3978
  2017-06-13       blog.lazada.co.id

5 Amalan Wanita Haid di Bulan Ramadhan

Alhamdulillah Ramadhan telah tiba. Yuk berlomba berbuat kebaikan dan mencari pahala! Meskipun sedang berhalangan, muslimah tetap bisa mendapat pahala kok di bulan yang suci ini

Woro Ninditarini 760 views

Assalamualaikum Moeslemates

Tak terasa sudah masuk ke bulan Ramadhan lagi ya. Bulan yang sangat istimewa dan sangat dinanti oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia. Bagaimana puasanya Moeslemates? Semoga lancar hingga hari nan fitri tiba yaa. By the way, sebagai seorang perempuan, pastinya ada hari-hari di sebuah bulan dimana kita kedatangan 'tamu bulanan' yang bikin kita nyeri atau bahkan emosi tidak stabil hihihi nah di bulan Ramadhan ini, pastinya kita sedang berlomba-lomba dalam beribadah, ada hari dimana kita harus 'libur' dulu dalam berpuasa. Sedih ya Moeslemates :(

Bahwasanya Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda : “Bukankah Wanita itu jika sedang haidh dia tidak shalat dan tidak shaum/berpuasa? Itulah kekurangan agamanya.

Namun jangan sedih Moeslemates, walaupun kita tidak berpuasa karena sedang berhalangan, ada amalan ibadah lain yang bisa kita kerjakan selama kita kedatangan 'tamu bulanan'. Apa aja amalan tersebut? Yuk dicek...

1. Berdoa dan Berdzikir

“Tidak ada kaum/seseorang yang Berdzikir kepada Allah kecuali mereka di kelilingi oleh malaikat-malaikat, di liputi oleh Rahmat, turun kepada mereka ketentraman, dan Allah menyebut mereka sebagai orang-orang yang di sisi-Nya.” (HR. Muslim).

Berdoa di bulan suci Ramadhan adalah saat yang sangat mujarab dan sangat dianjurkan. Baik berdoa pada saat kondisi tertentu seperti doa setelah mendengar adzan, doa setelah makan, doa hendak berpergian dan banyak lagi yang bisa dilakukan. Walau ketika haid, muslimah tidak dapat melakukan sholat, bukan berarti tidak bisa berdoa dan berdzikir sepanjang waktu. Terutama perbanyak dzikir, seperti tahlil, tahmid dan tasbih.

2. Menyediakan Hidangan Berbuka

Barangsiapa yang memberi makan orang yang berbuka, dia mendapatkan seperti pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun (H.R. At-Tirmidzi)

Begitu besar karunia Allah kepada para muslimah di bulan Ramadhan. Meskipun berhalangan untuk berpuasa, namun muslimah tetap bisa mendapatkan pahala orang berpuasa dengan cara memberikan hidangan untuk orang yang sedang berpuasa. Muslimah tidak ikut merasakan lapar serta dahaga, tetapi mendapatkan ganjaran yang sama dengan orang berpuasa. Subhanallah.

3. Memperbanyak Shadaqah

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. - Q.S. Al-Baqarah : 261

Bersedekah atau memberikan sebagian rezeki milik kita memang tidak harus menunggu bulan Ramadhan. Kapanpun bisa dilakukan, bisa melalui infaq di masjid atau amal sosial lainnya. Karena dalam keadaan haid ataupun tidak, pahala sadaqah dan amal jariyah tidak akan pernah putus.

4. Memperdalam Ilmu Agama

Source: islamidia.com

Barangsiapa wafat dalam menuntut Ilmu (dengan maksud) untuk mengidupkan Islam, Maka antara dia dan Nabi-Nabi satu derajat di dalam Surga.” (H.R. At-Thabrani)

Selama ini mungkin kita belum begitu paham tentang agama islam. Di bulan Ramadhan ini, alangkah baiknya kita memperkaya diri kita dengan ilmu agama. Caranya? bisa dengan membaca buku agama, menghadiri majelis atau kajian islam, mendengarkan ceramah. Ataupun dengan berkembangnya social media saat ini, banyak kok account social media yang memberikan insight lebih ke kita mengenai Islam. Jadi, bijaklah dalam mem-follow ya Moeslemates!

5. Mengingatkan Orang Lain Berbuat Baik

Source: 4muda.com

Menunjukkan bisa dilakukan dengan cara memberi saran kepada orang lain untuk melakukan kebaikan, atau memberitahu orang yang ingin melakukan kebaikan untuk mendatangi orang tertentu, atau memberi nasehat, memberi peringatan, ataumengarang buku yang mengandung ilmu bermanfaat

Saat berhalangan di bulan Ramadhan, kita bisa mengingatkan saudara, teman atau keluarga terdekat kita untuk melakukan perbuatan shalih. Seperti sholat tepat pada waktunya, melakukan sholat sunnah, membaca Al-Qur'an atau segala bentuk kegiatan ibadah lainnya. Dan juga senantiasa selalu mengingatkan keluarga atau saudara terdekat kita untuk selalu berbuat baik dan menjauhi larangan agama.

Woro Ninditarini
Woro Ninditarini
Things that I love the most : travelling, writing, captur...
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Related Tags
Curator Introduction
Woro Ninditarini
Woro Ninditarini
Things that I love the most : travelling, writing, capturing moments and any kind of so...

no comments

Follow Moeslema on SNS