3923
  2017-06-02       cdn2.tstatic.net

5 Hal Untuk Menjemput Bahagia Dalam Hidup

Mengapa orang lain terlihat lebih bahagia dibandingkan dengan aku? Jangan berputus asa bisa jadi kamu melewatkan kebahagiaan di tengah masalah yang melanda. Ini dia 5 hal untuk menjemput kebahagiaan dalam hidup!

Deane Lene 367 views

Siapa yang tidak ingin merasakan kebahagiaan setiap detik dalam hidupnya? Setiap orang sangat menginginkan hal itu hanya saja terkadang kita lupa bagaimana caranya membuat hidup kita bahagia. Permasalahan yang sering hadir dalam kehidupan kita telah berhasil mengalihkan perhatian kita dari bahagia menjadi bersedih.

Cara menghadapi suatu permasalahan yang salah mampu menghasilkan perasaan bersedih, bersalah, putus asa hingga merasa tidak berdaya sama sekali dalam kehidupan yang sedang kalian jalani saat ini. Namun perlu kalian ketahui bahwa tidak semua permasalahan dalam kehidupan kalian itu berujung dengan perasaan tidak menyenangkan tersebut. Dalam sebuah masalah terselip sebuah kebahagiaan yang seringkali terlewatkan oleh kita.

1. Bersyukur

Sering kali kita melupakan bahwa bersyukur adalah kunci penting dalam kehidupan. Percayalah, setiap kali kita bersyukur pada Allah SWT atas segala hal yang terjadi dalam kehidupan kita maka Allah SWT akan memberikan nikmat yang lebih dari apa yang telah diberikan sebelumnya. Begitupula pada saat kalian sedang menghadapi sebuah masalah atau sedang memiliki masalah atau sedang mencari solusi dari sebuah permasalahan. Bersyukurlah terlebih dahulu atas apa yang sedang terjadi pada kalian saat ini sehingga dengan sendirinya segala permasalahan tersebut akan terasa lebih mudah untuk kalian hadapi. Ucapan syukur adalah bentuk sudut pandang kalian dalam menghadapi sebuah tantangan hidup dari sisi positifnya. Sehingga dengan begitu hati kalian akan tetap merasa tenang, bahagia, tentram dan tidak gelisa mana kala sedang dihadapkan dalam sebuah permasalahan dalam kehidupan.

2. Jangan menunggu

Terkadang kalian menganggap bahwa kebahagiaan akan datang pada waktu yang tepat. Tapi kapan? Kebahagiaan tidak akan pernah datang jika kalian hanya menunggunya saja tanpa berbuat sesuatu. Suatu usaha yang semakin mendekatkan diri kita pada kebahagiaan. Sebenarnnya, kebahagiaan selalu ada disetiap detik kehdiupan yang kita jalani saat ini namun sering kali kita lupa bagaimana caranya kita berbahagia.

Berbahagialah dengan cara melakukan apa yang kalian ingin lakukan, ungkapkan apa yang ingin kalian ungkapkan dan jalani kehidupan tanpa rasa ragu. Ingatlah setiap kali kalian menunda sesuatu hal yang ingin kalian lakukan maka dengan itu pula kalian menunda akan kebahagiaan dalam hidup kalian.

3. Jangan menggantungkan kebahagiaan pada orang lain

Ketika kalian mengalami suatu permasalahan, mungkin sebagaian dari kalian memutuskan untuk bercerita dengan orang lain dengan harapan lawan bicara akan memberikan pernyataan setuju atau memberikan kalian dorongan seperti motivasi atau memberikan sedikit saran untuk permasalahan kalian. Hal ini akan berjalan dengan baik jika apa yang kalian harapkan sesuai dengan kenyataan. Tapi, bagaimana jika apa yang kalian harapkan ternyata tidak terwujud?

Tentunya kalian akan merasa kecewa bukan? Rasa kecewa itulah yang membuat diri kalian semakin tidak bahagia. Menggantungkan kebahagiaan pada orang lain sungguh suatu hal yang salah sebab kalian hanya boleh menggantungkan kebahagiaan dalam kehidupan kalian hanya pada Allah SWT.

Lalu, apakah itu artinya kita tidak boleh berbagi cerita atas kesulitan yang kita alami? Bercerita pada orang lain tentu saja sangat diperbolehkan hanya saja yang menjadi salah ketika kalian mengharapkan kebahagiaan pada orang lain atas cerita tersebut.

4. Standar bahagia

Source: iso.500px.com

Berbicara tentang standar kebahagiaan seseorang tentunya tidak ada yang sama. Setiap orang memiliki standar kebahagiaanya masing-masing. Maka berhentilah untuk selalu mengikuti kebahagiaan orang lain. Tanyakan kembali pada diri kalian apakah kebahagiaan yang orang lain miliki juga menjadi bagian dari kehidupanmu? Jika kebahagiaanmu dipaksakan hanya karna ingin mengikuti kebahagiaan orang lain, sebaiknya hentikam kebiasaan tersebut sebab segala hal yang berdasrkan paksaan berakhir dengan ketidak bahagiaan atau mendapatkan kebahagiaan yang semu.

Mari bercermi diri, apa yang membuat diri kalian bahagia? Seperti apa kebahagiaan yang kalian inginkan? Bagaimana kebahagiaan itu bisa kalian dapatkan? Sudahkah kalian berusaha untuk mendekatkan diri pada kebahagiaan tersebut? Percaylah jika kalian telah menemukan jalan kebahagiaan untuk diri kalian sendiri maka kehidupan akan terasa lebih ringan dan tentunya bahagia.

5. Ikhlas

Ini adalah hal yang paling mendasar yang harus kita milki sekaligus penutup dari segala hal dalam kehdiupan kita. Sering kali kita lupa dengan makna ikhlas yang sebenarnnya dan terkadang hanya terucap pada bibir tanpa menggunakan makna yang sebenarnnya sehingga kata ikhlas tersebut hanya sebatas sebuah kata tanpa arti.

Moeslemates, keikhlasan adalah sebuah landasan yang wajib dimiliki oleh kalian semua. Sebab dengan keikhlasan segala hal terasa jauh lebih mudah untuk dilakukan dan dengan sendirinya kebahagiaan akan datang kepada kalian.

Ikhlas adalah kondisi dimana kalian sudah merelakan segala hal dalam kehdiupan kalian diatur dan di jalankan sesuai dengan kehendak Allah SWT. Apapun rencana kalian, apapun harapan kalian jika Allah SWT tidak inginkan dan bukan apa yang Allah SWT rencanakan dalam kehidupan kalian, maka relakanlah. Sekeras apapun usaha kalian jika pada akhirnya tidak mendapatkan hasil sesuai dengan harapan kalian maka relakanlah. Sebaik-baiknya manusia berusah, berharap dan berencana, rencana Allah SWT lah yang lebih baik dari segala-galanya.

Jangan kecewa jika sering kali apa yang kalian inginkan tidak terwujud karena Allah SWT selalu memiliki caranya sendiri untuk menjadikan diri kalian lebih baik untuk dimasa yang akan datang. Maka berbaik sangkalah pada Allah SWT akan perannya dalam kehidupan kalian. Dengan begitu hati kalian akan semakin siap menghadapi segala tantangan yang diberikan Allah SWT dalam kehidupan kalian.

Jangan pernah berhenti untuk berdoa dan berusaha. Meskipun hingga saat ini belum mendapatkan apa yang diharapkan dan apa yang diusahakan, tetap lakukan dan ikhlaslah dalam berdoa dan berusaha. Karena segala hal yang disari keikhlasan akan kembali dengan hasil yang terbaik dari Allah SWT. Aamiin.

Deane Lene Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS