3955
  2017-06-08       pendoasion.files.wordpress.com

Berbagi Kebaikan Di Bulan Ramadhan

Untukmu Moeslemates yang ingin mengambil peran perantara sejuta kebaikan di bulan Ramadhan

Indah Gumala Andirasdini 57 views

Assalamu'alaykum Moeslemates,

Pernahkah kita terfikir bahwa banyak orang diluar sana yang kehidupannya masih belum beruntung jika dibandingkan diri sendiri. Disaat kita mampu mencukupi kebutuhan pangan, sandang, dan papan bahkan sekedar memenuhi keinginan atas barang-barang yang tak perlu, ternyata ada yang belum seberuntung apa yang kita punya. Ada orang yang untuk mencari sebutir beras perlu bersusah-payah banting tulang, mencari apapun pekerjaan yang bisa dikerjakan, sedangkan disisi lain ada yang hanya duduk-duduk depan komputer namun tak memiliki masalah untuk memikirkan kecukupan hidupnya

Berbagi adalah satu dari beberapa cara untuk menjadi orang yang bermanfaat, dan menjadi orang yang bermanfaat adalah sebaik-baik tujuan amalan didunia yang ingin digapai. Siapa sih yang ga mau dikenang sebagai sosok yang baik terhadap sesamanya ? Udah dikenal baik di dunia, pun juga dicatat sebagai amal kebaikan di akhirat, menjadi pemberat kebaikan saat dihisab nanti, MasyaAllaah..

Barang siapa yang memudah kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya pada hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang dalam kesulitan niscaya akan Allah memudahkan baginya di dunia dan akhirat (HR. Muslim).

Kenapa Harus Berbagi ?

Source: pbs.twimg.com

Jika direnung-renungkan mungkin pernah ada yang terlintas kenapa sih kita harus berbagi dan peduli sama orang lain ? loh bukankah manusia makhluk sosial ya, sudah semestinya kita peduli dengan orang yang belum beruntung posisinya jika dibandingkan dengan kita. (bener gaa ?)

Sedikit meluangkan apa yang kita punya juga bentuk syukur dan muhasabah diri bahwa ternyata ada orang yang belum beruntung hidupnya. Dan pastinya turut menginfakkan harta tidaklah akan mengurangi harta yang ada, bahkan dalam firmanNya Allah akan tambah dan memberi rejeki lain yang datang dari arah yang tak terduga :""

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. Al Baqarah: 261)

Bentuk syukur kepada Allah

Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih. (QS. Ibrahim : 7)

Saling tolong menolong terhadap sesama

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya (QS. Al-Maidah : 2)

Berbagi tidaklah mengurangi harta

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

Sedekah tidaklah mengurangi harta. (HR. Muslim no. 2558, dari Abu Hurairah)
Tidaklah akan berkurang harta yang disedekahkan dan tidaklah Allah menambah terhadap seseorang sifat pemaaf, melainkan kemuliaan baginya. (HR. Muslim)

Dari penjabaran kenapa kita harus berbagi, yuk deh belajar dari sosok baik Bill Gates, co-founder Microsoft dan co-chair Bill and Melinda Gates Foundation yang juga dikenal sebagai seorang filantropi paling terkenal di dunia dengan net worth setara $ 76 milyar. Tidak hanya Bill Gates, masih ada sosok inspirasi berbagi kebaikan lainnya yang moeslemates perlu tahu.

Nah, bulan Ramadhan ini adalah momen yang tepat untuk melipatgandakan amal kebaikan kita lho moeslemates, salah satunya berbagi dengan mereka yang belum beruntung posisinya. Apa yang bisa kita bagi selama bulan Ramadhan ini ? Kalo kata ustad Hanan Attaki, menjadi manusia yang bermanfaat bisa dilakukan dengan dual hal, dengan ilmu atau dengan harta :)

Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api (HR. Tirmidzi)

Berbagi Ilmu

Source: 1.bp.blogspot.com

Jika kita merasa orang yang passsion dengan belajar-mengajar, maka kita bisa berbagi melalui ilmu yang kita miliki. Dibulan Ramadhan ini, mungkin kita bisa mengadakan semacam kegiatan bakti sosial dalam bidang pendidikan dan ditutup dengan buka bersama :)

Berbagi Harta

Source: islamic8.com

Definisi harta menurut KBBI adalah kekayaan berwujud dan tidak berwujud yang bernilai dan yang menurut hukum dimiliki perusahaan.

Jadi, berbagi harta tidak mesti dalam bentuk uang kan ya moeslemates, kita bisa berikan harta terbaik kita dalam bentuk barang. Makanan, sembako, paket sekolah ataupun takjil misal menjadi beberapa opsi berbagi dengan harta di bulan Ramadhan

Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun juga. (HR. Tirmidzi)

Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS