4005
  2017-06-12       www.syahida.com

3 Sunnah Rasulullah Di Waktu Maghrib

Maghrib merupakan waktu di mana kita dianjurkan untuk berada di dalam rumah untuk menjaga diri dari setan dan jin. Simak yuk apa saja sunnah Rasulullah ketika Maghrib datang.

Lidya O. 487 views

Assalamu'alaikum Moeslemates. Di artikel kali ini saya akan membahas sunnah Rasulullah tentang apa-apa saja yang wajib dilakukan saat datang Maghrib. Simak yuk satu per satu!

1. Mengajak Anak Masuk Ke Dalam Rumah

Jangan lepaskan hewan-hewan ternak dan anak-anak kalian ketika matahari terbenam sampai berlalunya awal Isya karena pada setan berkeliaran di waktu terbenamnya matahari sampai berlalunya awal Isya.
Source: HR. Muslim No. 2013

Imam Nawawi menjelaskan bahwa yang dimaksudkan "tahan-tahanlah anak-anak kalian" adalah larang mereka agar tidak keluar pada waktu Maghrib.

Yang pertama adalah mengajak anak-anak untuk masuk ke dalam rumah. Jangan biarkan mereka main di luar rumah begitu menjelang Maghrib ya Moeslemates. Karena setan dan jin senang sekali berkeliaran di luar di saat Maghrib. Ajak pula dan kenalkan mereka bahwa sebentar lagi akan dilaksanakan shalat Maghrib berjama'ah di rumah. Untuk Ayah, biarkan pergi ke masjid bersama kawan-kawannya. Sedangkan Ibu dan anak-anak sebaiknya shalat di rumah saja.

2. Menutup Pintu

Source: islamidia.com

Yang kedua adalah menutup pintu rapat-rapat seperti yang disunnahkan Rasulullah SAW:

Syafi'i rahimahullah mengatakan:

"Jika malam telah datang, disunnahkan menutup bejana walau dengan meletakkan batang kayu di atasnya. Mengikat kantong air, menutup pintu sambil menyebut nama Allah, memasukkan anak-anak dan hewan ternak pada awal malam, serta mematikan lampu ketika hendak tidur."
Source: Mughnil Muhtaj, 1/31

3. Makruh Tidur Sebelum Isya

Source: www.dream.co.id

Yang ketiga adalah larangan tidur sebelum menunaikan Isya.

Berdasarkan hadist Abu Barzah Al-Aslami radhiyallahu 'anhu, beliau mengatakan:

"Bahwasanya Nabi Muhammad SAW suka untuk mengakhirkan waktu Isya, membenci tidur sebelumnya dan membenci bincang-bincang setelah Isya."
Source: HR. Al Bukhari No. 599 dan Muslim No. 647

Alasan yang paling masuk akal mengapa tidak boleh tidur di waktu Maghrib maupun sebelum Isya adalah karena dapat menyebabkan malas dan luputnya melaksanakan shalat Isya. Nah, semoga artikel ini bermanfaat untuk pengetahuan kita bersama ya Moeslemates.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS