3934
  2017-06-09       halomuslim.blogspot.com

6 Adab Setelah Bangun Tidur

Allah mematikan kita sesaat ketika tidur. Untuk itu, kita harus bersyukur karena masih bisa bangun dari tidur. Ada 6 adab ala Rasulullah yang biasa beliau lakukan saat bangun tidur. Yuk simak!

Lidya O. 1,938 views

Assalamu'alaikum Moeslemates. Saya mau tanya nih, kira-kira apa yang Moeslemates lakukan pertama kali saat sesudah bangun tidur? Masih ingat bacaan doa bangun tidur? Nah, untuk lebih memahami sunnah-sunnah apa saja yang dilakukan Rasulullah saat sesudah bangun tidur, simak artikel di bawah ini ya.

1. Mengusap Wajah

Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu menceritakan, bahwa beliau pernah menginap di rumah bibinya, Maimunah Radhiyallahu ‘anha, salah satu istri Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kata Ibnu Abbas,

"Kemudian ketika sudah masuk pertengahan malam, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bangun, kemudian beliau duduk, lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya."
Source: HR. Ahmad 2201, Bukhari 183, Nasai 1631, dan yang lainnya

Yang pertama adalah mengusap wajah dengan kedua telapak tangan. Barangkali masih ada sisa-sisa kotoran di mata, hidung atau di area bibir. Seperti pada hadist berikut ini, Rasulullah menganjurkan untuk kita mengusap perlahan wajah kita saat terbangun dari tidur.

2. Membaca Doa Bangun Tidur

Bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika bangun tidur beliau membaca: Alhamdulillah alladzi ahyaana, dst.
Source: HR. Bukhari 6312, Muslim 2711, dan yang lainnya

Yang kedua adalah membaca doa bangun tidur. Saya jadi ingat nih waktu sekolah dulu di pelajaran agama pasti selalu diajarkan doa-doa sederhana seperti doa bangun tidur, doa ke luar rumah, dll. Begitu beranjak dewasa, kita sudah mulai melupakan hal-hal kecil semacam ini. Padahal sebenarnya ini adalah sunnah Rasulullah lho.

Artinya:

"Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah mematikan kami (tidur), dan kepada-Nyalah kami kembali."

3. Membaca 10 Ayat Terakhir Surat Ali Imran

Ibnu Abbas menceritakan pengalaman beliau ketika menginap di rumah bibinya Maimunah,

“Rasulullah SAW duduk, mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya, kemudian beliau membaca 10 ayat terakhir Surah Ali Imran.”
Source: HR. Ahmad 221, Bukhari 183, Nasai 1631, dan yang lainnya

Yang ketiga adalah membaca 10 ayat terakhir Surah Ali Imran. Masya Allah, coba deh Moeslemates baca artinya dan mulai amalkan yuk dari sekarang!

4. Menggosok Gigi

Sahabat Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu menceritakan,

“Nabi Muhammad apabila bangun malam, beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak.”
Source: HR. Bukhari 245 dan Muslim 255
Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu menceritakan,

“Kami diperintahkan (oleh Rasulullah) untuk bersiwak, kemudian beliau bersabda:

‘Sesungguhnya seorang hamba ketika hendak mendirikan shalat datanglah malaikat kepadanya. Kemudian malaikat itu berdiri di belakangnya, mendengarkan bacaan Al-Qur’an, dan semakin mendekat kepadanya. Tidaklah dia berhenti dan mendekat sampai dia meletakkan mulutnya pada mulut hamba tadi. Tidaklah hamba tersebut membaca suatu ayat kecuali ayat tersebut masuk ke perut malaikat itu.’”
Source: HR. Baihaqi dalam Sunan Al-Kubro 1/38 dan dishahihkan Al-Albani dalam As-Shahihah

Yang keempat adalah menggosok gigi. Wah, kalau sunnah yang satu ini pasti Moeslemates setuju banget karena sangat bermanfaat bagi kesehatan mulut, bukan? Sebelum kita shalat saja diwajibkan untuk berwudhu terlebih dahulu; yang artinya bersuci. Masya Allah. Karena sungguh kebersihan itu pangkal dari keimanan.

5. Membersihkan Hidung

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila kalian bangun tidur maka bersihkan bagian dalam hidung sebanyak 3 kali karena setan bermalam di rongga hidung.”
Source: HR. Bukhari 3295 dan Muslim 238
Source: www.satujam.com

Dalam bahasa Arab, memasukkan air ke dalam hidung dengan cara disedot disebut juga istinsyaq dan saat mengeluarkannya disebut istintsar. Setelah bangun dari tidur, kita dianjurkan membersihkan hidung sebanyak 3 kali. Karena ketika kita tidur, setan ikut menyelinap di lubang hidung dan kita wajib membersihkannya sebagaimana yang sudah disabdakan oleh Rasulullah SAW.

6. Mencuci Kedua Tangan Tiga Kali

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW berpesan:

“Apabila kalian bangun tidur maka janganlah dia mencelupkan tangannya ke dalam wadah, sebelum dia mencucinya 3 kali. Karena dia tidak mengetahui di mana tangannya semalam berada.”
Source: HR. Bukhari dan Muslim 278
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS