3947
  2017-07-14       naturallifeenergy.com

4 Manfaat Mengagumkan dari Habbatussauda (Part 2)

Blackseed atau habbatussauda ternyata mengandung beragam manfaat yang mengagumkan.

Syanin Ss 274 views

Assalamu Alaikum Moeslemates,

Habbatussauda memiliki banyak nama seperti jintan hitam, Kalonji oil, bahkan di media barat sendiri mereka aru-baru menggempar-gemporkan kalonji oil sebagai salah satu oil yang mampu mengobati berbagai penyakit. Padahal nabi sendiri sudah ribuan tahun sebelumnya menyebut-nyebut habbatussauda sebagai minyak yang mampu mengobati berbagai penyakit,. Rasulullah Muhammad SAW bersabda: "Pada Habbatussauda ada obat bagi segala jenis penyakit kecuali Al-Sam, yaitu maut".

Benefit #1 : Membantu Meningkatkan Fertilitas

Sejak dua ribu tahun lalu, orang zaman dahulu telah lebih dahulu menggunakan habbatusauda sebagai obat untuk meningkatkan fertilitas. Mungkin banyak diantara Moeslemates yang penasaran mengapa mayoritas orang-orang timur terutama orang arab memiliki banyak keturunan? Yup! Jawabannya karena mereka sejak zaman dahulu sudah rutin mengkonsumsi habbatussauda.

Nah, setelah ribuan tahun berikutnya para peneliti pun melakukan penelitian tentang bagaimana habbatussauda mampu meningkatkan fertilitas. Dalam salah satu penelitian mereka tentang, Effect of Fixed Oil of Nigella sativa on Male Fertility in Normal and Hyperlipidemic Rats,yang dilakukan oleh Pharmacology Department, National Research Center, Mesir dan penelitian ini telah dimuat dalam International Journal of Pharmacology tahun 2007. Dalam penelitian ini para peneliti memberikan dosis 0,5 ml habbatusauda kepada tikus jantan selama 2 bulan, dalam kurun waktu tersebut terdapat kenaikan yang signifikan dalam jumlah sel sperma, kenaikan level testosteron, dan berkurangnya abnormalitas sperma.

Benefit #2 : Mencegah dan Mengobati Kanker

Seperti yang sudah disabdakan nabi Muhammad sebelumnya, "Pada Habbatussauda ada obat bagi segala jenis penyakit kecuali Al-Sam, yaitu maut". Maka dari itu tidak usah heran jika ternyata tanaman ini mampu mengatasi penyakit yang termasuk parah. Selain itu Habbatussauda mampu mencegah risiko kanker paru-paru, pankreas, usus besar, dan kanker prostat.

Di dalam habatussauda terdapat senyawa Thymoquinone yang bersifat sebagai anti kanker.

Thymoquinone merupakan senyawa kuat aktif yang terkandung di dalam biji jintan hitam. Senyawa ini dikatakan mempunyai efek antikanker. Pada beberapa penelitian pada hewan, thymoquinone dapat mengurangi ukuran tumor-tumor ganas. Selain itu, uji laboratorium menunjukkan bahwa thymoquinone secara efektif dapat menghambat pertumbuhan kanker darah (leukima) dan sel limfoma mieloid.
Source: alodokter.com

Benefit #3 : Membantu Mencegah Diabetes

Di dunia medis, Nigella Sativa sudah dikenal luas sebagai salah satu pencegahan dan juga pengobatan diabetes terbaik. Zat yang terkandung di dalamnya mampu membuat tubuh kamu memiliki tingkat glukosa yang lebih tinggi. Selain itu berbeda dengan obat-obat kimia yang biasa diresepkan dokter, Nigella Sativa atau Habbatussauda tidak memiliki efek samping yang biasa dimiliki oleh obat kimia tersebut.

Penelitian ini dilakukan oleh Department of Dravya Guna and Rasa Shastra, Institute of Indigenous Medicine, University of Colombo, Rajagiriya, Sri Lanka, dari bulan November 1996 hingga bulan Agustus 1997 dengan judul “Effek of Baraka Oil (Nigella sativa Oil) on Blood Sugar in Persons with Hyperglycemia”.

Adalah uji klinis yang berjudul “Therapeutic Effect Of Nigella Sativa Oil On Different Clinical And Biochemical Parameters In Metabolic Syndrome” yang dilakukan oleh pihak Aligarh Muslim University dari bulan Oktober 2005 hingga Maret 2007. Riset ini meneliti 161 pasien dimana 115 pasien adalah laki-laki dan 46 pasien perempuan yang menderita penyakit metabolism sesuai dengan criteria ATP III. Usia penderita kisaran 20 hingga 70 tahun, dimana usia 40 hingga 60 tahun merupakan populasi terbesarnya.

Salah satu yang diuji adalah efek penggunaan minyak habbatussauda kepada penderita diabetes mellitus type II dimana satu kelompok diberi gabungan dosis minyak habbatussauda 2×2,5 cc serta Metformin (Obat Anti Diabetes) 500 mg 2 kali sehari, dan satu kelompok lainnya hanya diberi Metformin 500 mg sehari 2 kali tanpa pemberian minyak Habbatussauda.

Hasilnya, kelompok yang diberi terapi kombinasi herbal dan obat diabetes mengalami penurunan kadar gula yang signifikan dibading dengan yag hanya mendapatkan terapi metformin saja.
Source: www.eramuslim.com

Benefit #4 : Mengobati Epilepsi

Epilepsi bisa jadi hal yang sangat menyeramkan, karena kamu tidak akan pernah tahu kapan penyakit ini akan kambuh, dan saat kambuh pun tubuh kamu akan kehilangan kesadaran selama serangan tersebut. Penyakit neurologis ini mampu dikurangai frekuensinya dengan penggunaan habbatussauda secara rutin.

Penggunaan habbatussauda untuk menangani epilepsi telah diteliti di banyak riset. Pada tingkat binatang percobaan, kemampuan habbatussauda untuk mencegah timbulnya kejang epilepsi telah terbukti dengan serangkaian metode riset. Namun efektifitas kepada manusia masih membutuhkan riset lanjutan. Karena tentu saja ketepatan dosis untuk memberikan efek anti epilepsi yang optimal sangatlah dibutuhkan.

Di antara penelitian itu adalah “Potential antiepileptic therapeutic effect of Nigella sativa: A new chapter in the old story of epilepsy”. Dimuat di Spatula DD – Peer Reviewed Journal on Complementary Medicine and Drug Discovery, 3 (1), 31-32. Riset ini disusun oleh Randa M Mustafa.

Sehingga dengan kondisi seperti itu, habbatussauda belum bisa dijadikan sebagai terapi utama bagi penyakit epilepsi. Akan tetapi penggunaan habbatussauda sebagai terapi pendukung disamping terapi utama dari dokter dapatlah dilakukan.
Source: www.eramuslim.com

Nah Moeslemates, itu tadi 4 manfaat dari Habbatussauda. Semoga membantu yah!

Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤

no comments

Follow Moeslema on SNS