3925
  2017-06-06       assets-a1.kompasiana.com

3 Ciri Orang Merugi Selama Masa Hidupnya

Bercerminlah pada masa lalu maka kita akan melihat apakah kita termasuk orang yang merugi atau tidak selama masa kehidupan yang sedang kita jalani saat ini.

Deane Lene 153 views

1. Mengeluh

Kenapa sih pagi datang lebih cepat sedangkan aku belum sempat beristirahat?
Kenapa sih air terasa terlalu dingin untuk mandi dipagi hari?
Kenapa sih jalanan selalu saja macet sehingga aku terlambat masuk kantor?
Kenapa sih makanan saat sarapan tadi begitu asin?
Kenapa sih bajuku tidak disetirka rapih?
Kenapa sih asisten rumah tanggaku tidak bisa mengurus segala hal di rumah dengan baik?
Kenapa sih pekerjaanku tak kunjung selesai dan terus menerus menumpuk?

Sering kali kita megeluh akan sesuatu hal dalam keseharian kali bahkan hal terkecil sekalipun. Keluhan ini hadir atas ketidak harapan yang tidak dapat terrealisasikan. Sering kali ini dianggap sebagai hal yang wajar dan mungkin hanya sebagai ungakpan rasa kekesalan. Tetapi, jika di perhatikan lagi secara seksama, kebiasaan mengeluh ini adalah kebiasaan yang tidak baik sebab setiap kali kita mengeluh, akan menekankan perasaan tidak suka terhadap sesuatu. Jika hal itu terus menerus diulang makan perasaan itu akan semakin kuat dan semakin kuat sehigga kebiasaan tersebut akan membentuk suatu nilai yang buruk terhadap sesuatu secara permanen.

Bayangkan jika kita selalu mengeluh terhadap sesuatu hal yang sedang kita alami. Kita tidak akan mendapatkan apapun dari apa yang sedang kita lakukan saat ini justru sebaliknya, kita akan merasa bahwa segala hal yang kita lakukan adalah beban berat yang sedang kita pikul untuk segera diselesaikan.

Orang yang paling merugi di dunia adalah orang yang mengisi waktunya sepanjang hari dengan mengeluh

2. Tidak bersyukur

Source: tabungwakaf.com

Orang yang tidak pandai bersyukur senantiasa hatinya akan selalu diselimuti perasaan tidak puas akan segala hal yang telah ia dapatkan. Ia akan terus merasa bahwa apa yang telah ia miliki selalu kurang dan belum sesuai dengan apa yang ia harapkan. Hatinya pun akan terus merasa iri dengan kehidupan orang lain dan sebagainya.

Moeslemates, perlu kalian ketahui bahwa semakin kita tidak bersyukur maka akan semakin jauh rezeki terbaik dari Allah SWT untuk kita. Bayangkan jika sedikit kebaikan saja kita tidak bersyukur, bagaimana Allah SWT akan memberikan rezeki yang lebih banyak dan berlimpah dikemudian hari?

Bersyukurlah setiap kali menerima rezeki sekecil apapun maka Allah SWT akan kasih kita rezeki yang lebih baik, lebih banyak dan semakin berlimpah. Rezeki tidak hanya berupa finansial tetapi diberikan kesehatan, diberikan kesempatan untuk bisa memulai hari baru dan sebagainya itu adalah bentuk rezeki yang Allah SWT berikan pada kita semua hanya saja seringkali kita lupa bersyukur akan hal itu.

3. Pemilihan sudut pandang yang tidak tepat

Dalam kehidupan yang sedang kita jalani saat ini selalu dihadapkan dalam sebuah pilihan. Pilihan dimana kita harus merelakan suatu hal demi hal yang kita pilih dan sering kali kita tidak bisa memilih keduanya untuk dijalankan pada waktu yang bersamaan.

Sama dengan halnya memilih sudut pandang dalam kehidupan. Terdapat dua pilihan, yang pertama kita memilih untuk melihat segala hal yang terjadi didunia ini adalah baik bagi kita atau yang kedua kita akan memilih untuk melihat segala hal yang terjadi di dunia ini selalu tidak pernah berpihak pada kita?

Pilihan ini sangat penting untuk kita pilih sebab hal ini yang menentukan apakah kita termasuk orang yang merugi atau tidak. Jika kita selalu beranggapan bahwa dunia ini tidak adil bagi diri kita, lihat dan bercerminlah diri kita sendiri pada masa lalu, apakah kita sudah adil dengan Allah SWT? Allah SWT memberikan kita banyak rezeki melimpah pada kehidupan kita, apakah kita sudah memenuhi kewajiban kita untuk selalu mengingat-Nya dan mengucapkan syukur atas segala hal yang telah diberikan-Nya pada kita?

Deane Lene Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS