3990
  2017-06-15       www.hijabersworld.com

5 Tips Semangat Kerja Saat Puasa

Puasa sedang berlangsung, mungkin sebagian dari kalian merasa lemas dan kurang bersemangat. Hal itu dikarenakan pasokan makanan untuk tubuh berkurang . Namun, sebenarnya hal itu tidak dapat dijadikan alasan untuk kita bermalas-malasan. Berikut ada 5 tips untuk tetap semangat dalam berpuasa. Silahkan disimak...

Alin Rizkiana 48 views

1. Niatkan karena Allah

Segala yang kita lakukan sebenarnya terletak pada niat. Maka dari itu, kita niatkan pekerjaan kita sebagai ibadah. Selain bernilai pahala, pekerjaan yang kita lakukan akan membuat kita bertanggung jawab karena selalu merasa diawasi oleh Allah. Kita bisa ibaratkan, jika kita bisa lakukan yang terbaik untuk kekasih kita, maka kita pasti bisa lakukan pekerjaan terbaik kita bila dilandasi niat karena Allah.

إنّمَا الأَعْمَالُ بالنِّيّاتِ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امرِىءٍ مَا نَوَى

"Hanyalah amalan-amalan tergantung pada niat-niat. Dan bagi setiap orang apa yang dia niatkan"
Source: HR Bukhari Muslim

2. Pengisi Waktu Untuk Menunggu Solat

Pekerjaan yang kita lakukan, sebenarnya bisa kita jadikan sebagai kegiatan menunggu yang produktif sebelum memasuki waktu solat. Hal produktif ini juga dapat menghasilkan uang untuk kebutuhan kita sehari-hari, jadi daripada puasa hanya berdiam diri bermalas-malasan lebih baik melakukan hal yang produktif kan..

3. Bersyukur bisa Bekerja


وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّـكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat."
Source: QS Ibrahim 7

Ingatlah, diluar sana masih banyak orang yang bersusah payah mencari pekerjaan. Daripada mengeluhkan bekerja itu capek apalagi saat ramadhan, maka bagaimana dengan mereka yang bersusah payah mencari pekerjaan bahkan jadi pengangguran? Sudah lelah, mereka juga belum bisa mendapatkan uang. Intinya bersyukur! Beruntunglah kita yang masih bisa bekerja, sebagai tanda syukur maka lakukanlah pekerjaan kita sebaik mungkin.

4. Ajang Mencari Pahala Tambahan

Bukan cuma pekerjaan saja yang ada tambahannya, tapi pahala juga. Apalagi saat Ramadhan, dimana pahala kebaikan yang kita lakukan menjadi berlipat ganda. Bekerja susah payah tidak akan sia-sia pastinya moeslemates. Anggap saja kita sedang kerja ekstra untuk mendapatkan bekal pahala tambahan untuk di akhirat kelak.

5. Lakukan yang Terbaik

Source: Dok Pribadi

Melakukan hal terbaik disetiap hal yang kita lakukan, maka kita akan bersemangat dalam bekerja. Karena melakukan hal yang terbaik akan memacu kita untuk melakukan segala sesuatunya dengan baik. Jadi yang terbaik bukan hanya untuk menjadi baik dimata atasan, tapi untuk mencoba menjadi yang terbaik di hadapan Allah SWT.


Lakukan 5 hal rutin diatas agar puasa kita berkualitas dan tetap semangat dalam bekerja. Jangan lupa untuk like dan share ya moeslemates...

Alin Rizkiana Alin Rizkiana
Love travelling, culinary, and cat
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Alin Rizkiana
Alin Rizkiana
Love travelling, culinary, and cat

1 comments

Follow Moeslema on SNS