3931
  2017-06-15       dimasfirdaus.wordpress.com

3 Panggilan Allah Kepada Manusia

Di dalam hidup kita, Allah hanya akan memanggil kita sebanyak tiga kali saja. Apakah kita mampu memenuhi panggilan-Nya? Dan apa sajakah panggilan-panggilan itu?

Lidya O. 1,328 views

Assalamu'alaikum Moeslemates.

Banyak ayat Al-Qur’an yang menerangkan tentang pastinya datang kematian bagi manusia. Walaupun kita tahu suatu hari nanti malaikat maut akan menjemput kita, tetapi masih banyak di antara kita yang menyepelekan waktu di dunia ya. Seperti contohnya, masa muda dihabiskan untuk bersenang-senang tanpa perlu memikirkan bekal untuk di akhirat. Jika Allah mengambil nyawa kita saat usia belum tua dan kita belum sempat bertaubat maka yang tertinggal hanyalah penyesalan. Panggilan terakhir ini tidak bisa ditunda waktunya dan siapa pun bisa mengalami.

1. Panggilan Shalat

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu dia berkata: Ada seorang lelaki buta yang menemui Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, dia mengatakan: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya saya tidak memiliki penuntun yang menuntun saya untuk berangkat ke masjid.” Dia meminta kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam untuk diberikan keringanan agar diperbolehkan untuk shalat di rumahnya. Maka Nabi pun memberikan keringanan kepadanya, kemudian ketika lelaki itu berbalik untuk pulang beliau memanggilnya dan bertanya: “Apakah kamu masih mendengar panggilan adzan?”. Dia menjawab, “Iya.” Maka beliau bersabda, “Kalau begitu maka penuhilah.”
Source: HR. Muslim dalam Kitab al-Masajid wa Mawadhi’ as-Shalah
Imam Muslim rahimahullah meriwayatkan di dalam shahihnya:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Bagaimana menurut kalian apabila di depan pintu rumah kalian terdapat sebuah sungai yang dia mandi di sana lima kali setiap hari, apakah masih ada kotoran di tubuhnya yang menempel?” Maka mereka menjawab, “Tidak ada kotoran lagi yang tersisa di tubuhnya.” Maka beliau bersabda, “Maka demikianlah perumpamaan shalat lima waktu yang dengannya Allah berkenan menghapuskan dosa-dosa."
Source: HR. Muslim dalam Kitab al-Masajid wa Mawadhi’ as-Shalah
Dia jarang pergi shalat ke masjid, suatu hari dia ke masjid, shafnya paling depan, lebih depan daripada imam, karena dia ke masjid bukan untuk shalat tetapi sebagai jenazah yang dishalatkan.
Source: www.youtube.com

Buat kita yang tinggal di Indonesia terutama Jakarta, semestinya bersyukur karena panggilan Allah yang pertama yaitu adzan bisa kita nikmati di mana pun kita berada. Berbeda dengan kehidupan saudara-saudara kita, muslim dan muslimah di Jepang, mereka bahkan harus menggunakan aplikasi pengingat adzan karena suara adzan masih sangat asing di sana. Dan tahukah kalian bahwa shalat merupakan penolong utama ketika di akhirat kelak dan juga merupakan ibadah yang dihisab pertama kali? Allah tidak serta merta marah dan melupakan untuk memberi rezeki ke kita walaupun kita mengabaikan panggilan pertama ini. Tetapi, bagaimana akhir hidup kita tentunya kita yang menentukan sendiri.

2. Panggilan Haji/Umrah Bagi Yang Mampu

Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.
Source: (QS. Ali-Imran: 97)

Haji merupakan rukun Islam kelima setelah syahadat, shalat, zakat dan puasa. Panggilan ini bersifat halus dan jalannya pun bermacam-macam. Ada yang belum mendapatkan rezeki tetapi ketika niatnya dijabah oleh Allah, kun fayakun, dengan kekuasaan Allah, maka dikabulkanlah. Namun banyak di antara kita yang sebenarnya memiliki kemampuan secara finansial dan dalam kondisi yang sehat pula tetapi mengabaikan panggilan kedua Allah ini. Padahal di luar sana, saudara-saudara muslim kita yang tidak mampu sangat bercita-cita untuk menunaikan ibadah haji maupun umrah ini. Lalu bagaimana dengan kita yang mampu? Sudahkah ada niat terlintas di benak untuk mulai menabung, menyisihkan uang agar setahun atau dua tahun ke depan bisa menunaikan ibadah haji/umrah bersama keluarga? Mudah-mudahan kita tidak termasuk orang-orang yang mengabaikan panggilan Allah. Aamiin.

3. Panggilan Kematian

Di mana pun kalian berada, kematian akan mendapatkan kalian, kendati pun kalian berada di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh.
Source: (QS. An-Nisa: 78)
Source: islamidia.com

Apa yang kita miliki sampai pada saat ini sebenarnya bukanlah milik kita sepenuhnya. Saat Allah memanggil kita dengan panggilannya yang terakhir, maka kita sudah tidak bisa menunda-nunda lagi. Kita tidak bisa melakukan apa-apa selain merasakan bagaimana malaikat maut mencabut nyawa kita. Dan kita hanya bermodalkan amal ibadah selama di dunia sebagai bekal kita menuju akhirat.


Nah, sekarang kita sudah tahu 3 panggilan Allah yang wajib kita jawab dan datangi dengan hati yang senang dan sikap yang ikhlas. Karena insya Allah surga balasannya. Kita tidak pernah tahu ibadah mana yang diterima Allah. Bisa jadi saat hati kita tulus berangkat ke masjid untuk bersama-sama melakukan shalat tarawih sementara teman-teman kita asyik bersenda gurau dan lupa untuk beribadah, Allah terima niat dan ibadah kita. Bisa jadi saat kita meniatkan diri untuk mengumrahkan orangtua kita sementara yang lain hanya memikirkan jalan-jalan ke luar negeri, Allah terima niat dan ibadah kita. Bisa jadi saat kita bangun di sepertiga malam untuk bersujud kepada-Nya Allah terima niat dan ibadah kita. Oleh karena itu, kita hanya mampu melakukan yang sebaik-baiknya karena Allah pasti tidak akan menyia-nyiakan usaha kita biar sekecil biji zarrah pun.

Mudah-mudahan kita semua bisa memanfaatkan waktu dengan baik dan mempersiapkan diri untuk memenuhi ketiga panggilan Allah tersebut. Aamiin.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS