3952
  2017-06-14       godiscover.co.id

5 Hal Pengisi Waktu saat Menunggu Berbuka Puasa

Alhamdulillah kita dipertemukan kembail dengan Ramadhan, seperti biasanya untuk umat muslim kita diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa. Dan biasanya momen yang paling ditunggu adalah saat berbuka puasa, selagi menunggu lebih baik kita melakukan hal positif agar kita banyak mendulang pahala dibulan yang berkah ini. Yuk simak 5 hal yang bisa moeslemates lakukan saat menunggu berbuka puasa...

Alin Rizkiana 47 views

1. Menyiapkan Hidangan untuk Berbuka Puasa

Selama berpuasa kita tidak makan dan minum serta menahan diri dari perbuatan yang buruk. Dan saat adzan maghrib berkumandang kita bergegas untuk segera berbuka puasa dengan menyantap beberapa hidangan. Selagi menunggu, lebih baik kita membantu ibu memasak atau belajar menyiapkan sendiri hidangan untuk keluarga. Selain mendapat pahala tambahan, kita juga bisa sambil melatih keterampilan masak kita loh moeslemates.

2. Membaca Al Qur'an

Membaca Al Quran adalah hal yang mulia. Ramadhan adalah bulan dimana Al Quran diturunkan. Membacanya saja sudah mendapat pahala, apalagi kalau kita baca saat bulan Al Quran. Maka pahala yang kita dapat berlipat ganda. Selagi menunggu berbuka, alangkah baiknya kita menambah pahala dengan membaca Al Quran.

Source: Dok. Pribadi

3. Menonton Ceramah Sebelum Adzan Magrib

Alternatif lain untuk memperdalam ilmu agama adalah menonton ceramah. Biasanya waktu ceramah adalah saat hampir memasuki waktu berbuka puasa dan berakhir saat adzan maghrib berkumandang. Sementara kalian menggali ilmu, tak terasa pula waktu berlalu hingga akhirnya tiba untuk berbuka puasa.

4. Buat Jadwal Harian Menu Sehat Berbuka Puasa


Nah selain memasak, kita bisa cari-cari resep rekomendasi hidangan untuk berbuka puasa. Dari beberapa rekomendasi itu bisa kita sortir kembali agar menu harian kita tetap terjaga saat berpuasa. Setelah disortir kita dapat membuat jadwal harian untuk hidangan berbuka puasa.

5. Memperbanyak Dzikir


Ingin hati tetap tenang saat berpuasa? Jawabannya adalah dengan banyak mengingat Allah. Banyak cara untuk mengingat Allah, salah satunya adalah dengan berdzikir. Dzikir sangat mudah dilakukan dimanapun kapanpun. Sesuai dengan firman Allah dalam surat Ar Rad ayat 28 yaitu :


اَلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَ لَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوْبُ
allaziina aamanuu wa tathma`innu quluubuhum bizikrillaah, alaa bizikrillaahi tathma`innul-quluub

"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram."
Source: Q.S Ar Rad : 28

Yuk kita perbanyak hal positif dibulan ramadhan. Jadikan ramadhan ini sebagai momen perbaikan diri lebih banyak lagi. Jadikan ramadhan ini sebagai ajang berlomba-lomba dalam kebaikan. Jangan lupa like dan share yaa moeslemates...

Alin Rizkiana Alin Rizkiana
Love travelling, culinary, and cat
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Alin Rizkiana
Alin Rizkiana
Love travelling, culinary, and cat

no comments

Follow Moeslema on SNS