuk tidur terus-menerus ya. Karena sesuatu yang berlebihan pun tidak baik.

6. Tetap Perhatikan Asupan Saat Berbuka Puasa

Source: www.trenzet.com

Tidak hanya saat sahur saja yang kita perhatikan asupan makanannya, tetapi juga saat berbuka puasa. Karena tubuh kita tetap bekerja saat tidur dimalam hari. Jangan sampai tubuh kita dehidrasi karena kurang minum saat berbuka. Jadi asupan penting saat berbuka puasa terutama minuman yang kita minum akan mempengaruhi tubuh kita esok hari saat berpuasa.

7. Fokus Berpuasa

Source: majalahdia.net

Selama berpuasa, cobalah fokus pada ibadah puasa kita. Karena puasa itu bukan hanya menahan haus dan lapar saja. Tetapi menahan hawa nafsu kita juga. Daripada hanya memikirkan tentang diri kita yang sedang lapar dan haus lebih baik kita melakukan aktivitas lain yang bermanfaat agar ibadah puasa kita berjalan dengan baik.

8. Isi Waktu Luang

Source: www.riaume.com

TIdak melakukan apapun saat waktu luang dapat membuat kita merasa bosan. Karena bosan membuat kita menjadi menunggu waktu yang akan terasa sangat lama. Akhirnya bisa membuat kita merasa semakin lapar dan haus. Isi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat. Selain menambah pahala yang berlipat ganda, moeslemates juga terhindar dari pikiran rasa haus dan lapar.

Gimana moeslemates? Tetap semangat berpuasa ya. Jangan lupa untuk share dan like yaa...

Alin Rizkiana Alin Rizkiana
Love travelling, culinary, and cat
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Related Tags
Curator Introduction
Alin Rizkiana
Alin Rizkiana
Love travelling, culinary, and cat

no comments

Follow Moeslema on SNS