4004
  2017-06-11       www.ummi-online.com

6 Amalan Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Haid Di Bulan Ramadhan

Kamu lagi haid dan bingung mau melakukan ibadah apa saat bulan Ramadhan?

Lidya O. 182 views

Assalamu'alaikum Moeslemates. Bagaimana puasanya hari ini? Atau sedang tidak berpuasakah? Bingung ingin melakukan ibadah apa saat sedang haid? Yuk simak penjelasan dan poin-poin di bawah ini.

1. Menyediakan Ifthar

Barang siapa yang memberi ifthar (hidangan untuk berbuka) orang-orang yang shaum/berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang shaum/berpuasa tanpa dikurangi sedikit pun.
Source: HR. Bukhari Muslim

Yang pertama adalah memberikan makan orang-orang yang berpuasa. Biasanya nih, kalau ibu-ibu rumah tangga yang sedang datang bulan pasti rajin masak-masak untuk berbuka. Baik itu untuk keluarganya maupun tetangga-tetangga. Tapi tidak harus masak juga lho Moeslemates. Kalau kamu belum bisa masak kamu juga bisa membelikan ta'jil atau kurma dan dibagikan kepada orang-orang yang sedang safar dan singgah di masjid untuk berbuka dan shalat Maghrib berjama'ah.

2. Menjauhi Larangan Agama

Barang siapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan ghibah maka tiada artinya di sisi Allah baginya shaum/puasa dari makan dan minum.
Source: HR. Bukhari

Kemudian selanjutnya menghindari diri dari segala perbuatan yang dilarang oleh agama. Sebagai muslimah yang sedang belajar untuk taat, ada baiknya kita menjauhi sikap-sikap yang dibenci Allah terutama di saat bulan Ramadhan ini. Misalnya, berbincang-bincang tidak penting dan bergosip ria dengan teman. Mengunjing serta memberikan penilaian buruk terhadap orang lain tanpa tahu kebenarannya terlebih dahulu. Perhatikan lisan kita ya Moeslemates. Jika dirasa tidak perlu, lebih baik diam. Semoga Allah selalu menjaga hati kita dari perasaan-perasaan iri-dengki, amarah dan dendam yang dapat merusak jiwa.

3. Memperbanyak Doa Dan Dzikir

Barang siapa mendengar panggilan adzan lalu ia berdoa: "Ya Allah Ya Rabb, pemilik seruan yang sempurna ini, dan shalat yang akan didirikan, karuniakanlah kepada Rasulullah SAW, wasilah dan keutamaan dan tempatkanlah ia di tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan, akan mendapat syafa'atku kelak pada hari kiamat."
Source: HR. Bukhari

Lalu yang ketiga adalah memperbanyak doa dan dzikir. Di bulan-bulan selain Ramadhan saja, Allah selalu senantiasa menunggu-nunggu doa dari kita. Apalagi di bulan yang istimewa ini. Tentunya, jika doa yang kita panjatkan adalah doa baik, maka pasti doa itu akan sampai ke Allah dan yakinlah jika di hari yang tepat nanti Allah akan kabulkan. Dan mulut yang berdzikir serta selalu mengucap syukur pun mampu menggantikan ibadah puasa utama bagi kita yang sedang haid.

4. Mengingatkan Anggota Keluarga Dalam Kebaikan

Source: hijapedia.com

Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berjalan bersama-sama ke masjid di kegelapan cahaya yang sempurna pada hari akhir nanti.
Source: HR. At-Thirmidzi

Yang keempat adalah mengingatkan saudara-saudara kita dalam hal kebaikan. Baik itu tentang ibadah utama dan sunnah, perkataan-perkataan yang kurang baik dan sikap seorang muslim ketika berhadapan dengan muslim lainnya.

5. Mengingatkan Anggota Keluarga Untuk Menunaikan Shalat Sunnah

Kemudian kita juga bisa mengingatkan keluarga, sahabat maupun saudara-saudara kita untuk menghidupkan shalat sunnah. Misalnya, yuk bersama-sama shalat tarawih dan witir di masjid. Bagi yang laki-laki wajib hukumnya shalat 5 waktu dan tarawih di masjid. Jika ingin shalat tahajjud, di rumah tidak masalah kok. Dan jangan lupa untuk sempatkan waktunya membaca Al-Qur'an; taddarus bersama, tadabbur di kajian, dan masih banyak lagi ibadah-ibadah sunnah yang bisa kita ingatkan kepada mereka.

6. Menuntut Ilmu

Barang siapa menempuh satu jalan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah menunjukkan jalan menuju surga baginya.
Source: HR. Muslim

Yang terakhir adalah menuntut ilmu. Membaca buku-buku Islami tidak dilarang lho walaupun ada kutipan ayat Al-Qur'an di dalamnya, apalagi jika diniatkan untuk menuntut ilmu. Selain itu, kamu juga bisa mendatangi majelis ta'lim atau kajian-kajian khas Ramadhan untuk mengisi waktu luang di saat kamu sedang haid.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS