3920
  2017-06-14       sariaklaweh.blogspot.co.id

3 Waktu Dijabahnya Doa Pada Bulan Ramadhan

Siapa yang tidak ingin doanya dikabulkan? Mumpung masih di awal bulan Ramadhan nih, yuk kita perbanyak berdoa di tiga waktu istimewa berikut ini.

Lidya O. 117 views

Assalamu'alaikum Moeslemates. Memasuki bulan Ramadhan, tentunya kita mempunyai target tersendiri yang ingin dicapai, bukan? Jika tahun lalu terasa banyak yang kurang, di tahun ini yuk kita perbaiki bersama dan tingkatkan keimanan serta ketakwaan untuk lebih dekat dengan Allah. Salah satunya adalah mengencangkan doa kita; doa terbaik yang bisa kita panjatkan khusus di bulan Ramadhan yang spesial ini. Allah sudah menunggu-nunggu di tiga waktu terbaik hamba-hamba-Nya datang dan memohon lewat doa. Tidak ingin terlewatkan kan Moeslemates?

1. Waktu Sahur

Source: blog.act.id

Waktu sahur dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Rabb kita tabaraka wa ta'ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, 'Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.'"
Source: HR. Bukhari No. 1145 dan Muslim No. 758

Ibnu Hajar juga menjelaskan hadist di atas dengan berkata:

Doa dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan.
Source: Fath Al-Bari, 3: 32

Menghadirkan Allah di antara kita dengan menghidupkan tahajud di sepertiga malam, lalu sambil menunggu waktu sahur kita juga bisa berdoa sampai tiba waktunya Subuh. Masya Allah, seperti yang sudah dijelaskan pada hadist di atas, kita punya Allah yang bisa kita datangi terutama di saat semua orang terlelap; kita juga bisa memohon ampun kepada-Nya dan Allah akan kabulkan baik cepat maupun lambat. Keyakinan yang harus kita bangun sekarang adalah bahwa Allah tidak mungkin terus membiarkan hamba-Nya dalam kesulitan, keraguan dan dalam keterpurukan sementara ia terus memohonkan dengan doa kepada-Nya.

2. Waktu Saat Puasa

Saat berpuasa dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Tiga orang yang doanya tidak tertolak; orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang terzhalimi."
Source: HR. Ahmad 2: 305

Syaikh Syu'aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadist ini shahih dengan berbagai jalan dan penguatnya.

Imam Nawawi rahimahullah berkata,

"Disunnahkan orang yang berpuasa untuk memperbanyak doa demi urusan akhirat dan dunianya, juga ia boleh berdoa untuk hajat yang ia inginkan, begitu pula jangan lupakan doa kebaikan untuk kaum muslimin secara umum."
Source: Al-Majmu 6: 273

Moeslemates, mungkin puasa terkesan biasa dan yang paling sulit adalah menahan hawa nafsu kita. Tapi di balik kesulitan-kesulitan yang kita alami saat berpuasa, Allah sudah menjanjikan keistimewaan untuk kita yang mau bersabar dan tidak putus asa dalam berdoa. Sebaiknya gunakanlah waktu berpuasa kita untuk mengerjakan kegiatan yang bermanfaat. Terlebih lagi jika ingin berdzikir di waktu petang menjelang berbuka dan juga di waktu Ashar.

3. Waktu Berbuka Puasa

Ketika berbuka puasa Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Ada tiga orang yang doanya tidak tertolak:
(1) Pemimpin yang adil
(2) Orang yang berpuasa sampai ia berbuka puasa.
(3) Doa orang yang terzhalimi"
Source: HR. Tirmidzi No. 2526, 3598 dan Ibnu Majah No. 1752

Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadist ini hasan.

Saat berbuka adalah saat yang paling dinanti-nantikan adik-adik kecil kita yang sedang berlatih berpuasa. Betul tidak? Tetapi, bukan hanya adik-adik kecil kita saja yang bahagia menanti waktu berbuka, kita juga patut berbahagia karena Allah menjanjikan kembali waktu berbuka adalah saat yang baik pula untuk dijabahnya doa-doa kita. Tapi jangan lupa ya Moeslemates, jangan kalap saat makan berbuka. Yang wajib diingat adalah shalat Maghrib jangan ditinggalkan. Shalatlah, berdoalah, yakinlah bahwa Allah mendengar doa-doa kita dan sabarlah menunggu jawaban dari doa-doa kita.


Semoga informasi yang saya ulaskan kali ini bermanfaat untuk kita semua ya. Wassalamu'alaikum.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS