3921
  2017-05-31       abiummi.com

7 Karakter Suami Idaman Dalam Islam

Calon suami yang kita pilih bukan hanya dilihat dari segi finansial dan ketampanannya saja lho Moeslemates. Kedua poin tersebut memang sudah menjadi bonus yang akan kita dapatkan dari Allah. Tetapi ada yang wajib untuk dipertimbangkan ketika ke-7 karakter ini bisa kamu temukan pada calonmu saat ini. Pertimbangkan untuk menerima lamarannya dan doakan dia untuk beristiqomah dalam ketakwaannya.

Lidya O. 1,761 views

Menikah bukan hanya mengikat hati di antara dua insan yang saling mencintai, namun juga kedua keluarga yang mungkin berbeda satu sama lain. Akad dan janji di hadapan Allah tidak semudah yang diucapkan para suami kepada wali istrinya. Untuk mendapatkan pernikahan yang diberkahi Allah, tentunya kita wajib menuntut ilmu terlebih dahulu. Semua itu bisa didapatkan dengan datang ke kajian-kajian, membaca buku, maupun berdiskusi dengan guru yang dapat dipercaya keshalihannya. Dan yang terakhir, ketahuilah karakter-karakter laki-laki ideal yang cocok untuk bersanding dengan kita lewat pendalaman agama. Yuk kita bahas satu per satu.

1. Laki-laki Yang Beragama Dan Berakhlak Baik

Source: www.altundo.com

Rasulullah SAW bersabda: "Jika datang melamar kepadamu orang yang engkau ridhoi agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah dengannya, jika kamu tidak menerimanya, niscaya akan terjadi fitnah di bumi dan kerusakan yang luas."
Source: HR. Tirmidzi
Seorang laki-laki bertanya kepada Hasan bin Ali, "Saya punya seorang putri, siapakah kiranya yang patut menjadi suaminya?" Hasan bin Ali menjawab, "Seorang laki-laki yang bertaqwa kepada Allah, sebab jika ia senang ia akan menghormatinya, dan jika ia sedang marah, ia tidak suka zalim kepadanya."

Kalau sudah memiliki akhlak yang baik, apa yang diucapkan dan apa yang ditampilkan mereka juga tentunya sesuai dengan akhlak yang dimilikinya. Siapa yang nggak mau mendapatkan suami sholeh yang ketika marah ia tidak membalas dengan gertakan kekerasan dan ketika senang ia memuji istrinya, mendekati istrinya dengan lemah lembut?

2. Laki-laki Yang Bukan Dari Golongan Fasiq

Source: ep.upy.ac.id

Ibnu Taimiyah berkata, “Laki-laki itu selalu berbuat dosa, tidak patut dijadikan suami. Sebagaimana dikatakan oleh salah seorang salaf."
Source: Majmu’ Fatawa 8/242
Siapa saja menikahkan wanita yang di bawah kekuasaannya dengan laki-laki fasiq, berarti memutuskan tali keluarga.
Source: HR. Ibnu Hibban, dalam Adh-Dhu’afa’ & Ibnu Adi)

Laki-laki dari golongan fasiq itu yang seperti apa sih? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Orang-orang fasiq adalah orang-orang yang tidak melakukan ibadah fardhu dengan sempurna. Terutama shalat 5 waktu. Tidak mentaati perintah Allah; sangat jauh dari yang disenangi-Nya dan dekat dengan yang tidak disukai-Nya. Kemudian, mereka juga tidak memiliki ilmu agama yang pengetahuan Islam sehingga dalam bertutur kata terlihat seperti mudah dipengaruhi oleh ilmu liberalisme. Dalam bertindak juga lebih senang mengikuti hawa nafsu. Yang terakhir yang paling condong terlihat adalah mereka lebih memikirkan kesenangan duniawi tanpa memikirkan akhirat.

3. Laki-laki Yang Bergaul Dengan Orang Shaleh

Laki-laki yang bergaul dengan orang shaleh senantiasa akan selalu tepat waktu dalam beribadah, saat bertemu dengan teman-temannya pun ia tidak akan melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat, senantiasa berpikir untuk bisa menambah ilmu agama yang menjadi bekalnya membentuk keluarga yang tidak hanya sampai di dunia saja tetapi juga kelak hingga kembali bertemu di Jannah.

4. Laki-laki Yang Rajin Bekerja

Laki-laki yang bekerja dengan giat tanpa mengena lelah wajib kamu pertimbangkan untuk menerima lamarannya. Mengapa? Kalau kamu menikahi laki-laki malas, bagaimana kelak jika sudah mempunyai anak dan ia akan cenderung menelantarkanmu dan anak-anakmu. Namun kamu tetap harus mengingatkan untuk tetap berada di jalan Allah, mencari rezeki yang halal, menjauhi hal-hal yang mengarah ke maksiat dan bersyukur atas segala yang sudah dimiliki hingga saat ini.

5. Laki-laki Yang Menghormati Orangtua Kita

Source: islamidia.com

Seorang laki-laki ideal yang cocok dijadikan suami kita salah satunya adalah yang menghargai orangtua kita. Terutama ibu kita. Mulai dari perilakunya, tutur katanya, pola pikirnya dan perhatikan juga apakah ia benar-benar menyayangi orangtua kita seperti orangtuanya sendiri.

6. Laki-laki Yang Sehat Jasmani Dan Rohani

Maksud dari sehat jasmani dan rohani di sini adalah laki-laki yang tidak memiliki gangguan kejiwaan, sehat lahir bathin dan mampu memberikan kebahagiaan kepada istrinya kelak secara jasmani dan rohani.

7. Mau Berusaha Untuk Menjadi Suami Yang Ideal

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS